12 Jenis Penelitian Lengkap Beserta Artinya

Penelitian adalah suatu usaha yang dijalankan secara sistematik terhadap suatu kegiatan yang bertujuan menemukan pengetahuan atau kebenaran terhadap suatu hal yang diteliti. Penelitian sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu

  1. Eksperimen. Yaitu jenis penelitian percobaan terhadap suatu objek untuk mengetahui dampak apa yang terjadi pada objek tersebut.
  2. Deskriptif. Yaitu jenis penelitian dengan menjelaskan peristiwa-peristiwa yang informasinya belum diketahui secara pasti di waktu yang lalu sampai saat ini.
  3. Korelasional. Yaitu jenis penelitian dengan mengumpulkan berbagai data kemudian menentukan tingkat hubungan dari dua variabel atau lebih.
  4. Penelitian Evaluasi. Yaitu jenis penelitian yang memiliki maksud mengetahui proses dari berlangsungnya suatu program.
  5. Simulasi. Merupakan jenis penelitian dengan cara mencari gambaran dari suatu sistem dengan menggunakan skala kecil dan sederhana dari sistem yang diterapkan.
  6. Survei. Merupakan sebuah penelitian yang dilakukan dengan menggali informasi terhadap populasi dengan menggunakan sampel mulai dari relatif terkecil.
  7. Studi kasus. Yaitu jenis penelitian dengan menggali suatu informasi atau berita secara mendalam yang didasarkan pada pengoleksian data dengan cakupan yang sangat luas.
  8. Teori dasar. Merupakan suatu penelitian dengan melakukan pendekatan guna memastikan peneliti menemukan informasi untuk mengembangkan teori yang layak untuk digunakan dalam pengembangan tersebut.
  9. Etnografi. Yaitu sebuah penelitian dengan melakukan analisa dengan lebih mendalam terhadap suatu kelompok dengan cara pengumpulan data observasi, wawancara dan dari dokumen.
  10. Cultural. Jenis penelitian untuk mengetahui fenomena budaya dengan menggunakan perangkat metodologis.
  11. Historis. Jenis penelitian dengan menjelaskan fakta berdasarkan kesimpulan yang terkait fenomena atau kejadian yang terjadi di masa lampau.
  12. Etnologi. Merupakan suatu penelitian dengan menggunakan penafsiran langsung pada perilaku subjek yang akan dilakukan tafsiran.

Demikian jenis penelitian dan artinya secara lengkap yang bisa anda ketahui. Jadi dalam melakukan penelitian tidak semua dilakukan dengan cara yang sama. Dalam mengadakan sebuah penelitian semuanya tergantung dari tujuan dari penelitian yang diadakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *