Mengenal Permainan Bola Volley di Indonesia

Bola volley merupakan salah satu cabang olahraga yang di mainkan oleh dua tim yang saling berlawanan. Setiap tim yang bermain volley ini terdiri dari 6 pemain. Seiring perkembangan zaman juga terdapat variasi permainan lain yaitu permainan bola volley pantai yang hanya terdiri masing-masing tim 2 orang saja.

Olahraga permainan volley Dunia ini dinaungi oleh sebuah organisasi internasional yaitu FIVB atau Federation internationale de volleyball. Sementara yang ada di Indonesia ini dinaungi oleh PBVSI atau Persatuan bola voli seluruh Indonesia.

Pertama kali permainan ini mulai dikenalkan di Indonesia pada tahun 1982, dikala itu masih dijajah oleh Belanda. Nah, untuk mengajarkan permainan ini maka para tegana pendidik langsung didatangkan secara langsung dari Belanda. Sampai akhirnya bisa berkembang dengan baik. Mulai bermain dengan baik, mengadakan kompetisi dan masih banyak lagi lainnya.

Perkembangan permainan volley di Indonesia dapat dibilang sangat cepat diseluruh masyarakat. Akhirnya mulailah bermunculan berbagai club-club volley di kota besar di seluruh Indonesia. Berdasarkan itulah, pada tanggal 22 Januari 1955 telah resmi berdiri organisasi PBVSI yang bertanggung jawab untuk mengurusi olahraga volley.

Perkembangan permainan volley di Indonesia sudah semakin bagus dan PBVSI aktif dalam mengembangkan berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan di dalam negeri sampai ke luar negeri. Perkembangan bola volley di Indonesia semakin meyakinkan ketika menjelang ajang bergengsi Asian Games IV pada tahun 1962 dan Ganefo I pada tahun 1963 di Jakarta.

Mengenal permainan bola volley lebih jauh, pada dasarnya setiap permainan olahraga ini memiliki peraturan yang harus ditaati. Hal ini bertujuan agar permainan bisa berjalan dengan baik dan semakin seru. Terdapat beberapa peraturan utama yang harus anda ketahui, seperti :

  1. Jumlah pemain setiap tim yaitu 6 orang
  2. Setiap pemain harus menggunakan seragam pakaian olahraga dan terdapat nomor dada dan punggung
  3. Pergeseran pemain ketika melakukan servis ini harus berputar sesuai searah jarum jam
  4. Lamanya permainan ini bergantung jumlah set yang pada umumnya 25 poin.
  5. Setiap tim hanya boleh memainkan bola maksimal 3 kali sentuhan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai perkembangan permainan bola volley di Indonesia. Semoga dengan adanya penjelasan ini mampu memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang permainan volley.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *