Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Indonesia

Jika di bandingkan dengan negara-negara maju semisal Amerika Serikat atau China, pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia masih ketinggalan jauh sekali. Dua negara maju tersebut telah menerapkan energi surya sebagai pemasok listrik utama di negara mereka.

Jika ditelisik lebih dalam, memanfaatkan sinar surya atau matahari sebagai arus listrik ini memiliki segudang keunggulan yang telah dibuktikan secaranyata.

Beberapa keunggulan menggunakan sinar matahari sebagai arus listrik antara lain adalah ramah lingkungan, menghemat pengeluaran bulanan jika dibanding dengan listrik dari energi lain semisal batu bara maupun minyak bumi, energi surya tidak bakal kehabisan stok, berbeda dengan batu bara yang lama kelamaan akan habis dan punah.

Dengan segudang keunggulan dan manfaat dari pembangkit listrik tenaga surya ini tentu tidak salah jika energi surya di nobatkan sebagai energi terbarukan yang bisa menjadi solusi ketika bumi kehabisan stok batu bara atau minyak bumi.

picjumbo.com

Meskipun Indonesia tertinggal jauh dari Amerika maupun China dalam memanfaatkan potensi sinar matahari, akan tetapi Indonesia sudah mulai pelan-pelan memanfaatkan sinar matahari sebagai pembangkit listrik.

Hal ini di buktikan pada sekitar tanggal 27 Desember 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya terbesar yang ada di Indonesia.

Lokasi tepat dari PLTS tersebut berada di sebuah desa yang bernama desa Oelpuah, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut berada di bawah naugan perusahaan PT. Lembaga Elektronik Nasional atau LEN.

Pembangkit listrik tenaga surya di Nusa Tenggara Timur tersebut memiliki lahan dengan luas sekitar 7,5 hektar. Di dalam perusahaan tersebut, ada ribuan panel surya yang di pasang pada PLTS tersebut. Untuk satu panel surya di perusahaan tersebut mampu menghasilkan listrik dengan daya sebesar 230 Watt.

Lalu dimana saja Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Indonesia?

picjumbo.com

Daftar Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Indonesia

Selain pembangkit listrik tenaga surya yang ada di Nusa Tenggara Timur, ada beberapa PLTS yang telah berdiri di bumi khatulistiwa ini. Beberapa pembangkit listrik tenaga surya tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. PLTS yang berada di Kabupaten Bangli, Bali. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 1 MW.
  2. PLTS yang berada di Pulau Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 600 kWp.
  3. PLTS yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 1 MW.
  4. PLTS yang berada di Pulau Gili Meno, Nusa Tenggara Barat. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 60 kWp.
  5. PLTS yang berada di Pulau Gili Air, Nusa Tenggara Barat. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 160 kWp.
  6. PLTS yang berada di Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 150 kWp.
  7. PLTS yang berada di Pulau Medang, Sekotok, Moyo, Bajo Pulo, Maringkik, dan juga Lantung. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 900 kWp.
  8. PLTS yang berada di Pura Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 175 kWp.
  9. PLTS yang berada di Nule, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 250 kWp.
  10. PLTS yang berada di Kelang, Maluku. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 100 kWp.

    picjumbo.com
  11. PLTS yang berada di Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggar Timur. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 275 kWp.
  12. PLTS yang berada di Morotai, Maluku Utara. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 600 kWp.
  13. PLTS yang berada di Banda Naira, Maluku. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 100 kWp.
  14. PLTS yang berada di Pulau Panjang, Maluku. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 115 kWp.
  15. PLTS yang berada di Pulau Tiga, Maluku. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 75 kWp.
  16. PLTS yang berada di Kisar, Maluku. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 100 kWp.
  17. PLTS yang berada di Manawoka, Maluku. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 115 kWp.
  18. PLTS yang berada di Tioor, Maluku. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 100 kWp.
  19. PLTS yang berada di Kur, Maluku. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 100 kWp.
  20. PLTS yang berada di Kabaena, Sulawesi Tenggara. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 200 kWp.
  21. PLTS yang berada di Wetar, Maluku. Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut memiliki kapasitas sampai dengan 100 kWp.

Itulah PLTS yang ada di Indonesia. Pemerintah punya rencana di tahun 2025 ingin membangun 1 juta panel surya di seluruh Indonesia.

Dan salah satu perusahan yang memanfaatkan pembangkit listrik tentaga surya Inaport1, jadi jika daerah tempat tinggal kalian ingin memanfaatkan tanaga matahari untuk dijadikan pembangkit listrik bisa memesan ke perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *