Cara Merawat Kelinci untuk Pemula

Sebagai seseorang yang mencintai hewan, pastinya tidak asing lagi dengan hewan peliharaan kelinci. Memiliki bulu yang lembut dan tingkah laku yang menggemaskan, tentunya memiliki canyak penggemar. Meskipun banyak penggemarnya, kelinci ini ternyata tidak mudah dalam hal perawatannya.

Berikut tips cara merawat kelinci

  1. Kandang

Kandang merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika kita akan memelihara seekor kelici. Hal ini karena, kelinci yang telah didomestikasi memiliki ketahanan yang berbeda dengan kelinci liar. Kelinci yang dipelihara umumnya rentan sakit karena perubahan cuaca. Terlalu panas dan terlalu dingin membuat kelinci mudah mengalami kematian. Oleh karena itu, perhatikan keadaan kandang dan kenyamanan kandang.

  1. Perhatikan Pakan

Kelinci merupakan kelompok hewan pemakan tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuhan sesuai digunakan sebagai pakan kelinci. Ada beberapa tumbuhan yang beracun pula. Oleh karena itu, kenali terlebih dahulu jenis tumbuhan apa saja yang sesuai dengan kelinci. Selain pakan alami, kelinci juga dapat diberikan pakan buatan, yaitu pelet khusus kelinci. Pemberian pelet ini sebaiknya tidak terlalu banyak dan sering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *