4 Ciri Khas Suku Sunda yang Menarik untuk Diketahui

 

Indonesia dikenal memiliki beragam suku dengan ciri khasnya masing masing. Salah satu suku di nusantara yang begitu terkenal yakni suku Sunda atau biasanya disebut dengan Urang Sunda. Suku ini terkenal karena banyak tokoh di Indonesia yang merupakan orang Sunda. Dimana tokoh tersebut menunjukkan ciri khas suku Sunda yang melekat dalam sifat dan perangai mereka. Lantas apa saja ciri yang dimiliki oleh orang Sunda ini? Yuk simak ulasannya disini.

Karakteristik yang Hanya Dimiliki Orang Sunda

  1. Memiliki 7 Unsur Kebudayaan yang Khas

Sunda memiliki 7 unsur kebudayaan yang berbeda dari suku lain yang ada di Indonesia. Secara umum unsur tersebut telah dikenal dalam sejarah, diantaranya terdiri dari bahasa, kesenian, pengetahuan, agama, mata pencaharian, sistem kemasyarakatan atau organisasi di dalamnya, serta sistem peralatan dan teknologi. Meskipun dalam setiap suku memiliki unsur tersebut, namun isi tiap tiap unsur sangatlah berbeda.

  1. Legenda Khas Urang Sunda

Urang Sunda terkenal dengan filosofi yang mereka pegang teguh, seperti filosofi nama baik yang diawali dengan suku kata Ci dan adanya sebuah legenda tentang Prabu Siliwangi. Dimana arti suku kata Ci ini memiliki kaitan dengan legenda Urang Sunda. Sementara kisah Prabu Siliwangi berasal dari Legenda Gunung Sunda Purwa. Konon gunung tersebut merupakan gunung api tertinggi di dunia yang mencapai ketinggian 17.000 mdpl.

  1. Miliki Panutan Filosofi Hidup

Ciri khas suku Sunda yaitu tidak bisa jauh jauh dari yang namanya filosofi hidup. Dimana filosofi tersebut dipegang kuat secara turun temurun, bahkan hingga di zaman modern ini. Dalam bahasa Sunda terdapat lima ucapan yang bisa membawa pada kesuksesan dan jalan yang baik. Biasanya filosofi tersebut akan terdiri dari kata cageuh yang berarti sehat, bageur yang artinya baik, pinter yang artinya pintar, bener berarti benar, dan tur singer yang berarti kreatif.

  1. Miliki Upacara Perkawinan yang Unik

Setiap suku biasanya akan memiliki upacara perkawinan yang unik, begitu juga dengan Urang Sunda. Di tanah Sunda ini mereka memiliki adat sebelum pernikahan dilangsungkan. Prosesi upacara pernikahan ini biasanya akan diawali dari datangnya pihak laki laki guna menunjukkan keseriusan dalam meminang pihak perempuan. Kemudian dilanjutkan upacara pernikahan yang dilakukan dengan penukaran ikat pinggang, namun sebagian masyarakat memilih menggunakan cincin.

  1. Sistem Kekerabatan yang Unik

Urang Sunda memiliki sistem kekerabatan yang unik, dimana ciri khas suku Sunda ini akan menunjukkan sebuah garis keturunan lewat ayah dan ibu secara bersamaan. Selain itu, di Sunda juga ada sistem kekerabatan yang disebut dengan Pancakaki. Dimana pancakaki ini merujuk kepada adanya perwujudan sebuah kekerabatan, yang bisa dilihat dari silsilah keluarga secara vertikal maupun horizontal.

Itulah beberapa ciri khas yang dapat menggambarkan suku yang mendiami tanah Pasundan. Dimana ciri tersebut mudah ditemukan dalam kehidupan sehari hari masyarakat daerah setempat. Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Urang Sunda, sebaiknya untuk datang langsung ke wilayah Pasundan atau bertanya kepada orang Sunda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *