Cara Kirim Barang Lewat Gojek

Saat ini Gojek merupakan penyedia layanan transportasi yang sangat inovatif. Layanan gojek Dispatch Services ini memungkinkan untuk mengirim barang dengan waktu yang cepat. Jika kamu tertarik, artikel ini akan membantumu untuk mengetahui cara kirim barang lewat Gojek.

Cara mudah mengirim barang menggunakan Gojek

Pada dasarnya cara kirim barang lewat Gojek tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menggunakan sebuah smartphone yang terhubung ke internet. Selanjutnya, kamu bisa memesannya melalui aplikasi Gojek yang sudah terpasang di ponselmu.

Memasang aplikasi Gojek

Gojek merupakan layanan transportasi berbasis internet. Untuk menggunakannya, kamu harus memasang aplikasi Gojek di ponselmu. Selain itu, kamu juga harus membuat akun sebelum mulai menggunakannya.

Untuk cara memasangnya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Gojek.

Buka Google Play Store atau Apple App Store. Carilah aplikasi Gojek dan pasang aplikasi tersebut di ponselmu.

  • Buka aplikasi Gojek.

Setelah berhasil memasang aplikasi Gojek. buka aplikasi tersebut. Pada awal penggunaan biasanya aplikasi meminta permohonan izin untuk menggunakan layanan. Berikan saja izin untuk aplikasi Gojek agar bisa digunakan dengan lancar.

  • Buat akun.

Setelah aplikasi sudah bisa berjalan dengan lancar, kamu harus membuat akun Gojek. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuat akun yang terhubung dengan nomor ponselmu saja.

Memesan layanan GoSend

GoSend merupakan salah satu layanan pengiriman barang yang menggunakan jasa driver Gojek sebagai kurir. Nantinya barang yang akan kamu kirimkan dijemput oleh driver dan diantar secara langsung ke alamat penerima.

Untuk cara menggunakan layanan GoSend adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Gojek.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Gojek. Pastikan kamu sudah memiliki sebuah akun customer untuk bisa menggunakan Gojek. Setelah berhasil masuk, kamu akan disuguhkan dengan beragam layanan yang bisa kamu coba.

  • Masuk ke menu GoSend.

Untuk mulai mengirimkan barang, kamu harus masuk ke menu GoSend. Menu GoSend ini memiliki simbol berbentuk box berwarna hijau dan terdapat tulisan Go-Send di bagian bawahnya. Tekan simbol tersebut satu kali.

  • Tentukan alamat.

Setelah masuk ke menu GoSend, selanjutnya kamu harus memasukkan alamat penerima dan alamatmu. Nantinya sistem akan memberikan rincian dana yang harus kamu bayar.

  • Tentukan metode pembayaran.

Setelah proses pemilihan alamat selesai, kamu bisa menentukan ingin membayar menggunakan apa. Biasanya jika kamu membayar menggunakan gopay, ongkos kirimnya akan menjadi lebih murah.

  • Tekan pesan/order.

Setelah kamu mendapatkan harga ongkos kirim beserta cara membayarnya, kamu tinggal memesannya. Silahkan tekan tombol pesan/order. Nantinya kamu akan dihubungkan dengan salah satu driver yang siap menjemput paketmu.

  • Berikan paket.

Setelah driver datang, silahkan berikan barang tadi untuk dikirim. Biasanya barang tersebut akan difoto terlebih dahulu sebelum dikirim.

Beberapa barang yang tidak bisa dikirim

Dengan menggunakan layanan GoSend, kamu bisa mengirim barang dengan cepat dan mudah. Namun, kamu tidak boleh sembarangan dalam mengirim barang.

Beberapa barang yang tidak boleh dikirimkan antara lain:

  • Makhluk hidup.
  • Bahan yang mudah terbakar dan meledak.
  • Barang dengan nilai yang tinggi seperti perhiasan.
  • Barang dengan ukuran besar melebihi kapasitas.
  • Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya.
  • Barang yang dilarang secara hukum.
  • Barang yang dikirim melebihi jarak layanan.

Jarak pengiriman

GoSend memang memiliki kelebihan berupa pelayanan yang cepat. Kamu bisa mengirim dan menerima barang hanya dengan jangka waktu kurang dari 1 hari. Namun, GoSend membatasi pelayanannya dengan jarak tertentu.

Gojek sendiri membatasi pelayanan GoSend maksimal 40 Km saja. Jarak tersebut sebenaranya sudah lebih dari cukup untuk melayanan pengiriman dalam kota. Tentunya tidak menutup kemungkinan jika layanan ini bisa memiliki radius pengiriman yang lebih luas lagi.

Ukuran yang diperbolehkan

Barang yang bisa kamu kirimkan juga tidak boleh melebih ketentuan yang berlaku. Hal tersebut karena driver yang mengirim menggunakan sepeda motor. Hal ini dimaksudkan agar keselamatan bersama bisa tetap terjaga.

Untuk ukuran yang diperbolehkan adalah 50 x 50 x 70 dan memiliki berat maksima 50 Kg saja. Jika kamu mengirim barang lebih besar dari itu, sebaiknya kamu menggunakan layanan Go-Box saja.

Memesan layanan GoBox

Jika layanan GoSend tidak bisa menangani pengiriman paketmu, sebaiknya gunakan saja layanan GoBox. Perbedaannya, GoBox menggunaka mobil barang sehingga mampu menampung barang dengan ukuran besar.

Untuk cara menggunakan layanan GoBox adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Gojek.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Gojek. Pastikan kamu sudah memiliki sebuah akun customer untuk bisa menggunakan Gojek. Setelah berhasil masuk, kamu akan disuguhkan dengan beragam layanan yang bisa kamu coba.

  • Masuk ke menu GoBox.

Untuk mulai mengirimkan barang, kamu harus masuk ke menu GoBox. Menu GoBox ini memiliki simbol berbentuk mobil box berwarna hijau dan terdapat tulisan Go-Box.

  • Tentukan alamat.

Setelah masuk ke menu GoBox, selanjutnya kamu harus memasukkan alamat penerima dan alamatmu. Isilah semua data dengan benar lalu tekan tombol pesan/order.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai cara kirim barang lewat Gojek. Semoga artikel ini bisa membantumu mengirim barang menggunakan Gojek. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *