Jenis Desain Pintu Kamar Tidur Terbaik

Pintu menjadi bagian yang sangat penting dalam komponen sebuah rumah, karena pintu merupakan gerbang untuk membuka suatu ruangan. Karena hampir setiap ruangan pasti terpasang pintu agar rumah terlihat lebih rapih dan privasi masing-masing ruangan tetap terjaga dengan baik.

Tanpa adanya pintu maka seluruh ruangan anda akan mudah terlihat apalagi jika ada tamu sedang berkunjung, tak etis rasanya jika setiap ruangan di rumah anda terlihat bagian-bagian dalamnya karena tidak adanya pintu di setiap ruangan di dalam rumah anda. untuk itu anda harus memasang pintu di setiap ruangan, misalnya di ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur dan kamar serta ruangan lainnya.

Dari semua ruangan tersebut, kamar menjadi salah satu ruangan yang wajib terpasang pintu karena kamar merupakan area privat dan jika tidak terpasang pintu maka penghuninya pasti akan merasa tidak nyaman.

Apalagi jika kamar sedang dalam kondisi berantakan, selain itu pintu kamar juga bermacam-macam jenisnya misalnya saja pintu kamar untuk Kamar Set Minimalis, kemudian ada pula pintu kamar untuk set kamar tradisional, modern dan lainnya. desain dari pintu kamar pun bermacam-macam, bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda dan pastinya menyesuaikan konsep kamar yang anda miliki tentunya. untuk itu, berikut beberapa macam contoh desain pintu kamar yang bisa anda terapkan di kamar anda.

Desain pintu engsel

Pixabay.com

Desain kamar pintu engsel merupakan model pintu yang paling umum di gunakan di manapun, karena modelnya yang simpel dan tidak memakan tempat. Selain itu anda juga bisa menentukan ukuran pintu kamar sesuai dengan yang anda inginkan, kemudian anda juga bisa membeli pintu kamar dan engsel secara terpisah atau membeli pintu kamar dan engsel yang sudah satu paketĀ  dan tinggal instalasi saja di kamar anda.

Jika anda membelinya secara terpisah maka anda akan lebih leluasa memilih berbagai jenis daun pintu sesuai selera anda, untuk engselnya pun anda bisa lebih leluasa untuk memilih apakah akan menggunakan engsel dengan bahan yang berkualitas atau yang biasa saja semuanya tersedia tinggal sesuaikan saja dengan budget dan selera anda.

Desain pintu geser

Selanjutnya ada desain pintu yang unik dan terinspirasi dari pintu tradisional di jepang yakni pintu geser. Di jepang, pintu geser masih banyak di gunakan di rumah-rumah warga meskipun sudah mengadaptasi bangunan dengan bergaya modern namun untuk pintunya masih banyak yang menggunakan model pintu geser.

Anda juga bisa mencontoh desain pintu geser ini di kamar anda agar lebih terkesan unik, tradisional dan berbeda dari biasanya. Pintu kamar model geser ini juga sangat cocok untuk di terapkan di rumah dengan type minimalis, karena model pintu geser ini tidak memakan tempat. Cukup menggesernya saja ke kanan maupun ke kiri jika anda ingin membuka atau menutupnya.

Desain pintu lipat

Umumnya pintu lipat di gunakan untuk garasi, ruangan laundry atau dapur dan area lainnya yang tidak terlalu terlihat oleh orang lain atau tamu ketika berkunjung ke rumah. namun tidak ada salahnya jika anda ingin menggunakan pintu geser ini untuk di terapkan di kamar anda.

Justru dengan begitu, kamar anda akan terlihat lebih unik dan berbeda dari yang lainnya. gunakan pintu lipat yang tidak terlalu banyak lipatan karena justru jika terlalu banyak lipatan akan merepotkan anda. selain itu pastikan cat pintu lipat sesuai dengan warna yang serasi dengan tembok ruangan anda agar lebih serasi.

Desain pintu ganda

Jika anda menginginkan desain pintu kamar yang elegan nan terkesan mewah maka anda bisa menggunakan pitu kamar dengan model pintu ganda pada kamar anda. pilihah pintu ganda yang besar agar menimbulkan kesan yang dramatis dan elegan kemudian pintu ganda ini juga cocok untuk di gunakan pada kamar yang memiliki view bagus di luar kamarnya. Sehingga jika anda membuka pintu kamar maka akan terlihat pemandangan yang indah dari dalam kamar tanpa terhalang oleh pintu.

Desain pintu dutch

Pixabay.com

Ada juga model pintu yang cukup unik dan bisa di jadikan sebagai jendela sekaligus yakni model pintu dutch. Model pintu ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian bawah dan bagian atas. Sehingga pintu terpotong di bagian tengahnya. Dengan begitu anda bisa membukanya sebagian saja misalnya bagian bawahnya saja atau atasnya saja tergantung sesuai dengan kebutuhan. Pintu model ini sangat cocok untuka anda yang tidak ingin ribet dan bisa membuka dan menutup pintu dari satu sisi saja, entah itu sisi bawah maupun sisi atasnya.

Demikianlah beberapa referensi desain pintu untuk berbagai jenis konsep kamar yang bisa anda terapkan, karena model pintu kamar di atas sangat cocok untuk di terapkan pada rumah atau kamar dengan konseop apapun. Namun pastikan ketika anda memutuskan untuk memilih memasang pintu kamar anda maka pilihlah pintu kamar yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan anda. selain itu cocokan juga dengan konsep rumah anda karena tidak semua pintu di atas cocok untuk semua jenis rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *