9 Alasan Para Treveller Berkunjung Ke Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi yang terletak di Dieng adalah salah satu kawasan yang masuk dalam penilaian bertajuk Anugerah Pariwisata Indonesia pada tahun 2016. Banyak orang yang menilai jika dataran tinggi ini memiliki keindahan yang memukau dengan ekonomi kreatif yang dapat memakmurkan masyarakat setempat. Tak heran jika banyak sekali pelancong yang datang berkunjung ke tempat ini. Yuk simak alasan para treveller mengunjungi dataran tinggi Dieng.

Dataran Dieng, Dataran Tinggi Terbaik di Indonesia

  1. Wisata Telaga yang Menarik

Banyak treveller yang berkunjung ke tepat ini karena keindahan alam yang dimiliki oleh daerah Dieng. Salah satu wisata Dieng yang paling terkenal adalah Telaga Warna yang dijadikan Landmark. Telaga warna memiliki keunikan yang berbeda dengan telaga lainya. nama telaga warna sendiri diambil karena warna telaga yang berbeda beda.

Menurut legenda warga sekitar, warna yang muncul dari permukaan telaga karena adanya cincin miliki bangsawan yang jatuh ke dalam telaga warna ini. Sementara secara ilmiah, warna yang dihasilkan dari telaga ini karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga. Anda bisa menemukan telaga berwarna warni pada bulan Juli hingga Agustus.

  1. Situs Peninggalan Sejarah yang Beragam

Tak hanya telaga, wisata sejarah juga dapat anda temui ketika berkunjung ke Wisata Dieng. Anda akan menemukan beberapa candi hindu yang tersebar ke beberapa titik dataran tinggi dieng tersebut. Candi tersebut antara lain Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Gatot Kaca dan lain sebagainya. Nama candi ini rata rata berasal dari nama penokohan kisah Mahabarata. Model bangunan yang dimiliki oleh candi ini memiliki ciri khas arca dan relief yang menghiasi Candi Dieng.

stocksnap.io
  1. Si Anak Rambut Gimbal

Negeri yang terletak di atas awan ini memiliki beragam cerita mitos yang berkembang di masyarakat. Hingga kini mitos tersebut masih dipercayai dan melekat pada tradisi anak gimbal. Konon masyarakat percaya jika rambut gimbal yang dimiliki oleh anak adalah titipan dari Kyai Kolo Dete, seorang punggawa pada masa kerajaan Mataram.

Masyarakat Dieng percaya jika jumlah anak yang memiliki rambut gimbal ini berkaitan erat dengan kesejahteraan masyarakat setempat. Semakin banyak anak yang berambut gimbal, maka semakin sejahtera pula masyarakat Dieng. Rambut gimbal ini akan mulai tumbuh dari usia 30 hari hingga 6 tahun. Warga setempat percaya jika rambut gimbal tidak dapat dipotong kecuali sang anak yang meminta sendiri.

  1. 5 Gunung yang Menjadi Panorama du Puncak Prau

Apabila anda suka untuk mendaki gunung, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Gunung Prau. Gunung prau yang terletak di dataran tinggi dieng ini memiliki ketinggian 2590 mdpl. Saat mencapai puncak gunung, anda akan melihat panorama yang sangat menakjubkan dari kelima gunung yang nampak sejajar. Kelima gunung ini adalah Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Lawu.

  1. Adanya Acara Dieng Culture Festival

Setiap tahunya masyarakat Dieng akan mengadakan acara Dieng Culture Festival atau CDF pada bulan Agustus. Banyak wisatawan yang rela datang jauh dari mancanegara untuk menyaksikan pertunjukan seni di acara tersebut. Setiap tahunya warga akan mengadakan acara CDF dengan konsep yang berbeda beda.

Anda akan menemukan beragam rentetan acara mulai dari prosesi ruwatan anak rambut gimbal, pertunjukan seni, Jazz di atas Awan, pelepasan ribuan lampion dan beragam acara lainya. Untuk bisa mendapatkan tiket masuk ke acara tersebut, anda harus mempersiapkan jauh jauh hari sebelum kehabisan. Harga tiket masuk yang ditawarkan ialah berkisar dari 350 ribu rupiah.

stocksnap.io
  1. Ramah Bagi Pendaki Pemula

Gunung Prau di Dieng menjadi salah satu gunung yang paling diminati oleh para pendaki pemula. Tinggi gunung ini sangat pas untuk para pendaki pemula yang belum pernah melakukan pendakian. Kontur tanah dan rute pendakian pun terbilang cukup bersahabat bagi para pendaki pemula. Meskipun begitu, pemandangan yang disuguhkan dari Gunung Prau sangatlah memukau.

  1. Suhu Udara Dibawah 0 Derajat

Dataran tinggi dieng dikelilingi oleh bukit dan gunung yang membuatnya memiliki suhu yang lebih dingin. Kontur yang berbentuk cekungan membuat suhu udara Dieng saat malam akan terasa lebih dingin dibandingkan puuncak di sekelilingya. Angin malam akan mengarah pada bawah pada malam hari sehingga suhu udara akan semakin dingin.

Sementara saat musim kemarau, suhu di Dieng akan mencapai 0 derajat celcius. Saat puncak musim kemarau tiba, setiap pagi anda akan menemukan Kristal es yang menempel di rumput, pohon bahkan tenda tempat camping. Kawasan Dieng adalah satu satunya kawasan yang memiliki suhu udara dibawah 0 derajad Celsius. Sehingga anda harus menyiapkan pakaian hangat saat berkunjung ke Dieng ya!

  1. Warga Lokal yang Ramah

Serunya saat anda berkunjung ke dataran tinggi Dieng adalah masyarakat yang ramah dengan para wisatawan yang berkunjung. Kawasan ini yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Kendal, Batang ini masih masuk dalam kawasan Temanggung. Saat anda berkunjung ke tempat ini tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan berkunjung ke wisata wisata unik yang ada.

Masyarakat Dieng ini akan menyapa semua wisatawan yang datang berkunjung untuk mengunjungi acara cara tertentu yang akan diselenggarakan oleh masayrakat setempat. Warga dieng akan membuat acara yang besar setiap tahunya untuk melakukan pergelaran budaya untuk menambah dalam segi sektor ekonomi.

stocksnap.io
  1. Ada Buah Carica dan Purwaceng

Yang menjadi ciri khas dari daerah Dieng adalah Purwaceng yang memiliki bentuk hampir mirip dengan gingseng. Purwaceng ini hanya tumbuh di daerah dieng saja lho. Rasa dri tumbuhan ini sedikit pedas dan hangat di tubuh. Selain purwaceng ada juga tumbuhan Carica yang bentuknya mirip dengan papaya. Bedanya cacira memiliki ukuran yang lebih kecil. Masyarakat Dataran tinggi Dieng mengolahnya menjadi manisan atau minuman kemasan untuk dijadikan oleh oleh.

Nah itulah beberapa alasan mengapa para treveller berkunjung ke Wisata Dieng. Anda bisa berkunjung pada bulan Juni hingga Agustus untuk bisa melihat pemandangan telaga warna yang keren. Gunakan jasa Bandar Wisata untuk berkunjung ke daerah Dieng dengan harga yang relative terjangkau. Kunjungi website resminya di bandarwisata.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *