Inidia Alasan Orang Jawa Suka Pelihara Burung Perkutut

Dari sekian banyak jenis burung yang ada di Jawa, burung perkutut yang paling banyak dimiliki. Entah apa alasannya. Namun, hal tersebut bisa diraba-raba. Bisa diketahui kira-kira apa yang membuat kebanyakan orang Jawa suka sekali dengan burung perkutut.

Terlepas dari hal tersebut, ada sisi ekonominya. Sekarang, burung perkutut yang sebenarnya sangat banyak jumlahnya bisa dijual dengan harga yang tinggi. Apalagi jika terlihat cantik dan suaranya merdu. Bisa dipastikan pecinta perkutut mau mengeluarkan uang berapapun. Bahkan, tidak jarang lho burung ini dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah.

Bagaimana? Tertarik untuk menternakkan burung yang satu ini? Sebelumnya, Anda perlu tahu apa sih yang membuat orang suka sekali dengan burung yang satu ini.

pickupimage.com

Burung Perkutut Punya Banyak Makna

Bagi orang Jawa dulu, perkutut itu burung buat kelangenan. Saat pagi dan sore menjelang malam tiba, mereka biasanya menghabiskan waktu bermain dengan burung. Sementara itu, di siang hari ketika waktu tidur siang tiba, suara perkutut begitu merdu. Bisa membuat pemilik nyaman dan tidur siang dengan nyenyak.

Di sisi lain, ada juga yang percaya hal-hal yang terkait dengan mistis. Misalnya saja ada yang percaya bahwa burung ini bisa menangkal santet. Seperti yang Anda ketahui dulu orang Jawa yang bermusuhan tidak bertengkar tapi sering menggunakan santet. Dan untuk yang merasa punya banyak musuh, mereka menangkal santet dengan memelihara burung perkutut.

Ada juga yang punya kepercayaan lain. Ada yang menganggap dengan memiliki burung perkutut, maka kewibawaan pemilik anak naik. Entah burung ini menjadi sebab atau musabab. Yang pasti, banyak orang yang punya jabatan memelihara burung yang satu ini.

Selain itu, ada juga orang yang Jawa yang percaya bahwa burung itu bisa mendatangkan keberuntungan. Entah ini hanya perasaan saja atau fakta, itu yang terjadi. Dan sampai sekarang meskipun sudah hidup di zaman modern, masih banyak orang Jawa yang percaya dengan hal tersebut.

Jadi, masuk akal kan jika banyak orang Jawa yang menjadi pecinta perkutut?

pickupimage.com

Perawatan Burung Super Mudah

Selain alasan yang sedikit bersifat magic tersebut di atas, ada juga alasan. Ternyata, perawatan yang relatif mudah membuat orang Jawa suka memelihara burung yang satu ini. Sebenarnya, perawatan burung itu tidak sulit. Hanya saja, sekarang ini, banyak burung yang diistimewakan. Misalnya saja burung yang harganya mahal karena sering menang lomba. Otomatis orang menganggap perawatan burung semacam itu pasti sulit.

Faktanya tidak. Burung apapun, perawatannya relatif sama. Hanya saja, ada sedikit beda misalnya pada hal makanan yang diberikan. Misalnya saja burung perkutut itu suka sekali dengan biji-bijian. Maka dari itu, sangat disarankan agar Anda menyiapkan makanan dari berbagai jenis biji. Ini akan membuat burung sehat dan kuat. Burung siap berkicau keras sekali.

Apakah itu saja yang harus diberikan? Tentu saja tidak. Jika setiap hari diberi biji, maka bisa saja burung bosan. Untuk itu, variasikan dengan memberikan jenis makanan yang berbeda. Contohnya milet. Bahkan, ada yang menganggap ini makanan utama yang sangat bergizi bagi perkutut. Siap sediakan terus di rumah Anda.

Jika susah, Anda bisa ganti dengan kacang hijau atau ketan hitam. Apalagi ketika musim hujan, sebaiknya lebih banyak berikan ketan hitam. Pasalnya, makanan yang satu ini bisa menghangatkan tubuh burung. Ini penting agar burung tidak kedinginan, terutama di malam hari saat sedang hujan.

Selain makanan, perawatan dari luar juga diperlukan. Mandikan setiap pagi dengan metode penyemprotan. Ini metode terbaik untuk membersihkan tubuh burung perkutut. Setelah itu, jemur di bawah sinar matahari pagi sambil memberikannya makanan. Penjemuran bisa dilakukan setidaknya 30 menit setiap hari. Selesai proses berjemur, bawa masuk ke bagian teras rumah yang rindang. Biarkan burung di sana hingga siang.

Baru kemudian ketika cuaca begitu panas, bawa masuk burung Anda ke dalam rumah. Jika perlu, tutup sangkar dengan kerodong agar burung Anda istirahat tidur siang. Saat mau beristirahat, Anda bisa putarkan masteran suara burung. Ini akan membuat burung mendengar dan diharapkan meniru suara agar cuitannya semakin merdu.

Jadi, siap untuk memelihara burung perkutut? Tidak sulit kok. Yang pasti, jika ada perkutut di rumah, maka rumah Anda tidak akan sepi. Atau jangan-jangan Anda ingin berbisnis dengan menjual perkutut? Silakan siapkan kandang dan terapkan tips perawatan burung tersebut di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *