Apa Saja Makanan Khas Aceh Yang Terkenal?

Sebuah provinsi yang istimewa yang berada di ujung negeri Indonesia menyimpan sejuta budaya unyuk kita bahas. Nanggroe Aceh Darussalam adalah provinsi yabg dijuluki sebagai daerah Istimewa. Di Aceh sangat menjunjung nilai nilai islam hal tersebutlah yang membuat provinsi itu dijuluki demikian.

Daftar Kuliner dan Makanan Khas Aceh

Kota Aceh ini memiliki budaya dan kesenian yang khas. Tidak hanya itu di kota ini juga menyimpan keunikan dari segi kulinernya. Masakan khas Aceh beraneka ragam dan pastinya akan membuat yang menyantap akan ketagihan. Masakan aceh memiliki Karakterisitik bumbu yang kuat dan mengundang selera untuk dinikmati. Jika anda berkunjung ke kota Aceh jangan lupa untuk mencicipi kudapan khas nya yang lezat dan menggugah selera.

Mie Aceh

Salah satu panganan khas Aceh yang terkenal adalah mie aceh. Mie Aceh merupakan produk perpaduan antara budaya India, China serta tidak lupa Timur Tengah dengan nilai nilai islam nya. Masakan ini berbahan dasar mie kuning yang tebal dan dilengkapi dengan irisan daging sapi kambing serta seafood ( udang dan cumi). Yang menjadi daya tarik dari panganan ini adalah kuah kari gurih yang dituangkan diatas penyajian makanan ini.

Dalca

Selanjutnya ada panganan bernama Dalca, panganan ini memiliki bumbu yang spesial dan beraroma tinggi. Untuk bumbu Dalca anda perlu menyiapkan kapulaga kayu manis pekak dan cengkeh. Perpaduan bumbu ini membuat Dalca menjadi lezat.

Kue Timpan

Dari jenis kue kue an di Aceh juga memiliki kuie khas khas bernama kue timpan. Makanan khas Aceh ini dibuat dari beberapa bahan seperti tepung pisang serta santan. Cara membuatnya adalah semua bahan diaduk-aduk hingga merata dan bertekstur kenyal. Setelah itu dibentuk memanjang dan tidak lupa yang membuatnya spesial adalah didalamnya diberi isiain srikaya. Setelah siap, adonan tadi dibungkus dengan daun pisang lalu di kukus.

Ayam Tangkap

Selanjutnya Aceh juga mempunyai kudapan ayam yang dinamai ayam tangkap. Saat kita melihat panganan ini maka kita akan melihat ayam dengan banyak dedaunan. Dedaunan ini lah yang membuat masakan ini jadi lezat. Salah satunya adalah daun temurui. Potongan ayam yang dicampur dengan bumbu khas ini membuat siapa saja pasti ketagihan.

Rujak Aceh

Nah kali ini ada kudapan yang cukup unik untuk kita bahas yaitu rujak Aceh. Makanan ini menggunakan salah satu buah yang daunnya bisa digunakan untuk atap rumah yaitu buah rumbia. Selain buah rumbia tidak ketinggalan buah buatan lain yang menambah cita rasa. Saat panas terik sangat cocok untuk menyantap masakan ini. Saat disajikan makanan ini dikirim es serut dan saus rujak.

Masih banyak lagi panganan khas dari Aceh.  Semuanya memiliki Karakterisitik yang berbeda beda akan tetapi semuanya bisa membuat anda ketagihan karena kelezatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *