Macam Jenis Mesin Bubut

Deskripsi

Mesin bubut merupakan suatu perangkat yang banyak digunakan oleh dunia industri. Berikut beberapa macam jenis mesin bubut yang dapat Anda jadikan referensi.

 

Artikel

Sudahkah Anda mengetahui serba-serbi seputar mesin bubut? Mesin bubut merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk memotong benda kerja melalui sebuah sayatan yang sesuai dengan sumbu dari benda tersebut. Mesin ini banyak digunakan dalam dunia industri. Meski terlihat familiar, nyatanya penggunaan benda ini membutuhkan keahlian khusus karena terdapat rumus tertentu. Terlebih banyak ragam jenis dari mesin bubut yang tentu memiliki prinsip kerja berbeda-beda. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai macam jenis mesin bubut.

Ragam Jenis Mesin Bubut

Untuk menambah wawasan Anda, berikut ini adalah empat jenis mesin bubut yang biasa dipergunakan dalam suatu industri.

1.      Bubut Ringan

Memiliki tampilan yang sederhana, mesin ini sangat cocok untuk dipergunakan sebagai latihan dan proses pembubutan ringan. Sedangkan untuk model mesin bubut jenis ini terdiri atas model lantai dan model bangku.

2.      Bubut Sedang

Mempunyai fungsi untuk memproduksi dan memperbaiki peralatan produksi, bubut sedang menggabungkan peralatan khusus secara cermat dan teliti. Maka tidak heran jika tingkat akurasi dari mesin jenis ini cukup tinggi.

3.      Bubut Standar

Jenis ini mempunyai body yang lebih kuat, sehingga tak heran jika dijadikan sebagai acuan untuk pembuatan mesin pada umumnya.

4.      Bubut Meja Panjang

Sesuai dengan namanya, mesin jenis ini memiliki ukuran yang panjang dan sangat sesuai digunakan pada industri dengan kapasitas pekerjaan tinggi.

Macam-macam Proses Pembubutan

Setelah mengetahui macam jenisnya, maka berikut adalah jenis proses pembubutan yang dapat dilakukan.

1.      Drilling

Proses ini berguna untuk membuat lubang dasar atau awal pada suatu benda.

2.      Boring

Berbeda dengan jenis yang pertama, untuk jenis pembubutan boring merupakan tahapan lanjutan dari drilling. Pada tahap ini pembubutan berguna untuk memperbesar lubang pada peralatan.

3.      Reaming

Macam jenis pembubutan lainnya adalah reaming. Jenis ini bisa dikatakan sebagai suatu tahapan finishing karena reaming merupakan jensi pembubutan yang berguna untuk memperhalus lubang pada suatu benda kerja. Reaming biasanya digunakan pada hasil pengeboran pada suatu mesin produksi atau hasil pembubutan dari tahapan sebelumnya.

 

Itu dia sedikit penjelasan mengenai mesin bubut dan beberapa macam jenisnya. Sebelum membeli mesin tersebut sebaiknya Anda mengenali jenis kebutuhan terlebih dahulu mengingat harga mesin bubut yang tergolong cukup mahal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *