Dimana Tempat berakhirnya Aliran sungai di laut?

Apakah kalian sedang bertanya dimana tempat berakhirnya aliran sungai di laut? Untuk menemukan jawabannya silahkan simak penjelasan dari kami berikut ini.

Sungai memiliki sumber air yang bermacam macam hingga hutan-hutan yang menyatu hingga membentuk sungai. Muara atau hilir sendiri juga mempertemukan antara sungai dengan bentuka seperti danau, waduk bahkan ketika air Yang disebut juga dengan muara sungai.

Dimana Tempat berakhirnya Aliran sungai di laut?

Jadi tempat berakhirnya sungai di laut jawabannya ialah muara atau hilir jadi sekarang sudah jelas kan semuanya.

Muara sungai / Muara adalah wilayah badan air tempat masuknya satu atau lebih sungai ke laut samudera , danau dan bendungan. Muara sungai sungai besar dapat membentuk estuaria juga delta. Tergantung pada kondisi lingkungan, muara bisa memiliki banyak keanekaragaman hayati.

Jenis Perairan

Lalu ada berapa jenis dari perairan?

Kita sendiri dapat membedakan 3 jenis perairan yaitu :

  • Air manis di sungai
  • Air asia di laut
  • Campuran di daerah muara sungai

Fungsi

Muara juga Memiliki peranan yang penting karena memiliki nutrisi yang tinggi dan menjadi penghubung laut dan sungai.

Banyak juga hewan laut yang berimigrasi seperti ikan salmon menggunakan muara yang dilewati. Muara sungai berfungsi sebagai pengeluaran atau pembuangan debit sungai ke laut juga bagian paling hilir yang bertemu dengan laut.

Di Indonesia sendiri muara juga banyak dimanfaatkan untuk pemukiman. Kita bisa lihat pemukiman yang berada di muara seperti di muara kali Angke di Teluk Jakarta, muara batang bungo di Batang hari, Jambi dan masih banyak lainya, terutama banyak ditemukan di daerah Kalimantan. Sedangkan di Negara tetangga bisa kita temukan pemukiman di Kuala Lumpur dan Kuala Terengganu.

Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia yang baik marillah kita sama sama menjaga sungai sungai di daerah kita supaya tidak keruh , tidak kotor dan menjaga kebersihan sungai juga melestarikannya.

Begitulah penjelasan tentang berakhirnya aliran sungai di laut semoga bisa diterima dengan baik dan dimengerti dan bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *