Jenis Jenis Poster Terpopuler Yang Mesti Anda Ketahui

Poster pertama kali digunakan pada abad 18 yang lalu, dimana tipografi dan litografi dianggap sebagai teknik percetakan paling efektif dan murah. Nah hingga hari ini, poster tetap dianggap sebagai media komunikasi dan informasi yang sangat efektif. Namun di era digital ini, poster terbagi kedalam dua kategori yaitu poster elektronik dan poster kertas. Poster elektronik merupakan poster yang bisa diakses lewat peralatan elektronik seperti laptop, smartphone, dan lainnya. Sedangkan poster kertas merupakan poster berbentuk kertas dengan gambar berwarna yang ditempel di fasilitas-fasilitas publik.

Poster ini berbeda dengan media seni atau komunikasi lain karena pada umumnya dibuat dari kombinasi teks dan grafis. Nah di bawah ini kami akan fokus membahas jenis jenis poster terpopuler!

unsplash.com

Poster Periklanan

Jika kita flashback ke belakang, poster lebih banyak digunakan untuk keperluan periklanan atau advertising. Banyak sekali brand yang menggunakan poster sebagai medium iklan, dimana gambar dan konten didalamnya sangat melekat di benar kita. Sesuai namanya, jenis poster satu ini dibuat dengan tujuan untuk menyebarkan produk atau jasa. Dengan adanya poster, maka diharapkan produk atau jasa bisa dikonsumsi oleh banyak orang. Misalnya Anda punya jasa make custom poster, maka Anda bisa membuat poster dengan grafis dan teks yang mendukung bisnis pembuatan poster Anda.

Untuk make poster custom berjenis iklan ini, dibutuhkan insting marketing yang sangat kuat. Ya, hari ini semakin banyak brand yang menggunakan poster sebagai teknik marketing, jadi persaingannya sangatlah ketat. Jika Anda membuat poster dengan desain standar, maka kemungkinan besar kompetitor Anda yang menguasai pasaran karena desain posternya lebih keren. Oh iya, kunjungi lsnconecall ya, ada banyak pilihan poster yang bagus-bagus lho. 🙂

Poster Politik

Jenis poster terpopuler lainnya yaitu poster politik. Sesuai namanya, jenis poster satu ini dibuat dengan tujuan untuk menyebarkan ide politik atau tokoh politik tertentu. Contoh paling dekat yaitu saat pemilihan presiden, dimana masing-masing calon presiden menggunakan poster untuk memperkenalkan dirinya kepada masyarakat, sekaligus menyebarluaskan ide politiknya. Ya, poster politik ini lebih identik dengan usaha-usaha untuk mencapai kekuasaan. Jika seseorang ingin mencapai jabatan tertentu, biasanya ia akan menggunakan poster untuk mempopulerkan dirinya.

Namun tak hanya dalam lingkup birokrasi, poster politik ini juga digunakan pada saat peperangan. Misalnya pada saat Perang Dunia berkecamuk, banyak negara yang menggunakan poster untuk menyebarkan propaganda dan ide politik. Jika Anda ingin membuat poster politik, pastikan Anda menggunakan figur yang berkarismatik dan jangan lupa juga untuk menggunakan kalimat-kalimat propaganda yang menohok.

unsplash.com

Poster Film

Sejak adanya bioskop di dunia, poster menjadi salah satu alat promosi utama untuk mempopulerkan film tertentu. Ya, studio film menggunakan jenis poster satu ini karena biayanya murah dan efeknya sangat fantastis. Selain poster iklan produk, poster film juga yang paling banyak menghiasi ruang-ruang publik. Pada umumnya, poster film ini menggunakan ilustrasi berwarna dan animasi sehingga bisa menarik minat banyak orang.

Dengan adanya poster, studio film bisa memperkenalkan pemain-pemain yang terlibat sekaligus informasi singkat mengenai alur cerita dalam film. Perlu Anda ketahui, jika Anda ingin membuat poster film, maka pastikan Anda mendesainnya dengan tepat agar orang-orang mau datang ke bioskop. Tak hanya dari segi pemilihan grafisnya, namun juga pemilihan kata-katanya sangat penting.

Poster Motivasi atau Spiritual

Jika Anda datang ke tempat ibadah, kemungkinan besar Anda akan melihat poster yang didalamnya berisikan ajakan-ajakan menuju kebaikan. Nah poster semacam ini dinamakan poster motivasi atau spiritual. Poster semacam ini biasanya menggunakan gambar-gambar sederhana seperti tempat peribadatan, pegunungan, seseorang yang sedang tersenyum, dan lainnya. Nah di atas atau di bawah gambar tersebut dibubuhi kalimat-kalimat motivasi atau spiritual.

unsplash.com

Poster Event

Jika ada konser besar di kota Anda, maka Anda akan menemukan poster event konser tersebut di banyak tempat. Ya, event-event seperti konser musik, seminar, hingga gathering sering disebarluaskan dengan menggunakan poster. Tak hanya event yang sifatnya musikal, poster event ini juga sering digunakan untuk event-event olahraga seperti pertandingan tinju, pertandingan sepak bola, dan lainnya.

Nah itulah jenis jenis poster terpopuler yang mesti Anda ketahui! Setiap jenis poster memiliki karakteristik tertentu, jadi Anda mesti mempelajarinya, khususnya jika Anda memang merupakan seorang desainer. Selain itu, Anda ‘pun mesti paham cara membuat poster yang benar. Jangan sampai Anda asal-asalan ya saat membuat poster!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *