5 Bisnis Modal Kecil yang Berpeluang Mendatangkan Banyak Income

Banyak orang mengira, setiap bisnis yang dijalankan membutuhkan modal besar. Padahal, pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Ada banyak bisnis yang hanya membutuhkan modal remeh. Modalnya bahkan bisa hanya puluhan ribu saja, tidak sampai ratusan atau bahkan jutaan. Berikut ini beberapa bisnis modal kecil yang bisa Anda tekuni.

Jualan Pulsa

Menjual pulsa adalah salah satu bisnis dengan modal paling murah. Memang pendapatannya tidak terlalu besar. Namun modalnya pun tidak perlu banyak. Umumnya, mulai dari Rp50.000 saja, Anda sudah bisa mulai berjualan pulsa. Jika Anda jeli terhadap uang yang masuk, laba hasil menjual pulsa itu bisa digunakan untuk menambah modal.

Mengapa? Sebab, modal yang lebih besar akan membuat jualan Anda lebih lancar. Pasalnya, tidak semua orang membutuhkan nominal pulsa kecil. Beberapa orang membutuhkan nominal pulsa yang besar, bahkan di atas nominal 50 ribu. Untuk itu, Anda membutuhkan modal yang lebih besar pula agar bisa melayani pelanggan Anda.

isorepublic.com

Jualan Gorengan

Menjual gorengan adalah satu di antara beberapa bisnis yang tidak membutuhkan modal banyak. Modal untuk membuat gorengan hanya bahan-bahan gorengan seperti tepung terigu dan isian, serta minyak. Dengan modal kurang dari Rp100.000, Anda sudah bisa menjual gorengan meski tidak banyak.

Sebagai awalan menggeluti bisnis membuat gorengan, jumlah gorengan sedikit tersebut tentu sudah cukup. Baru, jika gorengan Anda laris, Anda bisa menambah jumlahnya sesuai dengan pangsa pasar gorengan yang Anda buat tersebut.

Bisnis Laundry

Bisnis ini tergolong murah bila Anda tidak muluk-muluk harus memiliki mesin cuci dan setrika baru untuk memulai bisnis ini. Cuci saja dengan manual tanpa mesin cuci. Setrika pun cukup setrika lama yang masih bisa berfungsi dengan baik. Dengan begitu, bisnis ini nyaris tanpa modal kecuali untuk membeli diterjen, pewangi, juga air.

Jika bisnis Anda telah menjadi besar, dan Anda merasa membutuhkan mesin cuci untuk membantu pekerjaan Anda, baru lah Anda membeli mesin cuci. Hal ini tentu akan lebih baik demi kemajuan bisnis Anda.

isorepublic.com

Bisnis Bimbel atau Les Privat

Tidak sedikit orang tua yang merasa perlu menambah jam belajar untuk membantu anak-anaknya menguasai materi di sekolah. Pasalnya, materi yang diajarkan di sekolah dinilai belum cukup untuk membuat mereka bisa. Karena itu, les privat atau tambahan belajar di rumah dianggap perlu.

Hal ini tentu bisa Anda jadikan peluang. Anda juga tidak memerlukan banyak modal untuk melakukannya, cukup mampu mengajar dan menguasai materi ajar untuk anak-anak. Jika tempatnya sedikit jauh dari tempat tinggal Anda, mungkin Anda akan mengeluarkan biaya untuk kendaraan. Tetapi jika tempatnya dekat, sangat mungkin Anda hanya perlu berjalan saja.

Bisnis Desain

Desain tidak hanya dibutuhkan untuk produk tertentu. Ada banyak hal yang membutuhkan jasa desain. Penerbit buku perorangan atau perusahaan membutuhkan desain untuk sampul buku mereka. Mereka juga membutuhkan desain untuk layout isi buku yang diterbitkan.

Kemasan produk juga membutuhkan desain. Banner acara tertentu hingga papan nama warung pinggir jalan juga membutuhkan desain. Semua itu tentu bisa menjadi ladang bisnis menggiurkan untuk Anda.

Satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk bisnis ini adalah skill. Tentu saja dibantu dengan alat mendesain, yakni komputer. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa membeli komputer yang harganya rendah dengan kemampuan yang cukup untuk membuat desain.

isorepublic.com

Bisnis Blog

Blog, semacam Nyampling, juga bisa Anda jadikan ladang bisnis. Anda cukup membuat konten yang menarik perhatian. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda, akan semakin banyak pula pendapatan yang masuk ke kantong Anda. Sebab, salah satu yang menjadi nilai jual suatu blog adalah konten dan banyaknya pengunjung blog tersebut.

Bagaimana suatu blog menghasilkan pendapatan? Salah satunya bisa dari iklan. Iklan itu sendiri bisa Anda ambil dari Andsense atau perusahaan iklan sejenis. Anda juga bisa menyediakan ruang khusus untuk pemasang iklan menampilkan produk mereka pada blog Anda.

Demikian. Semoga ulasan di atas bisa memberikan manfaat bagi Anda, terutama untuk menjadi referensi bisnis yang ingin Anda geluti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *