Firefox Browser

Berdasarkan beberapa penelitian, Indonesia masuk dalam 10 besar pengkonsumsi terbesar smartphone di dunia. Anda sekitar 73 juta lebih pengguna smartphone di Indonesia dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 260 juta jiwa. Tidak tahu harus merasa bangga atau tidak, yang jelas perangkat mobile jelas sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian masyarakat.

Di Indonesia, perangkat telepon pintar ini bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga kerap digunakan untuk mengakses internet. Hal yang paling utama dari penggunaan internet ini adalah untuk berselancar mencari informasi menggunakan web browser. Atas beberapa data inilah, Mozilla merilis peramban Android yang didesain khusus untuk orang Indonesia melalui Firefox browser.

Firefox browser khusus Indonesia yang diberi nama Firefox Rocket ini memang sengaja didesain khusus untuk masyarakat Indonesia. Peramban ini diklaim mampu menelusuri laman web dengan cepat, meski dalam koneksi yang tengan lelet sekalipun. Tentunya dengan dibantu oleh beberapa fitur-fitur khusus yang dimilikinya, seperti Turbo Mode yang mampu melakukan blokir iklan guna penympanan data.

Namun, perlu Anda ketahui, jauh sebelum kemunculan Firefox khusus Indonesia ini, Web Browser Firefox memang telah memiliki sejumlah fitur yang sangat memanjakan para penggunanya. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai sejumlah fitur Mozilla Firefox yang sangat digandrungi pada masanya. Simak ragam fitur Mozilla Firefox pada informasi yang berikut ini.

pxhere.com

Ragam Fitur pada Mozilla Firefox Browser

  1. Private Window

Saat Anda melakukan jelajah web, Firefox tentu akan menyimpan banyak informasi, seperti situs yang dikunjungi, file yang diunduh (jika ada), nama pengguna, dan lain sebagainya. Ada kalanya, Anda tidak ingin pengguna lain mengetahui informasi tersebut tentunya. Misalnya, setelah membuka situs apkpure.co.id, Anda tidak ingin jejak Anda diketahui oleh siapa pun.

Nah, dengan fitur Private Window, Anda bisa melakukan browsing tanpa menyimpan berbagai informasi-informasi tersebut. Namun, tentu perlu ditekankan, bahwa penjelajahan pribadi tidak akan bisa membuat nama Anda menjadi anonim di internet. Situs itu tentu masih bisa mengetahui halaman mana yang Anda telah kunjungi.

  1. Firefox Sync

Jangan salah, bukan hanya Google yang memiliki fitur sinkronisasi pada web browser-nya, Mozilla juga punya lho. Saat Anda mengaktifkan fitur Sync pada peramban web Firefox, semua data milik Anda berikut dengan preferensinya, seperti bookmark, password, dan lain-lain, semua akan disimpan dengan aman di server Mozilla.

Kemudian, jika ingin mengaksesnya kembali, Anda dapat menghubungkan perangkat lainnya dan secara otomatis itu semua akan disinkronisasi oleh sistem. Dengan adanya sinkroniasasi seperti ini, maka untuk mengakses kembali semua informasi yang Anda miliki bisa didapat dengan mudah, di mana pun Anda berada.

  1. Add-ons

Mozilla Firefox web browser memungkinkan para penggunanya untuk melakukan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen. Daftar add-ons pun sudah dipersiapkan oleh Firefox sendiri. Setelah melakukan pemasangan, Anda sebagai pengguna bisa langsung menikmati keunggulan fitur ini.

Salah satu fitur add-ons yang diunggulkan pada Firefox adalah Web of Trust (WOT). Add-ons ini berfungsi untuk memblokir akses ke website yang dianggap tidak memenuhi kriteria kepercayaan, bisa melakukan pembajakan, hingga mengancam keselamatan anak-anak. Masing-masing kriteria memiliki tingkatan sendiri-sendiri yang ditandai oleh warna-warna.

pxhere.com
  1. Bookmark Toolbar

Bisa dikatakan, mungkin fitur ini yang cukup digemari oleh sebagian besar pengguna dibandingkan dengan fitur lainnya. Dengan fitur bookmark toolbar inilah, Anda bisa mengetahui hal-hal terbaru dari sebuah web, tanpa perlu repot-repot dan usaha untuk membuka website tersebut tentang apa yang terjadi. Syaratnya, website harus sudha mendukung RSS reader yang bisa diketahui dengan ikon RSS.

  1. Search Bar

Dengan fitur ini, para pengguna bisa mencari secara cepat apa yang dibutuhkannya dan dari mesin pencarian mana. Contohnya, ketika Anda mengatur search bar pada mesin pencarian Google, maka ketika pengguna menuliskan suatu keyword, pada search bar tersebut yang muncul adalah hasil dari pencarian Google. Begitu juga jika Anda mengatur ke mesin pencarian lainnya.

  1. Home Page

Fitur Home Page memungkinkan Anda untuk mengatur halaman web yang diinginkan menjadi halaman awal atau di beranda. Dengan cara ini, halaman yang Anda perlukan bisa dapat dengan cepat ditemukan. Bahkan bukan hanya mampu meletakan satu halaman web saja, melainkan juga mampu menyetel sekelompok situs menjadi halaman awal atau berada di beranda.

Fitur yang telah disebutkan di atas mungkin bagi sebagian orang biasa saja, karena terdapat juga di web browser lainnya. Namun, tentu saja keistimewaannya ada pada pengalaman berselancar menggunakan Mozilla Firefox. Untuk informasi lainnya seputar web browser, Anda bisa cek apkpure.co.id. Situs ini bahkan sudah memiliki versi Androidnya yang bisa dipasang di smartphone milik Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *