Manfaat Berenang di Kolam Renang Yang Perlu Diketahui

Berenang bisa menjadi semacam rileksasi ketika ingin membuat penat akibat kerja dan rutinitas sehari-hari. Renang juga masuk dalam kategori olahraga yang mudah di lakukan. Saat ini sudah ada banyak sekali kolam renang umum yang bisa kamu datangi dan bermain air di sana. Atau jika kamu ingin memiliki kolam renang pribadi, keinginan mu juga bisa terwujud dengan mudah yaitu kamu menggunakan jasa pembuatan kolam renang.

Dengan berenang kamu bisa menjaga kesehatan dan kebugaran badan. Berenang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh mu. Pada artikel kali ini kami akan mengulas ragam manfaat dari berenang yang mungkin belum kamu ketahui. Simak ulasan yang akan kami jelaskan pada artikel yang ada di bawah ini.

1. Menggerakan organ tubuh

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan ketika melakukan renang adalah seluruh anggota badan mu akan melakukan motorik atau bergerak. Karena ketika kamu berenang, maka semua otot-otot dari anggota tubuh mu akan bergerak. Beberapa anggota tubuh yang bergerak ketika sedang berenang antara lain adalah lengan, tangan, kaki dan juga perut. Dengan bergeraknya anggota tubuh tersebut maka akan menimbulkan kesehatan untuk orang yang sedang berenang.

2. Menurunkan kadar darah

Manfaat berikutnya yang bisa di dapat dengan melakukan olahraga renang adalah dapat menurunkan kadar darah di tubuh. Hal ini telah di akui oleh sebuah study internasional bahwa dengan berenang kadar tekanan darah bisa turun dan bisa membuat stabil peredaran darah. Berenang dapat menurunkan tekanan darah karena ketika sedang renang maka semua anggota tubuh akan bergerak dan hal itu dapat memperlancar aliran darah yang mungkin tersumbat bila jarang bergerak. Orang yang rutin berenang juga berkemungkinan untuk meningkatkan hidup 50% jika dibanding dengan orang yang jarang berenang atau berolahraga.

3. Membakar kalori

Manfaat berikutnya yang akan kamu dapatkan ketika rutin melakukan olahraga berenang di kolam renang adalah dapar membakar kalori. Ketika kamu berenang dengan waktu minimal 30 menit saja, maka kamu telah membakar kalori di dalam tubuh mu hingga mencapai 226 kilo. Dengan begitu maka kamu bisa membuat berat badan menjadi lebih ideal.

4. Memperkuat otot kardiovaskular

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan olahraga renang di kolam renang adalah kamu bisa Memperkuat otot kardiovaskular. Otot kardiovaskular merupakan otot-otot yang terdapat di organ tubuh berupa jantung dan paru-paru.  Dengan begitu bisa di simpulkan bahwa berenang dapat memperkuat otot-otot yang ada di organ tubuh inti seperti jantung dan juga paru-paru. Selain itu, dengan berenang di kolam renang juga bisa membuat kamu lebih menyehatkan sistem pernafasan. Karena ketika kamu sedang berenang maka mau tidak mau kamu akan melatih pernafasan mu ketika berada di dalam air pada kolam renang tersebut.

5. gejala penyakit multiple sclerosis berkurang

Bagi kamu yang menderita penyakit multiple sclerosis untuk dapat meringankan rasa sakit dari penyakit tersebut kamu bisa melakukan olahrga renang di kolam renang. Sebuah study menyatakan bahwa bagi penderita penyakit multiple sclerosis bisa melakukan terapi dengan cara olahraga renang di kolam renang selama kurun waktu 20 minggu secara rutin. Dengan melakukan renang di kolam renang secara rutin, maka rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit multiple sclerosis ini akan berkurang. Gejala multiple sclerosis ini biasanya akan menimbulkan perasaan depresi dan lelah yang berlebih. Maka dari itu, berenang adalah salah satu olahraga yang di anjurkan kepada orang yang menderita penyakit multiple sclerosis.

5. Mengatasi Insomnia

Bagi kamu yang sering kesulitan tidur ketika malam hari atau sering disebut dengan istilah insomnia, maka kamu bisa melakukan olahraga renang agar bisa meningkatkan kualitas tidur mu. Namun kamu harus garis bawahi bahwa untuk dapat mengatasi insomnia, maka olahraga renang yang di lakukan juga harus secara rutin. Kalau hanya satu atau dua hari tentu tidak akan maksimal. Karena jika kamu ingin tidur mu lebih berkualitas maka rutinlah melakukan olahraga renang. Paling minimal satu minggu tiga kali.

6. Membalikan mood

Ketika kamu sedang penat atau badmood karena berbagai masalah-masalah yang sedang kamu hadapi, untuk dapat membalikan mood tersebut hal yang paling mudah kamu lakukan adalah dengan cara melakukan olahraga renang di kolam renang. Ketika penat datang, lalu kamu renang maka kepala mu akan terasa lebih dingin dan bisa menjadi fresh kembali sehingga mood yang buruk bisa hilang jauh. Kamu akan semangat kembali untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

7. Mengurangi stress

Banyak orang ketika sedang stress dengan berbagai macam pikiran mengenai banyak hal, biasanya untuk dapat menghilangkan stress tersebut mereka akan melakukan olahraga berenang. Memang terbukti sangat efektif hal tersebut untuk menghilangkan stress. Kamu bisa coba sendiri ketika kamu sedang stress dan banyak pikiran, maka kamu harus melakukan renang di kolam renang.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berenang di kolam renang. Selain beberapa manfaat diatas, masih ada banyak lagi manfaat yang lain dari melakukan renang di kolam renang. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *