Begini Cara Menyimpan Air Minum dalam Kemasan

Air merupakan kebutuhan utama bagi setiap makhluk hidup karena 70 persen kandungan dalam tubuh Kita adalah air. Air merupakan sumber kehidupan dan dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan. Tak hanya dibutuhkan oleh tubuh, air juga dimanfaatkan dalam aktivitas sehari-hari. Beberapa di antaranya seperti cuci pakaian atau barang lainnya, menyiram tanaman, memasak sayur, dan lain sebagainya.

Menggunakan air dalam kemasan siap minum yang bersumber dari air bersih menjadi salah satu cara hidup praktis dan ekonomis. Dengan adanya air minum dalam kemasan (AMDK), manusia menjadi lebih mudah mendapatkan dan menggunakan air khususnya untuk konsumsi. Air mineral tidak perlu melalui proses pematangan atau dimasak terlebih dahulu karena diambil dari sumber air bersih dan disuling/di steril.

Cara Menyimpan Air Minum dalam Kemasan

Air minum dalam kemasan harus disimpan dengan baik agar kondisi air di dalamnya tetap bagus dan aman dikonsumsi. Nah, IBWA atau International Bottled Water Association memberi anjuran tentang cara menyimpan air minum dalam kemasan seperti berikut ini:

pxhere.com

Simpan di Tempat yang Bersih

Meski sudah tertutup kemasan dengan rapat, cara penyimpanannya tetap harus diperhatikan dan diletakkan di tempat yang bersih. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan botol terutama di bagian tutupnya. Hal ini karena meski tertutup dan tersegel, bakteri dan kuman masih bisa masuk dan merusak kualitas air minum tersebut.

Tempatkan di Ruangan Sejuk/Suhu Kamar

Suhu ruangan juga peru diperhatikan karena tidak baik menyimpan air dalam suhu yang tinggi atau panas. Simpanlah di tempat yang sejuk dan terdapat aliran udara yang baik dan lancar. Suhu yang baik untuk menyimpan air minum dalam kemasan adalah suhu kamar atau sekitar 23 hingga 26 derajat celcius.

Hindari dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Kenapa air minum dalam kemasan harus terhindar dari paparan sinar matahari? Hal ini karena sinar matahari yang terus-menerus menembus masuk ke dalam botol akan membuat tumbuhnya jamur atau lumut. Apalagi botol kemasan air minum biasanya berwarna bening dan sangat rentan terkena sinar matahari.

Selain sinar matahari, sumber panas lainnya juga tidak baik bila didekatkan dengan air minum kemasan. Hal ini juga dapat menyebabkan kandungan BPA pada plastik bisa larut dalam air dan jika dikonsumsi akan menyebabkan masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang dimaksud adalah terganggunya metabolisme hormon hingga menyebabkan masalah serius seperti kanker, masalah reproduksi dan lainnya.

pxhere.com

Jauhkan dari Benda Berbau Tajam

Selain terhindar dari panas matahari dan benda panas lainnya, penyimpanan air minum kemasan juga harus terhindar dari benda berbau tajam. Hal ini karena bau tajam tersebut bisa mempengaruhi cita rasa dan kualitas dari air minum yang nantinya akan dikonsumsi. Beberapa benda tersebut yaitu bensin, thinner, cairan pembersih, bahan kimia dan lainnya.

Jangan Gunakan Lebih dari 1 Tahun

Seperti yang diketahui bersama bahwa setiap minuman/makanan kemasan biasanya terdapat keterangan tanggal kedaluarsa di kemasannya. Hal ini digunakan untuk memastikan makanan/minuman kemasan tersebut masih layak dikonsumsi hingga sebelum tanggal yang tercantum di kemasan. Rata-rata tanggal kedaluarsa ini biasanya dicantumkan hingga 2 tahun setelah tanggal produksi.

Namun, Badan Administrasi Makanan dan Obat di Amerika Serikat menjelaskan bahwa air minum dalam kemasan sebenarnya tidak memiliki batas kedaluarsa. Hal ini berlaku untuk kemasan makanan/minuman yang belum pernah dibuka, segel belum rusak dan disimpan di tempat yang benar.

Selain melakukan penyimpanan dengan baik, menjauhkan dari paparan sinar matahari, benda berbau tajam dan lainnya, perlu juga memperhatikan kualitas botolnya. Botol-botol yang biasa Kita gunakan terutama botol plastik memiliki spesifikasi atau kategori tertentu hingga dikatakan aman untuk digunakan berkali-kali.

pxhere.com

Botol Plastik yang Aman bagi Kesehatan

Salah satu produsen botol plastik yang terjamin aman dan terpercaya kualitasnya adalah Botolista. Produsen yang satu ini bukan hanya menyediakan produk yang aman tetapi juga memiliki bentuk yang unik dan menarik.

Botol-botol produknya dikatakan aman karena terbuat dari bahan PET yang terjamin aman untuk makanan/minuman dengan label food grade. Selain itu, botol-botol tersebut juga sudah mendapat label BPA free dan bisa dipastikan aman bagi kesehatan.

BPA itu sendiri merupakan bahan kimia yang biasa digunakan untuk pembuatan kemasan makanan/minuman. Namun, bahan ini tidak aman bagi kesehatan, kandungannya dapat menyebabkan beberapa efek bagi kesehatan seperti kanker, masalah reproduksi dan lainnya. Jadi, saat membeli air minum atau minuman kemasan, perhatikan pula label/tanda di bawah botolnya.

Itulah cara menyimpan air minum dalam kemasan yang baik dan benar agar terjaga kebersihan dan kualitasnya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *