Cara Mengisi Token Listrik Bagi Pemula

Listrik memang selalu menjadi salah satu kebutuhan yang amat penting bagi manusia. Jika listrik habis tentu Anda akan kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari karena hampir semua hal kini ditunjang dengan menggunakan listrik.  Kehabisan listrik sendiri umum terjadi jika Anda menggunakan sistem listrik prabayar. Kadang kehabisan listrik prabayar terjadi karena Anda tidak memantau sisa listrik Anda.

Untuk mencegah supaya Anda tidak kehabisan listrik Anda bisa melakukan pengisian dengan sangat mudah.  Berikut adalah cara untuk mengisi token listrik dengan sangat mudah.

Cara Mengisi Token Listrik PLN

  • Anda Harus Membeli Token Listrik

Sebelum mengisi token tentu Anda harus membeli token sesuai kebutuhan listrik Anda.  Kemudahan listrik prabayar ini adalah Anda bisa membeli listrik dengan harga sesuai dengan yang Anda inginkan.

  • Masukkan Kode Voucher

Setelah membeli sejumlah token sesuai dengan kebutuhan Anda, nantinya Anda akan mendapatkan voucher berupa kode unik dengan kombinasi 20 angka.  Angka tersebutlah yang harus Anda masukan ke meteran listrik. Ketikan 20 angka yang Anda peroleh ke meteran listrik Anda jika sudah Anda bisa menekan tombol enter.

  • Periksa Kode Voucher

Anda harus memastikan kode voucher yang telah Anda masukan tadi sudah benar,  jangan sampai ada 1 angka yang salah.  Jika ternyata kode voucher yang Anda masukan salah Anda tak perlu khawatir Anda masih bisa memperbaikinya dengan cara menggunakan tombol backspace untuk menghapus kode yang salah dan masukan kembali angka yang benar.

  • Langkah selanjutnya jika Anda sudah memasukan kode voucher dengan benar, Anda nantinya akan diminta untuk melakukan konfirmasi dari kode tadi. Anda akan melihat  status berupa tulisan “accept” pada layar monitor meteran Anda. Jika semua langkah tersebut sudah Anda lakukan dan tidak ada kesalahan pada kode voucher maka secara otomatis saldo listrik Anda akan bertambah sesuai dengan saldo yang Anda beli.
  • Ulangi Jika Salah

Jika ternyata status pada layar meteran Anda buka berstatus “accept” melainkan “reject” artinya kode voucher yang Anda masukan keliru atau ada beberapa angka yang salah.  Anda tak perlu khawatir Anda masih bisa mengatasinya dengan mengulang langkah demi langkah yang telah Anda lakukan sebelumnya pastikan kali ini Anda mengisinya dengan benar ya supaya Anda tidak perlu mengulang kembali. Untuk mengisi token listrik dengan cara yang lebih mudah Anda bisa membeli voucher listrik prabayar di Metro Voucher

pxhere.com

Cara Mengisi Voucher Lewat OVO

Dengan semakin majunya teknologi, kini Anda bahkan bisa mengisi token listrik tanpa perlu jauh-jauh pergi ke tempat pengisian token listrik.  Kini, banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengisi token listrik dengan lebih mudah salah satunya dengan menggunakan OVO.  Penasaran bagaimana caranya?  Berikut ulasannya.

  1. Langkah pertama, tentu Anda harus membuka aplikasi ovo Anda terlebih dahulu. Pertama kalian dapat buka Aplikasi OVO terlebih dahulu di smartphone kalian.
  2. Jika sudah membuka aplikasi ovo Anda, Anda dapat memilih pln yang ada di halaman utama lalu klik.
  3. Jika sudah Anda kini dapat memasukan nomor dari meter listrik Anda. Pastikan memasukan nomor dengan benar.
  4. Jika sudah memasukan nomor dari meteran listrik prabayar Anda selanjutnya Anda bisa memasukan nominal top up dengan jumlah yang Anda inginkan atau sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Jika Anda masih bingung, berikut adalah contoh untukemudahkan Anda.  Jika Anda hendak mengisi token listrik sejumlah Rp 50.000, Maka nantinya Anda akan melihat rincian berupa total biaya yang harus Anda bayarkan. Mengisi token dengan ovo umumnya dikenakan biaya administrasi sekitar Rp 2000. Jika Anda setuju dengan nominal yang harus dibayarkan Anda bisa  klik Berikutnya.
  6. Sebelum pembayaran dilanjutkan, Anda harus mengkonfirmasi pembayaran terlebih dahulu. Konfirmasi ini bertujuan supaya Anda memeriksa kembali rincian dari top up Anda. Jika sudah benar,  maka Anda dapat menekan tombol konfirmasi.
  7. Jika semua langkah diatas telah Anda lakukan, maka Anda nantinya akan memperoleh pemberitahuan bahwa transaksi untuk pengisian token Anda telah berhasil.
pxhere.com

Cara mengisi token listrik lewat alfamart

Jika Anda tidak memiliki aplikasi untuk membayar token listrik, Anda bisa membelinya lewat alfamart lo. berikut adalah cara mengisi token listrik dari alfamart.

  1. Kunjungi alfamart terdekat untuk mengisi token listrik prabayar.
  2. Anda bisa menunjukan nomor ID pelanggan serta nomor meter listrik prabayar Anda ke kasir alfamart.
  3. Sebutkan sejumlah nominal pulsa token yang ingin Anda beli. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
  4. Jika sudah, Anda bisa membayar sejumlah uang yang sesuai dengan nominal pulsa token yang Anda beli ditambah dengan biaya andmintrasinya. Biasanya biaya administrasi untuk pembelian di alfamart dikenakan Rp. 2000
  5. Anda bisa menunggu sampai proses pembelian selesai
  6. Jika sudah selesai, Kasir akan memberikan kombinasi 20 angka pada struk pembelian Anda. Kode unik tersebutlah yang nantinya harus Anda masukan ke meteran Anda.
  7. Jika sudah di rumah,  Anda bisa memasukan kombinasi angka yang Anda peroleh ke meteran.  Jika tidak ada kombinasi yang salah,  maka pulsa Anda sudah bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *