Lima Langkah Cara Membuat Bakso Sapi Paling Mudah

Kini anda bisa membuat bakso sendiri di rumah dengan cara yang mudah. Bakso memang menjadi menu makanan yang hampir di sukai semua orang. Bakso mempunyai rasa yang lezat sehingga mampu membuat siapa saja yang mencicipinya menjadi ketagihan. Saking banyaknya yang menyukai bakso maka banyak yang membuatnya sendiri. Disini mereka bisa membuat berbagai varian bakso sesuai keinginannya sendiri.

Pada dasarnya membuat bakso sangat mudah dan hampir sama dalam membuat bakso satu dengan yang lainnya. Namun yang membedakan adalah varian bakso yang akan dibuat. Mengingat ada banyak sekali varian bakso maka membuat orang mulai membuat bakso sesuai dengan keinginannya sendiri. Bahkan beberapa diantaranya menjadi bakso paling hits di Indonesia. Beberapa contoh varian dari bakso adalah bakso beranak, bakso krikil, bakso jumbo, bakso cabe rawit, bakso hamil, bakso buaya beranak, dan masih ada banyak vairan bakso yang sangat menarik.

Salah satu jenis bakso yang paling banyak diminati adalah bakso sapi. Bakso sapi ini sudah tentu diberikan bahan daging sapi. Rasa dari bakso sapi memang sangat lezat sehingga banyak yang tertarik untuk membuatnta sendiri. Ada banyak resep yang bisa anda ikuti untuk membuat bakso sapi tersebut. Tidak hanya dari sapi saja melainkana anda juga bisa membuatnya dari bahan ayam. Tergantung dengan selera anda masing – masing.

pixabay.com

Mudahnya Membuat Bakso

Demi menikmati sebuah bakso anda tidak perlu membelinya. Kini anda bisa membuatnya sendiri. Cara membuat bakso sapi sangat mudah untuk dilakukan semua orang. Jika anda tertarik untuk membuat bakso tersebut maka anda bisa membuat bakso tersebut melalui resep di Sarah Jane. Ada banyak resep menarik untuk membuat sebuah menu makanan dengan lebih simple.

Pada dasarnya resep membuat bakso hampir sama satu sama lain. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso juga mudah ditemukan. Tentunya bakso ada banyak macamnya, setiap varian bakso mempunyai bahan yang berbeda – beda. Anda bisa memilih sendiri bahan bakso sesuai dengan varian yang anda buat.

Apakah waktu membuat bakso lama? Mungkin bagi anda yang masih pertama kali membuat bakso anda membutuhkan waktu yang lama untuk membuat bakso. Namun jika anda sudah terbiasa maka langkah yang akan dipaparkan di bawah ini bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. Penasaran dengan langkah membuat bakso? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Lima Langkah Membuat Bakso Sapi

Cara membuat bakso sapi yang akan dibahas di bawah ini akan dirangkum dalam lima langkah. Lima langkah ini sangat mudah untuk anda lakukan demi mendapatkan hasil bakso yang maksimal. Mari kita kupas satu per satu dari setiap langkahnya.

Langkah pertama memilih bahan daging bakso sapi. Menemukan daging sapi in yang paling tepati ada pada bagian paha. Pada bagian inilah biasanya tidak terdapat banyak minyak. Untuk dagingnya sendiri anda bisa menggunakan 1 Kg daging sapi.

pixabay.com

Langkah ke dua adalah menyiapkan bumbu bakso sapi. Disini anda bisa memanfaatkan bawang putih goreng, bawang merah, merica bubyk, baking powder, kaldu ayam, dan garam. Disini gunakanlah bumbu secukupnya saja. Untuk menghasilkan rasa kenyalnya anda bisa menambahkan tepung tapioka dan es batu.

Langkah ke tiga adalah proses menghaluskan daging ditambah campuran bumbunya. Disini langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukan bawang merah dan putih ke dalam food processor hingga halus. Lalu masukanlah semua daging sapi yang sudah disiapkan, tapioka, dan bahan lainnya. Tambahkan es batu lalu aduk hingga rata. Menggunakan bantuan food processor maka adonan daging anda bisa lebih merata dengan sempurna. Jika sudah tercampur maka bisa anda bantu di uleni hingga kalis.

Langkah ke empat adalah membuat bentuk bakso. Bakso identik bentuk bulat atau anda bisa membuat bentuk sesuai selera. Disini anda bisa membuat adonan bakso yang telah disiapkan dengan bentuk bulat – bulat. Sambil anda membuat bentuk bulat baiknya memanaskan air terlebuh dahulu di atas panci. Lanjutkan kegiatan membuat bentuk bakso. Disini anda bisa menggunakan bantuan jari telunjuk, ibu jari, dan sendok untuk membuat bentuk bulatnya. Selesaikan semua adonan agar berbentuk bulat.

Langkah ke lima adalah merebus bakso. Setelah semua berbentuk bulat maka langkah selanjutnya adalah merebus bakso. Air yang sudah dipanaskan di dalam panci tersebut digunakan untuk merebus bakso tersebut. Tunggu hingga adonan bakso naik ke permukaan air. Jika sudah naik maka anda bisa mengambilnya lalu ditiriskan. Lakukan hal tersebut hingga semua adonan bakso habis.

Itulah ke lima langkah cara mudah untuk membuat bakso sapi. Setelah langkah ke lima anda bisa mulai menyajikan bakso tersebut. Dalam proses penyajian ini terpenting adalah harus ada kuahnya. Mengingat bakso adalah makanan berkuah maka kurang sempurna jika belum ada kuahnya. Buatlah kuah sebanyak kebutuhan anda, proses membuat kuahnya juga terbilang simpel untuk anda buat. Lima langkah membuat bakso di atas kini bisa anda terapkan dengan mudah di rumah. Menyajikan bakso akan lebih nikmat jika masih panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *