Mengenal Macam Bimbingan Belajar dan Program yang Ditawarkan

Bimbingan belajar atau bimbel, les privat, kursus maupun jenis bimbingan yang lain adalah cara memberikan pembelajaran tambahan bagi peserta didik. Dengan kata lain, selain halnya menerima pelajaran formal dari sekolah, anak juga bisa mendapatkan pelajaran lainnya maupun memperdalam materi melalui bimbel, les privat dan kursus tersebut. Meskipun terdengan identik, nyatanya ketiga macam layanan belajar tersebut memiliki perbedaan.

Mengenal Perbedaan Antara Bimbel, Les Privat dan Kursus

Tak jarang orang tua maupun siswanya sendiri bingung menentukan manakah layanan belajar yang laing sesuai dengan kebutuhannya. Terlebih lagi juka sudah menyentuh ranah anggaran. Nah, dalam artikel ini akan dibahas terkait macam bimbingan belajar dan apa saja program yang ditawarkan pada umumnya. Dengan demikian, Anda dapat memilih manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Perbedaan dari ketiga macam layanan belajar tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut;

Bimbel

Metode mengajar yang diterapkan di bimbel identik dengan metode belajar yang digunakan di sekolah. Akan ada seorang guru (tentor) mengajar di depan kelas sementara siswa mendengarkan. Jumlah siswa yang ada dalam satu kelas biasanya dibatasi sesuai dengan jenis kelas yaitu reguler, platinum atau lainnya.

Memanfaatkan belajar melalui bimbel bisa dikatakan cukup efektif dimana tentor dapat memperhatikan sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan dengan cara memberikan soal latihan yang relevan. Selesai mengerjakan soal, siswa diajak untuk membahas soal tersebut untuk mengetahui letak kesalahan yang mungkin dilakukan siswa. Siswa pun dapat menanyakan secara langsung kepada tentor terkait materi yang mungkin belum dikuasainya dengan baik.

Les Privat

Sesuai namanya, les privat ini bisa dikatakan sebagai layanan pendampingan belajar yang lebih intens dibandingkan defngan bimbel di atas yang menggunakan rombongan belajar dalam jumlah tertentu.  Dalam mekanismenya, seorang siswa akan diajar secara khusus oleh seorang guru atau tentor.  Dengan demikian, salah satu kelebihan dari les privat ini adalah siswa bisa lebih puas menggali materi yang ingin ia kuasai dengan benar. Selain itu, materi yang dipelajari pada les provat ini biasnaya juga terbatas pada satu tujuan tertentu misalnya pelajaran Bahasa Inggris atau pelajaran Matematika saja.

Kursus

Berbeda dari dari kedua jenis layanan pendampingan belajar di atas, kursus lebih identik pada penguasaan keterampilan atau keahlian tertentu. Misalnya kursus percakapan Bahasa Inggris, kursus mengemudi ataupun kurus komputer.  Dalam mekanismenya, kursus bisa dibuka dalam satuan kelas maupun privat sesuai dengan softskill maupun materi yang akan diajarkan dalam kursus itu.

pexels.com

Pelatihan

Selain ketiga layanan belajar umum di atas, masih ada bimbingan lainnya yang mungkin identik dengan kursus. Bimbingan yang dimaksud misalnya adalah pelatihan yang memiliki durasi jauh lebih singkat jika dibandingkan dengan kursus. Untuk menuntaskan program kursus, peserta bisa membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Namun untnuk pelatihan ini, waktu yang digunakan bisa sangat singkat mulaid ari 2 harian hingga 1 pekan tergantung pada materi dan jumlah peserta.

Selain halnya mengetahui bermacam layanan bimbel yang ada saat ini, tak ada salahnya pula Anda mengetahui macam-macam program yang ditawarkan oleh lembaga bimbel secara umum. Beberapa program tersebut diantaranya;

Program Intensif

Program intensif umumnya dibuka menjelang Ujian Nasional ataupun SBMPTN. Dan sesuai namanya, siswa akan dibimbing secara intens setiap hari agar lebih siap menghadapi ujian penting yang dimaksud. Selain masuk kelas setiap hari, durasi belajar yang dijalani juga cukup panjang.

Untuk tes ujian masuk PTN, biasanya lembaga bimbel akan memberikan program intensif yang beragam sesuai dengan pilihan universitas. Hal ini karena umumnya, beda kampus maka beda pula soal yang akan dibahas. Dalam program ini, peserta akan dihadapkan banyak latihan soal SBMPTN Saintek maupun Soshum serta try out yang digelar setiap minggunya.

Program Reguler

Program yang biasanya memiliki jadwal masuk seminggu dua atau tiga kali ini cenderung memiliki waktu pelaksanaan yang cukup lama. Umumnya program ini dibuka pada awal tahun ajara baru dengan kesempatan untuk mengupgrade program saat memasuki masa-masa krusial seperti menjelang ujian.

Untuk SBMPTN, biasanya ada sejumlah mata pelajaran yang tidak dibahas atau beberapa materi spesifik terkait SBMPTN yang dibahas kurang mendalam. Wajar saja, karena biaya yang dibebankan lebih murah dibanding pada program intensif. Tapi sebagai bagian dari persiapan, program ini juga efektif untuk lebih membiasakan diri dengan soal-soal yang mungkin muncul.

pexels.com

Program Minggu

Ada pula program yang dibuat secara khusus untuk mengantisipasi jadwal siswa yang sibuk. Program minggu bisa dijadikan alternatif bagi mereka yang memiliki kesibukan selama sepekan penuh dan baru bisa mengambil jam belajar tambahan mereka di hari Minggu saja. program ini juga bisa dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin memperdalam materi tertentu saja. Meskipun terkesan mengorbankan waktu istirahat, program ini bisa dijadikan alternatif saat masa-masa mendesak.

Program Supercamp

Program yang satu ini menggunakan sistem menginap atau berkemah selama beberapa hari hingga sepekan bersama siswa yang lain. Kemah dilakukan agar memungkinkan siswa untuk belajar lebih intensif jelang ujian. Dalam pilihan program ini biasanya juga tersedia try out hingga beberapa kali untuk menguji hasil belajar.

Demikianlah beberapa  macam layanan pendampingan belajar dan beberapa macam program yang bsia diambil untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian yang menentukan. Memanfaatkan portal belajar online seperti edutore dan pendampingan tentor bimbel, Anda bisa mempersiapkan diri dengan lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *