Ciri-Ciri Rusa Kutub

Rusa kutub merupakan sebagai salah satu rusa yang bisa dibilang cukup unik, tentunya bagi kita pada umumnya orang yang tinggal khalayaknya orang biasa tentunya sangat jarang bisa melihat rusa kutub tersebut. Mengenai rusa yang tinggal di kutub ini sendiri juga memiliki ciri tersendiri dan berbeda dengan rusa yang pada umumnya.

Bagaimana ciri dari rusa kutub tersebut?

Bentuk Unik

Rusa ini mempunyai ukuran yang sedang dengan tinggi bah 1,2 m dan Panjang badannya 1,8 m. selain itu mereka juga mempunyai kuku yang lebih besar kalau dibandingkan dengan rusa yang besar (moose), sehingga kalau ada timbunan salju yang dalam biasanya mereka tidak akan terpelosok yang lebih dalam pada salju.

Tangguh

Pada waktu musim panas, rusa kutub tersebut biasanya akan bermigrasi sejauh 200 kilometer atau lebih, dari hutan musim dingin sampai mencapai dataran tinggi.

Warna Kulit Bisa Berubah

Sangat mengagumkan, ternyata warna kulit dari rusa ini bisa berubah seperti halnya bungglon. Akan tetapi dalam hal ini rusa kutub berubah warna tergantung pada habitat yang ada disekitarnya. Pada umumnya, warna dari kulit rusa kutub tersebut yaitu antara coklat dan putih. Pada saat musim panas, biasanya warna kulitnya juga akan dominan memiliki warna coklat, namun biasanya pada bagian leher juga tetap memiliki warna keputih-putihan. Sebaliknya, kalau pada musim dingin, untuk warna putihnya jauh akan lebih banyak meskipun warna coklatnya tidak sepenuhnya hilang.

Berubah Warna Mata

Dalam hal ini yang berubah bukan hanya warna kulitnya saja, akan tetapi rusa kutub tersebut matanya juga bisa berubah. Hal tersebut terjadi karena rusa kutub tersebut beradaptasi dengan tingkat cahaya yang cukup beragam ada pada wilayah kutub. Pada musim panas, biasanya matanya memiliki warna emas atau kuning kehijauan, akan tetapi berwarna biru pada musim dingin.

Sudah Tahukah Ciri-ciri rusa kutub?

Itulah beberapa ciri rusa kutub yang tentunya sangat menarik, namun rusa kutub ini jarang Anda temukan. Hal tersebut dikarenakan rusa kutub ini tinggal di daerah kutub. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda semuanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *