4 Alasan Mengapa Ikan Arwana Silver Menjadi Pilihan

Ikan Arwana menjadi ikan yang banyak digemari oleh apra pecinta ikan hias, oleh karena itu budidaya ikan Arwana pun semakin meningkat. Budi daya Arwana jenis Silver  pun dinilai cukup menjanjikan, hal ini karena induk Arwana jenis Silver dapat menghasilkan hingga 100 ekor anak. Hasil jual ikan Arwana ini pun cukup tinggi dengan harga hingga Rp 40 juta ribu per ekornya. Lantas apa yang membuat ikan Arwana Silver ini banyak diminati ? Simak ulasannya berikut ini.

Arwana Silver yang Mempesona

  1. Dapat Tumbuh Hingga 4 Kaki

Seperti ikan Arwana pada umumnya, ciri yang paling menonjol dan menjadi pembeda dengan ikan jenis lainnya adalah pada sungutnya. Ikan Arwana termasuk ikan primitif dan prasejarah, oleh karena itu bentuknya pun terliht seperti ikan yang keras dan memiliki pola seperti batu. Keunikan inilah yang membuat ikan Arwana menjadi pilihan para penggemar ikan hias.

unsplash.com

Ikan Arwana Silver, memiliki pesona yang tidak kalah cantiknya daripada ikan yang lain. Arwana yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki penampilan lebih meruncing dan memanjang jika dibandingkan dengan Arwana Asia. Bahkan jenis Silver ini memiliki sirip yang jauh lebih panjang, sirip ikan Arwana jenis Silver berdekatang dengan sirip ekor.

Ikan Arwana jenis Silver merupakan jenis ikan yang sangat besar, umumnya dapat mencapai 20 hingga 36 inci. Bahkan di habitat aslinya, ikan Arwana jenis Silver dapat tumbuh lebih dari itu. Melalui penelitian yang telah dilakukan, mereka menemukan bahawa Arwana jenis Silver dapat tumbuh hingga 4 kaki panjangnya. Menakjubkan bukan ?

Memiliki warna Silver, membuat beberapa pecinta ikan hias akan beranggapan bahwa ikan ini kurang menarik karena hanya memiliki satu warna yaitu warna Silver. Padahal ikan Arwana jenis Silver memiliki banyak variasi, bahkan warna Silver yang dimiliki ikan Arwana ini memberikan kesan unik, elegan, dan mewah bagi siapa saja yang melihatnya. Varian ikan Arwana Silver mulai dari warna keperakan, abu-abu terang, atau putih yang mencolok, warna yang dimiliki oleh ikan tersebut akan terlihat metalik dengan kemilaunya.

  1. Arwana Jenis Silver Mudah Untuk Dijinakkan

Ikan Arwana jenis Silver termasuk golongan ikan pemakan apapun yang muat di mulutnya, oleh karena itu ketika anda hendak memelihara ikan Arwana ada baiknya untuk tidak menjadikan satu dengan ikan hias lainnya. Usahakan untuk membeikan ikan Arwana tempat sendiri atau mengumpulkannya dengan ikan Arwana lainnnya.

Akuarium yang besar adalah tempat yang cocok untuk ikan Arwana, terlebih jika kalian ingin menumbuhkan ikan Arwana hingga mencapai 30 inci atau lebih. Berikan tempat yang luas untuk ikan Arwana jenis Silver agar Arwana dapat bernenang bebas, dan terhindar dari stress. Ukuran untuk akuarium dapat memanjang kesamping, maupun ke atas permukaan.

unsplash.com

Untuk membeli akuarium yang besar seperti yang diinginkan, anda bisa mengunjungi toko khusus yang jual Arwana super red maupun Silver. Karena pada toko tersebut sudah pasti menyediakan akuarium yang cocok untuk ikan Arwana, pada toko yang menjual berbagai perlengkapan ikan Arwana ini pun dapat membantu anda untuk menmukan pakan hingga obat – obatan untuk Arwana.

Selain larangan untuk mempertukanikan Arwana Silver dengan ikan hias lainnya, banyak pula yang mengatakan bahwa ikan jenis ini lebih mudah untuk dijinakkan. Arwana Silver dapat dilatih agar tidak takut dengan pemiliknya, sehingga mau untuk mengambil makanan langsung dari tangan pemilik Arwana. Hal tersebut tentu tidak akan mudah untuk diaplikasikan pada ikan Arwana jenis lain.

  1. Pemberian Pakan untuk Arwana Jenis Silver

Pada umumnya ketika kita memelihara ikan hias tentu kebersihan kolam atau air akuarium adalah hal utama, begitu pula dengan perawatan pada ikan Arwana jenis Silver. Apalagi ikan Arwana ini membutuhkan air yang cukup banyak pada akuarium tempat tinggalnya, maka perawatan kebersihannya pun harus lebih intensif.

Makanan yang sering berada di dasar ini dapat membiasakan ikan Arwana untuk melihat kebawah, sehingga mengakibatkan mata juling. Selain faktor pakan yang dapat berada di area bawah Arwana, faktor lainnya adalah dengan adanya cahaya lampu dasar yang menarik perhatian ikan Arwana jenis Silver. Jika terus dibiarkan maka Arwana yang mengidap mata juling dapat berakibat pada postur berenang, seperti berenang secara terlentang.

unsplash.com
  1. Pengobatan untuk Si Silver

Ketika ikan Arwana Silver telah mengalami juling, bukan berarti tidak bisa diobati. Namun pengobatannya tentu adalah dengan operasi. Anda bisa melakukannya sendiri atau menggunakan tenaga ahli. Operasi mata pada Arwana yang juling memerlikan waktu sekitar 10 hingga 15 menit.

Setelah dioperasi,lakukan pencegahan agar mata Arwana tidak kembali juling. Tutup kaca bagian depan dan bagian bawah dengan triplek atau stereoform, hal ini untuk mencegah pantulan cahaya yang menyebabkan Arwana akan melihat ke dasar akuarium. Pemberian pakan juga sebaiknya menggunakan makanan yang mengambang di permukaan, seperti jangkrik, katak, dan belalang.

Ikan Arwana jenis Silver tak kalah unik dan indah, jika dibandingkan dengan ikan Arwana lainnya. Bahkan dengan warnanya yang Silver mengkilap, dapat memberikan kesan mewah bagi siapa saja yang melihatnya. Karena pesonanya tersebut, ikan Silver ini juga menjadi favorit para pecinta ikan Arwana dan ikan hias lainnya. Bagaimana, apakah anda juga ikut tertarik untuk memiliki keindahan dari ikan Arwana jenis Silver ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *