CARA SCREENSHOT DI LAPTOP SAMSUNG SEMUA SERI/TIPE

Keseharian kita bersama sebuah perangkat dan jaringan internet membuat kita tahu akan banyak hal di luaran sana, internet juga menjadi sebuah alat mikroskopis dalam sebuah dunia. Kelebihan itulah yang bersambut baik dalam aktifitas pekerjaan, salah satunya adalah mengunduh berbagai jenis file mulai dari foto, video, dokumen dan sebagainya.

Meski demikian terkadang ada beberapa dokumen yang sengaja untuk diproteksi dan tidak pernah bisa di unduh kecuali oleh pemilik dokumen itu sendiri, namun tetap dapat dilihat oleh public atau kalangan umum. Jika demikian maka proses capturelah yang paling mungkin untuk dilakukan, proses capture dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sangat mudah mulai dari perangkat computer hingga notebook dan laptop.

APLIKASI SNIPPING TOOL

Cara screenshot di pc maupun di laptop sebenarnya adalah sama, karena kebanyakan system operasional yang digunakan juga sama yaitu Windows. Pada laptop Samsung kalian bisa mengcapture gambar melalui aplikasi snipping tool, aplikasi ini tidak perlu diunduh dari internet karena sudah secara otomatis menjadi aplikasi dan software bawaan dari windows. Caranya sangat mudah, yaitu dengan membuka windows dan ketikkan snipping tool pada kolom pencarian.

Buka aplikasi berlambang gunting dan lingkaran tersebut untuk memulai proses capture atau screenshot gambar. Pilih “New” untuk langsung memulai mengambil dengan bidang persegi, atau rubah jenis bidang pada segitiga terbalik kecil disamping keterangan tersebut. Berbagai pilihan bidang seperti gaya bebas, bidang persegi atau fullscreen windows dapat dipilih dan disesuaikan.

Adapun jika bidang yang ditentukan sudah diambil maka akan masuk kepada jendela snipping tool, didalamnya akan terlihat dokumen yang discreenshot. Bisa juga ditambahkan coretan-coretan berbagai warna, seperti merah, biru, hitam atau dicustomisasi warnanya, bisa juga diberikan coretan tebal berwarna kuning dengan nama highlighter. Lanjutkan dengan menyimpan file tersebut pada tempat yang kamu inginkan, sesuai dengan jenis file yang dibutuhkan mulai daru  JPEG, GIF, PNG dan MHT.

pexels.com

KELEBIHAN SNIPPING TOOL

Snipping tool merupakan aplikasi bawaan software yang hampir ada pada semua perangkat dengan system operasional windows, aplikasi ini jarang dipakasi karena tidak semua orang mengerti akan fitur bawaan ini, baik pengguna computer maupun pengguna laptop. Aplikasi ini sangat ringan dalam prosesnya, memiliki fitur yang cukup untuk sekedar mencapture gambar atau menyimpan gambar yang tidak dapat diunduh. Dilengkapi dengan berbagai fitur seleksi bidang, serta berbagai jenis file, sehingga sangat mendukung untuk kebutuhan sebuah aktifitas tulisan atau presentasi.

KEKURANGAN SNIPPING TOOL

Snipping tool belum mampu mengcapture gambar secara beruntun dan hanya dapat dilakukan proses penyimpanan gambar dengan satu-persatu. Tidak adanya fitur pengaturan resolusi gambar tangkapan, sehingga hasilnya akan menyeseuaikan dengan kapasitas maksimal dari sebuah perangkat. Belum adanya fitur edit detail gambar, sehingga gambar yang akan dihasilkan masih berupa gambar mentah yang harus dilakukan proses selanjutnya.

MENGGUNAKAN FITUR KEYBOARD DAN PAINT

Kemudian cara screenshot pada pc atau laptop yang paling mudah kedua adalah dengan menggunakan fitur pada sebuah keyboar laptop, atau keyboard pc yang berketerangan dengan “print screen”, atau ”prt sc”. Tombol ini terletak pada bagian atas keyboard, atau berada dekat dengan sekitaran tombol backspace atau delete. Tombol inilah yang berfungsi utama seperti lensa layar pc atau laptop, ia dapat menangkap gambar yang kemudian bisa disimpan dengan berbagai jenis file, mulai dari bitmap, tiff, gif, jpeg dan png.

Langkah-langkahnya adalah buka aplikasi “Paint” pada windows, jika sudah terbuka kembalilah kepada tampilan jendela yang akan di capture gambarnya. Tekan tombol Ctrl+Print Screen secara bersamaan, lalu kembali pada jendela Paint dan Paste atau Ctrl+V bidang tersebut. Maka gambar tangkapan akan di tampilkan pada jendela Paint, gambar bisa langsung disimpan atau di edit dan disesuaikan sesuai dengan keinginan.

Paint yang berfungsi sebagai editor foto juga dilengkapi berbagai fitur tambahan, seperti crop, free form selection bidang yang diambil, hingga merubah resolusi gambar. Selain dilakukan edit pada Paint, gambar bidang tersebut juga bisa langsung di temple pada ms word atau power point, namun pada dua ms office tersebut tidak bisa dilakukan proses editing selain merubah basic warna atau peyesuaian ukuran gambar.

pexels.com

KELEBIHAN FITUR KEYBOARD DAN PAINT

Beberapa Kelebihan dari fitur ini adalah gambar bidang yang diinginkan bisa dilakukan penyesuain terlebih dahulu sebelum akhirnya disimpan dalam jenis file yang diinginkan. Di dalam paint, berbagai fitur dapat dimanfaatkan dengan maksimal, seperti crop, teks, erase, dan berbagai fitur lainnya, karena ini juga merupakan aplikasi bawaan windows maka system operasionalnya cenderung lebih kecil dibandingkan aplikasi edit foto professional.

KEKURANGAN FITUR KEYBOARD DAN PAINT

Salah satu Kekurangan dari paint dan printscreen adalah ada beberapa aplikasi yang harus dibuka secara bersamaan, untuk pc atau laptop dengan RAM besar maka tidak aka nada masalah. Berbeda jika laptop hanya memiliki kapasitas RAM yang relative kecil, jika memang RAMnya kecil maka akan sedikit mengganggu dalam proses system kerja windows,, namun tetap dalam keadaan yang wajar.

Beberapa aplikasi bawaan diatas dapat dimanfaaatkan maksimal untuk melakukan screenshot dari pc atau laptop dengan merk Samsung, atau merk-merk lainnya yang menggunakan system operasi dengan Windows tanpa harus mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *