Fadhilah Surat Al Kahfi Dan Keutamaan Membacanya

Bagi kaum muslim membaca surah-surah yang ada dalam Al Qur’an adalah suatu kewajiban. Membaca surah tersebut akan memberikan banyak pahala bagi para pembacanya. Tak hanya membaca surah-surah dalam Al Qur’an saja tetapi terdapat beberapa surah yang memiliki keistimewaan sehingga sangat diwajibkan untuk dibaca. Beberapa surah itu dapat secara mudah setiap hari untuk mendapatkan keistimewaannya. Fadhilah surat Al Kahfi ini bisa dimiliki dan di dapatkan ketika para pembaca memahami bacaan surat Al Kahfi secara mendetail dan menafsirkan artinya secara tepat. Terdapat beberapa keutamaan  membaca surah Al Kahfi bagi kehidupan sehari-hari umat muslim.

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

Berikut keutamaan membaca surah Al Kahfi setiap hari:

pixabay.com
  1. Menghindarkan dari fitnah Dajjal

Salah satu keutamaan dari surah Al Kahfi adakah menghindarkan diri dari fitnah Dajjal. Hal ini cukup sering terjadi karena perkembangan zaman sekarang ini banyak terjadi fitnah yang nantinya akan menjerumuskan banyak umat muslim ke dalam hal yang buruk. Dengan membaca surah Al Kahfi secara rutin setiap hari maka akan dihindarkan dari hal-hal buruk yang bisa terjadi.  Beberapa tokoh penting pernah bersabda bahwa keutamaan membaca surah Al Kahfi dapat menghindarkan orang-orang muslim dari fitnah Dajjal yang sangat kejam. Fitnah Dajjal dapat membawa orang-orang ke neraka jahanam yang sangat kejam. Orang-orang yang terbiasa membaca surah ini akan mendapatkan perlindungan dari malaikat dari godaan-godaan jin dan setan yang ingin menjerumuskan mereka ke hal-hal maksiat dan hal-hal menyesatkan lainnya.

  1. Mendapatkan ridho Allah

Hal lain sebagai salah satu keutamaan orang muslim membaca surah Al Kahfi adalah mendapatkan keridhoan dari allah. Allah akan selalu bersama dengan orang-orang menjalankan perintahnya. Membaca surah Al Kahfi setiap hari akan mendapatkan ridho Allah karena Allah akan menurunkan malaikatnya untuk menjaga orang-orang yang setia bertaqwa dan mengamalkan setiap perintahnya. Seorang muslim yang terbiasa membaca surah Al Kahfi akan selalu berada dalam cahaya lindungan Allah dan di jauhkan dari hal-hal yang akan merugikan diri sendiri. Membaca surah Al Kahfi setiap hari membuat ridho Allah akan selalu mengalir pada muslim tersebut.

pixabay.com
  1. Diampuni dosanya

Hal lain yang menjadi keutamaan atau Fadhilah surat Al Kahfi adalah para pembaca surah ini akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah. Allah menjanjikan bagi siapa saja yang telah membaca dan mengamalkan surah ini akan mendapatkan pengampunan dosa. Pengampunan dosa ini akan membuat banyak pahala masuk dan menjadikan diri lebih baik lagi. Seorang muslim yang membaca surah Al Kahfi setiap hari akan mendapatkan keutamaan ini. Keutamaan ini yang bisa di dapat oleh setiap orang yang membaca surah ini setiap hari.

  1. Dijaga dari jin dan setan

Hal utama yang menjadi salah satu musuh manusia adalah jin atau setan. Jin atau setan ini sering kali menggoda manusia untuk melakukan berbagai kegiatan yang nantinya akan menjerumuskan. Jin dan setan ini lah yang paling sering menyebabkan manusia terjerumus dalam siksa neraka. Karena hal ini sering lah sangat penting untuk membaca surah Al Kahfi setiap hari. Membaca surah Al Kahfi setiap hari akan membuat manusia di jaga dari jin dan setan. Jin dan setan akan dijauhkan dari manusia agar manusia terhindar dari siksa neraka.

  1. Disinari cahaya kebaikan

Hal terakhir dari keistimewaan dan keutamaan membaca surah Al Kahfi adalah akan di Sinari oleh cahaya kebaikan dari Allah. Cahaya kebaikan ini lah yang akan menuntun setiap muslim untuk ke jalan kebaikan. Cahaya ini nantinya akan membimbing setiap muslim untuk menentukan jalan yang akan mereka pilih nanti. Dengan cahaya ini setiap muslim akan dibimbing ke jalan kebenaran.

pixabay.com

Waktu Terbaik Membaca Surat Al Kahfi

Selain keutamaan atau Fadhilah surat Al Kahfi terdapat pula waktu-waktu terbaik yang bisa dilakukan oleh umat muslim untuk membaca surah Al Kahfi. Terdapat beberapa waktu terbaik yang dapat digunakan oleh para umat muslim untuk membaca surah Al Kahfi tersebut. Surah Al Kahfi adalah surah yang memiliki keutamaan dan keistimewaan. Waktu terbaik untuk membaca surah Al Kahfi adalah hari jumat. Banyak yang menggunakan acuan hari ini untuk waktu membaca surah Al Kahfi, pada kenyataannya surah-surah ini tidak hanya dibaca pada hari Jumat saja akan tetapi surah ini dapat dibaca setiap hari. Membaca surah Al Kahfi tak hanya sebatas hari Jumat saja sebab semua hal yang dilakukan setiap hari pasti akan memberikan banyak pahala serta keutamaan bagi para pembacanya.

Tidak ada waktu khusus untuk membaca surah Al Kahfi ini. Banyak hadis yang menyebutkan waktu terbaik untuk membaca surah ini adalah hari Jumat akan tetapi tidak disebutkan secara spesifik waktu yang dapat dipakai untuk membaca surah ini. Surah ini dapat dibaca pada Jumat malam atau sepanjang hari di hari Jumat. Surah ini juga dapat dibaca bersamaan dengan banyak doa-doa lain. Jumat adalah hari yang istimewa. Hari Jumat adalah hari yang membawa berkah karena hal ini sangat tepat untuk membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat malam ataupun sepanjang hari Jumat tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *