Manfaat Akar Rumput Alang-Alang

Tanaman alang-alang yang memiliki nama latin Imperata Cylindrica merupakan jenis tanaman rumput-rumputan. Banyak sebutan dari tanaman alang-alang ini loh.. Tanaman alang-alang sering disebut alalang, hilalang di daerah Minangkabau, di suku Dayak, alang-alang sering disebut puang, serta di Sunda alang-alang disebut eurih. Karena banyaknya kandungan nutrisi, tanaman alang-alang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal. Masyarakat sering menggunakan bagian akar rumput alang-alang ini.

Ciri-Ciri Tumbuhan Alang-Alang

Tanaman alang-alang yang sering tumbuh di pekarangan, sawah, ataupun lahan kosong ini sering dianggap sebagai gulma, terutama pada tanaman padi. Itu sebabnya tanaman alang-alang sering dibuang. Berikut ini ciri-ciri dari tumbuhan alang-alang:

  • Memiliki tunas yang panjang dan bersisik, tumbuh merayap dibawah tanah
  • Ujung tunas yang muncul ditanah runcing tajam
  • Memiliki batang yang pendek, menjulang naik keatas tanah
  • Memiliki bunga yang berwarna merah keunguan
  • Tinggi dari tanaman alang-alang ini antara 20 cm sampai dengan 1,5 meter
  • Panjang daun antara 12 – 80 cm, memiliki tepian daun yang kasar dan bergerigi tajam

 

Manfaat Akar Rumput Alang-Alang

Tanaman alang-alang sering digunakan sebagai obat herbal. Tanaman ini sering diambil akarnya saja sebagai obat herbal. Manfaat akar rumput alang-alang ini sangat banyak untuk kesehatan, nah berikut ini penjelasan dari manfaat akar alang-alang:

  1. Meredakan gangguan prostat

Gangguan kelenjar prostat sering dialami oleh pria yang lebih tua. Untuk itu, Anda dapat minum air rebusan alang-alang secara teratur sambil diikuti dengan gaya hidup sehat

  1. Menjaga kesehatan jantung

Akar alang-alang mengandung Imperanene dan Graminone B. Zat ini dapat meghambat pembekuan sel darah dan mencegah penyempitan pembuluh di jantung. Anda cukup minum ramuan akar alang-alang untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Mengatasi hipertensi

Akar rumput alang-alang efektifuntuk mengatasi kolesterol dan lemak yang menyebabkan hipertensi. Minum ramuan akar alang-alang baik untuk mengendalikan kadar tekanan darah tinggi.

  1. Menyembuhkan diare

Kandungan senyawa zat aktif pada akar rumput alang-alang dapat berkhasiat meredakan dan mengobati diare. Anda cukup meminum air rebusan akar alang-alang setelah buang air besar, sehingga rasa sakit cepat mereda

  1. Mengatasi demam

Manfaat terakhir dari akar alang-alang untuk mengurangi demam yang dialami oleh anak-anak atau orang dewasa. Anda cukup meminum air rebusan akar alang-alang yang dicampurkan dengan madu.

 

Ternyata banyak sekali manfaat dari akar rumput alang-alang ya. Salah satunya, Anda dapat memanfaatkan gulma ini menjadi ramuan herbal. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *