Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer

Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang memiliki kegunaan sangat beragam. Selain untuk membantu perhitungan, kini komputer juga bisa membantu menggantikan tugas manusia seperti untuk mengendalikan suatu alat tertentu.

Komputer sendiri juga terdiri dari beberapa komponen perangkat keras yang saling terhubung menjadi satu kesatuan. Untuk itu, kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai perangkat keras pada komputer.

pixabay.com

1. Monitor

Salah satu perangkat keras yang paling sering dilihat ketika menggunakan komputer adalah monitor. Monitor berfungsi untuk menampilkan output berupa grafis dam berfungsi juga sebagai media untuk melihat preview dari pekerjaan yang sedang dikerjakan menggunakan komputer. Monitor sendiri awalnya berbentuk tabung yang lebih dikenal dengan istilah monitor CRT. Seiring dengan berjalanannya waktu, muncullah monitor LCD yang memiliki ukuran yang ringkas. Generasi terbaru dari monitor telah menggunakan panel LED yang lebih hemat daya.

2. Keyboard

Jika sebelumnya monitor merupakan bagian dari output, keyboard adalah perangkat keras yang merupakan bagian dari input. Dengan adanya keyboard, kamu bisa menulis dan memasukan perintah menggunakan tombol yang mudah digunakan. Keyboard sendiri biasanya memiliki susunan huruf QWERTY yang sudah menjadi standar bagi susunan keyboard secara umum. Seiring dengan berjalannya waktu, keyboard juga memiliki bahan yang bermacam-macam dan variasi aksesoris yang cukup menarik.

3. Mouse

Jika sebelumnya keyboard berfungsi sebagai alat unuk menulis, maka mouse berfungsi sebagai alat memilih suatu menu pada komputer. Penggunaan mouse saat ini bisa digantikan dengan touchpad maupun touchscreen. Namun, karena sudah menjadi kebiasaan tentunya mouse masih belum tergantikan karena lebih nyaman ketika digunakan.

4. Processor

Salah satu komponen yang paling vital dalam komputer adalah processor. Processor pada dasarnya merupakan sebuah otak yang berfungsi untuk memproses segala perintah yang dimasukan ke dalam komputer. Processor sendiri memiliki ukuran yang kecil dan terletak di bagian dalam casing komputer. Komponen yang satu ini sangat penting dan memiliki beberapa spesifikasi. Semakin baik spesifikasi dari processor tentu akan semakin cepat proses pengolahan data tersebut.

5. Random Access Memory (RAM)

Selain processor, RAM juga termasuk bagian yang penting dalam beroperasinya sebuah komputer. RAM pada sebuah komputer merupakan sebuah bagian penyimpanan yang bersifat sementara. RAM hanya berfungsi ketika suatu program digunakan dan akan hilang ketika perangkat komputer tersebut dimatikan. Ukuran dari RAM tidak terlalu besar secara fisik dan secara kapasitas. RAM saat ini hanya berukuran beberapa GB saja.

6. Harddisk

Jika sebelumnya RAM berfungsi untuk media penyimpanan yang bersifat sementara, pada harddisk-lah penyimpanan secara lebih lama dilakukan. Kamu bisa menyimpan data berupa dokumen atau musik di dalam harddisk. Ukuran dari harddisk sendiri sangat beragam mulai dari ratusan GB hingga beberapa TB.

pixabay.com

7. VGA Card

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai monitor sebagai perangkat keras yang menampilkan grafis, VGA Card juga tidak kalah pentingnya. VGA Card merupakan sebuah perangkat keras yang bertugas untuk mengolah dan menerjemahkan grafis ke dalam output yang digunakan. VGA Card dalam dunia videografi dan game sangat dibutuhkan untuk menghasilkan suatu grafis yang mendekati sempurna.

8. Printer

Selain menampilakan output berbentuk grafis pada monitor, kamu juga bisa menggunakan komputer untuk menghasilkan output berupa dokumen atau arsip ke dalam kertas. Alat yang digunakan untuk mencetak dokumen tersebut dinamakan sebagai printer. Printer sendiri menggunakan tinta sebagai media untuk memberikan cetakan pada kertas yang digunakan. Selain itu, jenis printer juga beragam antara lain inkjet printer dan laserjetprinter.

9. Scanner

Berbeda dengan printer yang merupakan perangkat output, scanner justru menjadi kebalikannya. Fungsi utama dari scanner adalah untuk merubah data yang tercetak di dalam kertas menjadi sebuah input data yang bersifat digital. Hasil dari kertas yang telah dipindai biasanya berupa data gambar.

10. Speaker

Selain output berupa gambar maupun tulisan di kertas, komputer juga mampu menghasilkan output berupa suara. Alat yang kamu butuhkan untuk menghasilkan output suara dinamakan dengan speaker. Penggunaan speaker saat ini juga sangat beragam. Untuk itu, kamu bisa menyesuaikan dengan yang kamu butuhkan.

11. Webcam

Media input yang satu cukup sering berada di perangkat komputer, bahkan setiap laptop saat ini sudah disertai dengan webcam. Webcam merupakan sebuah perangkat keras yang berupa kamera dengan resolusi yang tidak terlalu besar dan sering digunakan untuk komunikasi melalui videocall. Penggunaan webcam sendiri tidak terlalu populer karena saat ini orang lebih memilih videocall menggunakan smartphone yang lebih praktis serta dibekali dengan kamera yang lebih mumpuni dibandingkan webcam.

12. Microphone

Jika sebelumnya webcam mampu membantu manusia untuk melakukan videocall, tentu perangkat yang satu ini juga wajib ada. Microphone berfungsi sebagai perangkat yang menangkap gelombang manusia dan diterjemahkan menjadi sebuah data digital. Penggunaan microphone sangat beragam dan menggunakan ukuran yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui banyak informasi tentang update perangkat keras computer terbaik yang bisa kalian beli saat ini, kalian dapat mengunjungi website mastekno. Karena isi dari website tersebut sangat bermanfaat untuk kalian yang suka mengikuti perkembangan teknologi computer saat ini.

Demikianlah artikel mengenai perangkat keras pada komputer. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang mencari informasi mengenai perangkat keras pada komputer. Selamat balajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *