Asal Mula Sawah Padi

Sawah Padi – Sawah adalah salah satu lahan yang kerap kali digunakan untuk bercocok tanam padi. Sawah sendiri, dapat atau sering kali kita jumpai pada pedesaan, baik di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Sistem lahan tanah sawah miring atau tidaknya pun dapat kita jumpai pada daerah di dataran tinggi maupun dataran rendah. Di mana jika kita sering menjumpai sawah model terasering, berbeda dengan sawah yang kita jumpai di dataran rendah, tanpa sistem terasering. Nah! Berikut ini terdapat informasi seputar sawah padi.

1) Asal Mula Sawah Padi

Berbicara tentang sawah padi, omong-omong siapa dan apa atau kapan sih sejarah yang pasti dari sawah padi ini? Nah! Buat kamu yang ingin tahu, jadi sawah padi pun memiliki sejarah, guys! Tidak asal langsung jadi sawah, yaa. Jadi, sawah padi pada zaman dulunya itu berasal dari sebuah tanaman yang dibudi dayakan di lahan basah. Sudah begitu, kebetulan juga nih lahan basah dari budi daya tanaman ini bermula dari China. Hal ini dipercaya dengan adanya sebuah penemuan berupa lahan basah atau sawah pada kisaran 6280 tahun silam. Tidak hanya itu saja. Ternyata keberadaan sawah ini juga semakin dipercaya dengan ditemukannya sawah Korea pada 10 situs arkeologi di sana.

2) Sekilas tentang Sawah Padi

Jadi, guys! Karena negara kita adalah negara agraris, maka tak asing lagi bila sering sekali kita jumpai area persawahan di manapun berada, kecuali daerah perkotaan. Nah! Sawah pafi ini kerap kali dikenal sebagai area yang tergenang oleh air di mana terdapat tiga macam pengairan. Pertama, yakni sistem pengairan sawah yang disebut tadah hujan karena airnya bersumber dari air hujan. Kedua, pengairan sawah dengan menggunakan air sungai dan yang ketiga itu berupa pengairan sawah dari mata air. Nah! Pada daerah pegunungan, sistem lahan sawah itu unik banget, guys! Jadi di sana kamu dapat menjumpai lahan sawah yang miring atau bertingkat dan kita biasa menyebutnya terasering atau sengkedan. Daerah miring ini dibuat dengan tujuan untuk menghindari erosi tanah pada saat musim penghujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *