Fungsi Paru-paru

Paru-paru merupakan salah satu organ yang berperan sangat penting dalam tubuh. Organ ini memiliki fungsi yang sangat vital bagi metabolisme tubuh. Fungsi utama dari organ ini adalah untuk bernafas, proses bernafas merupakan proses mengolah udara yang mengandung oksigen untuk dimasukkan serta diedarkan ke dalam tubuh untuk selanjutnya dilakukan pertukaran dengan gas karbon dioksida yang merupakan zat sisa untuk dikeluarkan ke luar tubuh. Namun ternyata paru-paru memiliki fungsi lain disamping fungsi utamanya sebagai organ pernafasan. Beberapa fungsi tersebut yaitu

  • Melindungi jantung

Paru-paru memiliki letak yang dekat dengan jantung, secara anatomi ukuran dari paru-paru jauh lebih besar sebaiknya itu tekstur dari paru paru juga lebih empuk. Hal ini bisa menjadikan paru paru sebagai bantahan yang baik bagi si jantung. Apabila terjadi benturan maka jantung tetap terjaga dengan aman karena telah dilindungi dengan baik oleh paru paru.

  • Mengatur keseimbangan pH

Dari sudut pandang kimia, ternyata paru-paru memiliki peran untuk mengatur keseimbangan dari pH atau tingkat keasaman. Apabila dalam tubuh terdapat banyak gas karbon dioksida maka tubuh menjadi asam. Tugas dari paru paru adalah dengan mendeteksi tubuh apabila ditemukan keasaman yang terlalu tinggi. Maka paru paru selanjutnya akan merespon untuk meningkatkan ritme pernafasan sehingga gas karbon dioksida bisa dengan cepat dibuang dari dalam tubuh.

  • Sebagai penyaring

Paru-paru juga memiliki peran sebagai penyaring. Paru-paru bisa menyaring gumpalan darah kecil dan juga gelembung udara agar tidak terjadi peristiwa emboli. Peristiwa emboli merupakan peristiwa penyumbatan aliran darah sehingga penyebaran oksigen ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

  • Sebagai tempat penampung darah

Sebagai organ pernafasan, paru-paru juga memiliki peranan dalam sistem peredaran darah yaitu sebagai penampung darah dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Terutama pada saat melakukan aktivitas yang berat layaknya olahraga.

  • Melindungi tubuh dari infeksi

Di dalam paru-paru terdapat membran yang mampu mengeluarkan imunoglobulin A. Imunoglobulin inilah yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh dan mampu melindungi organ paru-paru dari berbagai infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *