Ciri-Ciri Penyakit Ginjal

Apa yang membuat penyakit ginjal semakin rbahaya adalah gejalanya yangseringkali tidak mudah dikenali bahkan sering dikira sebagai indikasi enyakit lain. Ciri-ciri penyakit ginjal memang sering tidak disadari sehingga penderita memiliki peluang pulih yang lebih kecil. Maka dari itu, pengetahuan tentang gejalanya perlu diketahui bagi orang yang berisiko mengalami penyakit ini.

Mengetahui Ciri dari Penyakit Ginjal

Dengan mengetahui ciri penyakit ginjal dan mengidentifikasinya sejak dini, pasien bisa mendapatkan penanganan dan terapi yang tepat. Dengan begitu peluang untuk sehat menjadi lebih besar.

Beberapa ciri umum dari penyakit ginjal ini diantaranya

Perubahan warna urin

Ciri pertama yang paling mudah untuk diidentifikasi adalah perubahan warna urin yang menjadi lebih keruh dari biasanya. Dalam tingkatan tertentu, tak hanya warna yang berubah, tetapi juga intensitas buang air kecil yang juga diikuti rasa nyeri, kencing berbusa hingga disertai bercak darah.

Tubuh menjadi mudah lelah

Rasa lelah menjadi semakin sering dialami oleh orang yang mengalami masalah gangguan ginjal. Hal ini karena ginjal juga bertanggungjawab atas produksi hormon eritropoietin yang berhubungan dengan produksi sel darah merah. Sel darah merah merupakan pengikat oksigen yang kemudian dibagikan ke sel di seluruh tubuh melalui aliran darah. Tanpa oksigen, sel menjadi kekurangan energi sehingga tubuh terasa mudah kelelahan.

Pembengkakan pada beberapa bagian tubuh

Gangguan fungsi ginjal berakibat pada kemampuannya dalam menyaring limbah hingga mengakibatkan lebih banyak protein terbuang bersama urin. Tubuh yang kehilangan terlalu banyak protein membuat bagian tungkai tangan maupun kaki bengkak. Selain kedua bagian tersebut, wajah dan kedua mata juga bisa mengalami kondisi serupa.

Gatal-gatal

Sekali lagi, kemampuan tubuh dalam menyaring kotoran juga menjadi kurang efektif sehingga zat sisa metabolisme yang dibuang melalui keringat dapat memicu masalah lain. Biasanya muncul masalah seperti gatal-gatal, ruam/kemerahan hingga masalah kulit kering. Dalam hal ini, pengobatan pada kulit tidak akan banyak berdampak selama kondisi ginjal belum membaik.

Rasa mual muntah

Sayangnya, mual dan muntah menjadi salah satu indikasi umum terhadap berbagai gangguan kesehatan, misalnya maag. Inilah yang kemudian membuat gangguan ginjal makin sulit dikenali. Rasa mual dan muntah pada gejala penyakit ginjal dikarenakan oleh adanya limbah berlebih dalam darah yang gagal dikeluarkan. Zat sisa tersebut dapat mengganggu pusat refleks muntah pada otak dan direspon oleh sistem pencernaan.

Sulit bernafas

Sulit bernafas juga menjadi ciri lain dari penyakit ginjal karena adanya cairan yang masuk ke paru-paru lewat darah memicu gangguan suplai oksigen. Inilah yang kemudian membuat penderita mengalami kesulitan bernafas.

Sakit pinggang

Batu ginjal yang terjepit di ureter akan menimbulkan rasa nyeri. Gangguan inilah yang kemudian memicu masalah seperti sakit pinggang di bagian kanan maupun kiri. Maka dari itu, sakit pinggang pun juga bisa menjadi peringatan untuk waspada terhadap sakit ginjal yang semakin parah.

Kurangnya kemampuan berkonsentrasi

Pasokan oksigen yang terganggu juga sangat berdampak pada otak yang uga membutuhkan oksigen untuk dapat bekerja secara optimal.  Otak yang kekurangan oksigen akan memicu masalah seperti mengantuk, kurang konsentrasi, pusing, lemahnya daya ingat dan sebagainya.

Itulah ciri-ciri penyakit ginjal yang umum dialami dan perlu mendapat perhatian saat diketahui ada 2 atau 3 gejala yang merujuk pada gangguan ginjal. Dengan begitu, Anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter terkait penanganan yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *