Pelapor Kursus Teknik HMTC

Kendaraan menjadi salah satu hal penting mengingat saat ini transportasi seperti menjadi kebutuhan sehari-hari. Bagi para pengguna memang sudah tidak dipungkiri lagi betapa banyaknya terutama di Indonesia. Namun untuk orang yang mahir dalam bidang mekanik masih sangat sedikit seperti teknik mesin, elekto atau kelistrikan.

Sebab, perlu pembelajaran khusus terutama teknik dasar mekanik. Di Daerah Istimewa Yoyakarta dan dua daerah lain seperti Jakarta dan Depok berdiri sekolah khusus dalam bidang mekanik yang bernama HMTC. Mungkin oleh sebagian orang awam sebagai sesuatu yang asing.

Namun bagi Anda yang menggeluti dunia teknik kendaraan khususnya, sudah tidak asing lagi. HMTC merupakan lembaga kursus sekaligus pelapor khusus mekanik yang menghadirkan pola belajar yang lebih mendalam. Dimana setiap satu siswa dibekali 1 sepeda motor disertai dengan satu instruktur.

Selain itu juga dilengkapi dengan fasilatas-fasilitas praktek sepeda motor terbaru yang hadir dipasaran.Para siswa juga akan mendapatkan fasilitas tempat tinggal atau mess yang tersedia secara gratis. Kemudian tersedia juga meja praktek kelistrikan yang akan sangat penting untuk digunakan.

Sekapur Sirih HMTC

ilustrasi (photo: pixabay.com)

HMTC atau Hartomo Cipta Mekanik tercatat sebagai lembaga kursus sepeda motor terbaik dan terbesar yang ada di Indonesia. Bahkan pernah mendapatkan pengakuan dari IBOR (Indonesian Book of Record) dan juga oleh MURI. Dengan begitu memang kualitas dan tingkat profesionalnya sudah tidak diragukan lagi.

ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh HMTC, dari sekian banyak, berikut beberapa keunggulan yang didapat dari HMTC, diantarannya yaitu:

  1. Setiap siswa mendapatkan pelatihan langsung untuk bongkar pasang dengan model pembelajaran 1 siswa, 1 sepeda motor dan juga 1 instruktur.
  2. Mempaktikan secara langsung serta intesif dalam mengenali berbagai kerusakan, mengenal komponen motor dan cara mengetasi permasalahan.
  3. Dapat dengan leluasa untuk memilih waktu belajar sendiri.
  4. Jika menginginkan untuk belajar secara tambahan dan sampai benar-benar bisa, maka tidak dikenakan biaya. Terkecuali memang melakukan modifikasi.
  5. HMTC ini merupakan satu-satunya lembaga kursusu yang mendapat dukungan langsung oleh ATPM Bulid Up dari ATPM MODENAS.
  6. Adanya beasiswa dari Bank Ekspor Indonesia, yang setiap tahun membaerikan beasiswa sebesar Rp 180.000.000,-

Itulah beberapa keunggulan dan masih banyak keunggulan yang lainnya. Anda bisa mengecek langsung ke web resmi milik HMTC. Pada HTMC Jogja yang terletak di Jalan Sisingamangaraja No. 27 Karangkajen Jogja ini sering mengikuti even balapan baik yang bersifat lokal maupun nasional.

Biaya Kursus di HMTC

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Untuk biaya kursus HMTC di Jogja terdiri atas tiga paket utama diantaranya yaitu:

  • Paket mesin balap sebesar Rp 9.100.000,-
  • Paket standar 16 mesin sepeda motor Rp 4.500.000,-
  • Paet komplit standar dan balap sebesar Rp 10.700.000,-

Itulah beberapa paket yang tersedia di HMTC Jogja dengan jenis motor yang di pelajari dari berbagai brand seperti Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki dan Bajaj. Dengan begitu, Anda bisa mempelajari keseluruhan jeis motor. Sebab setiap motor memiliki rancangan dan komponen yang memiliki perbedaan.

Sedangkan secara pusat, biaya untuk mengikuti kursus HMTC ini terdiri atas lima paket yaitu paket 1, 2, 3, 4,  dan 5. Besarnya biaya paket ditentukan berdasarkan fasilitas yang akan didapatkan. Mengingat satu anak memegang satu motor setiap praktiknya.

  1. Paket 1 ditarik biaya sebesar Rp 7.500.000,- dengan fasilitas 20 sepeda motor.
  2. Paket 2 sebesar Rp 10.000.000,- dengan fasilitas praktek semua jenis motor.
  3. Paket 3 modifikasi dengan biaya Rp 15.000.000,-
  4. Untuk paket yang ke 4 dengan biaya Rp 16.000.000,- untuk 20 sepeda motor dan paket modifikasi plus.
  5. Paket 5 dengan biaya Rp 17.000.000,- biasa melaksanakan praktek dengan semua jenis motor dan paket modifikasi plus.

Semua wilayah termasuk HMTC Jogja sudah terhubung dengan jaringan Sepeda Motor di Indonesia. Sampai saat ini, HMTC telah meluluskan para mekanik yang sudah dibelkali ilmu secara mumpuni dan profesional. Dan kebanyak dari mereka membuka usaha perbengkelan motor sendiri.

Namun di Jogja juga bekerjasama dengan bengkel-bengkel khusus yang nantinya bisa disalurkan. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir untuk masalah pekerjaannya nanti. Sebab HMTC merupakan lembaga terpercaya dan terdepan dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya.

Semakin berkembangnya dunia otomotif semakin bertambah pula jumlah kendaraan khususnya bermotor di Indonesia ini. Salah satu faktornya adalah, masyarakat bebas mengkredit motor tanpa adanya uang muka sekalipun. Selain itu, dengan menggunakan sepeda motor jauh lebih cepat dan ketika macet tidak terlalu lama.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti perluasan pengetahuan tentang motor, jumlah tenaga mekanik yang handal, adanya standarisasi motor dengan cara spesifikasi, persaingan bisnis secara global dan melakukan kerjasama dengan pihak terkait.

Sehubungan dengan itu, maka HMTC Jogja dan wilayah cabang lain siap untuk melakukan berbagai hal demi menghadapi berbagai pertimbangan yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *