Ini Dia Cara Sablon Kaos Berkualitas

Siapa sih yang gak punya kaos sablon? Iya kaos memang menjadi salah satu fashion yang cukup populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai aktifitas sehari-hari. Iya kaos sablon selain digunakan untuk berbagai aktifitas mulai dari bersantai, bekerja, jalan-jalan, dan lainnya, kaos sablon juga sering digunakan sebagai sragam suatu komunitas, sragam untuk event tertentu, hingga promosi atau kampanye. Nah pernah gak sih Anda bertanya-tanya bagaimana cara sablon kaos yang berkualitas? Nah bagi Anda yang penasaran, yuk simak ulasan berikut.

Seiring berkembangnya waktu, kini sablon kaos pun mulai berkembang mulai dari desain hingga kualitasnya. Iya ada beberapa jenis sablon kaos yang cukup populer digunakan mulai dari sablon DTG, sablon plastisol, sablon rubber, dan lain sebagainya. Semua jenis sablon tersebut tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk itu Anda bisa memilih sesuai dengan model dan budget yang Anda inginkan.

Sebenarnya sablon kaos merupakan teknik untuk memindahkan desain yang dibuat dengan tinta atau bahan khusus ke permukaan kain atau kaos polos dengan warna dasar yang beragam sesuai dengan selera. Seiring berkembangnya waktu teknik sablon pun semakin berkembang yang mana pada awalnya hanya memiliki pilihan warna dan desain terbatas hingga kini kita bisa memilih desain dan warna yang bebas khususnya jika Anda menggunakan mesin sablon DTG.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Mungkin Anda pernah memiliki kaos yang sablonnya cepat rusak, atau ada pula yang tetap awet meskipun sudah lama. Nah perlu diketahui bahwa mengenai kualitas sablon pada kaos tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut:

Bahan kaos

Faktor penting dalam menentukan kualitas dan keawetan sablon adalah bahan yang digunakan. Nah salah satu bahan kaos yang cukup banyak digunakan saat ini adalah bahan cutton combed yang memiliki tekstur tenun yang cukup baik dan tahan lama. Selain itu beberapa jenis bahan lain yakni seperti cotton slub, cotton carded, cutton bamboo, cutton spandex, tri-blends, supima, dan beberapa jenis lainnya juga cukup baik untuk di sablon. Yang jelas semakin besar komposisi katunnya maka akan semakin baik pula kualitas yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan bahan akan lebih yang lebih mudah menyerap tinta sablon sehingga sablon akan lebih cepat kering dan tidak mudah mengelupas bahkan dalam jangka waktu yang lama.

Tinta sablon

Selain faktor kain, jenis tinta sablon juga mempengaruhi kualitas sablon. Bahkan beberapa beberapa jenis tinta sablon juga dapat menyebabkan sulitnya tinta sablon untuk meresap ke dalam beberapa jenis kaos. Adapun beberapa jenis tinta sablon yang sering digunakan dalam pembuatan sablon kaos adalah flocking, glow in, the dark, discharge, foil, foam, high density, dan lain sebagainya.

Proses penyablonan

Nah faktor lain yang menentukan kualitas sablon adalah proses penyablonan terutama pada masalah warna sablon yang cepat luntur. Iya dalam hal ini apabila pengerjaan dilakukan secara terburu-buru tanpa adanya perhitungan, maka akan menyebabkan hasil sablon tidak maksimal.

Berikut Adalah Cara Sablon Kaos yang Berkualitas

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Seiring dengan berkembangnya teknologi, terdapat beberapa cara sablon yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Dalam hal ini terdapat beberapa teknik sablon yang cukup banyak digunakan saat ini karena memang memiliki kualitas sablon yang berkualitas. Berikut adalah beberapa cara sablon kaos berkualitas dan banyak digunakan saat ini:

Sablon kaos dengan teknik DTG

Teknik DTG atau Direct to Garment adalah salah satu teknik sablon yang cukup banyak digunakan saat ini. Pasanya memang teknik ini memungkinkan proses penyablonan yang lebih cepat dan lebih efisien. Iya proses penyablonan dengan teknik DTG tak jauh berbeda dengan proses printing kertas dengan menggunakan printer, hanya saja kali ini objeknya adalah kaos. Dalam teknik ini, kaos polos akan dimasukkan ke dalam mesin DTG kemudian desain akan disetel melalui program komputer, selanjutnya tingga memasukan perintah, dan proses penyablonan pun akan berjalan.

Sablon kaos dengan teknik heat press printing

Teknik heat press printing juga merupakan cara sablon yang cukup banyak digunakan saat ini. Dalam hal ini Anda dapat memilih kaos berwarna cerah atau gelap. Untuk proses penyablonannya yakni menggunakan tinta sablon yang dicetak pada transfer paper khusus untuk digunakan pada heat press. Nah selanjutnya kertas heat presstersebut akan ditempelkan pada kaos yang akan disablon dengan menggunakan mesinĀ  heat press.

Sablon kaos dengan teknik sublimasi

Nah selanjutnya adalah teknik sublimasi. Cara sablon ini dilakukan melalui transfer paper yang telah dicetak pada printer dengan menggunakan tinta sublim. Nah gambar yang telah dicetak tersebut kemudian dipindahkan ke kaos dengan menggunakan mesin press khusus yang akan menekan gambar pada kaos sehingga tinta akan menempel pada kaos dengan sempurna. Untuk teknik sublimasi ini lebih cocok digunakan untuk kaos yang berwarna cerah atau putih.

Sablon kaos dengan teknik screen printing

Teknik screen printing ini juga sering disebut dengan cara sablon kaos manual dan merupakan salah satu teknik sablon tertua yang saat ini juga masih banyak digunakan. Untuk mengerjakan penyablonan dengan teknik ini, perlu beberapa peralatan mulai dari rakel, busa, screen dan frame, kaca bening, lampu 250 watt, foto emulsi, sarung tangan latex, tinta sablon, ruangan yang gelap, dan kaos yang disablon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *