Apakah yang Dimaksud dengan Perubahan Fisika?

Pernahkan Anda memperhatikan perubahan yang terjadi saat air dimasukkan ke dalam freezer?  Nah, ternyata ada perubahan yang membuat air menjadi beku dan berubah wujud menjadi zat padat. Peristiwa inilah yang lebih dikenal dengan nama perubahan fisika. Lantas, apakah yang dimaksud dengan perubahan fisika? Apa saja jenisnya? Dan bagaimana contohnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Definisi dan Jenis Perubahan Fisika

Pada dasarnya terdapat dua jenis perubahan zat atau benda yang ada di sekitar Anda. Kedua jenis perubahan tersebut adalah perubahan fisika dan perubahan kimia. Perbedaan antara kedua jenis perubahan tersebut bisa dilihat dari wujud zat setelah diberikan perlakuan. Jika perubahan fisika tidak menghasilkan zat baru, sedangkan perubahan kimia menghasilkan zat baru.

Perubahan fisika ini hanya membuat wujud zat dan bentuk fisiknya yang berubah, tetapi sifat-sifat dari zat tersebut tidak mengalami perubahan. Selain itu, perubahan zat baru yang sudah terbentuk akan berubah ke bentuk aslinya. Biasanya perubahan fisika terjadi karena adanya hal-hal sebagai berikut:

1.      Perubahan Bentuk

Jenis perubahan ini biasanya karena ada perlakukan fisik, seperti diremas, dipukul, ataupun berubah karena adanya bantuan mesin. Nah, untuk mempermudah Anda memahami jenis perubahan fisika karena perubahan bentuk berikut contohnya:

  1. Kayu yang dibuat menjadi meja dan kursi
  2. Kain yang dijahit hingga menjadi baju
  3. Tanah liat yang dibentuk menjadi berbagai jenis gerabah
pxherpxhere.come.com

2.      Perubahan Wujud

Ketika suatu zat mengalami perubahan wujud karena adanya perubahan suhu lingkungan akan menyebabkan adanya perubahan suhu lingkungan. Meskipu terjadi zat baru, sifat fisik pada zat tersebut tidak akan berubah. Untuk menentukan adanya perubahan fisika ini juga Anda tidak perlu menggunakan rumus untuk membuat perubahan wujud zat. Anda bisa mengamati berapa waktu yang diperlukan hingga zat tersebut bisa berubah bentuk. Berikut jenis dan contoh perubahan fisika karena perubahan wujud:

  1. Membeku, terjadi karena adanya proses perubahan suhu dari zat cair ke zat padat. Contohnya, air yang dimasukkan ke freezer sehingga menjadi es batu.
  2. Mencair, terjadi karena adanya perubahan susu darizat padat ke zat cair. Contohnya, lilin yang dilelehkan.
  3. Mengembun, terjadi karena adanya perubahan suhu dari zat gas menjadi zat cair. Contohnya, embun di pagi hari.
  4. Menguap, terjadi karena adanya perubahan suhu dari zat cair menjadi zat gas. Contohnya, air yang dipanaskan lama-kelamaan akan menguap.
  5. Menyublim, terjadi karena adanya perubahan suhu dari zat padat menjadi zat gas. Contohnya, kapus barus yang dibiarkan terbuka di ruangan.

3.      Perubahan Ukuran

Suatu zat atau materi dapat berubah ukurannya menjadi lebih kecil jika terdapat perlakuan secara mekanik. Biasanya hal ini terjadi karena adanya proses penggilingan, penumbukan, pemecahan, maupun pemotongan. Berikut contoh perubahan fisika karena perubahan ukuran adalah:

  1. Proses penggilingan batu besar mejadi bau-batu kecil
  2. Proses penumbukan biji kopi menjadi bubuk kopi
pxherpxhere.come.com

4.      Perubahan Volume

Selain terjadi perubahan wujud, adanya perubahan suhu lingkungan akan menyebabkan perubahan volume suatu zat atau materi. Biasanya benda yang terkena panas akan memuai, sedangkan benda yang terkena udara dingin akan mengalami penyusutan materi. Contoh perubahan fisika karena perubahan volume di lingkungan sekitar adalah:

  1. Rel kereta api yang memuai saat siang hari dan mengalami penyusutan ketika malam hari.
  2. Termometer air raksa, jika terkena udara dingin maka air akan memuai atau naik ke atas.

5.      Perubahan Bentuk Energi

Energi yang ada di sekitar dapat menyebabkan terjadinya perubahan fisika. Contoh yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari misalnya karena adanya energi listrik dapat mengubah gerak kipas angin yang semula diam menjadi dapat berputar. Selain itu, energi listrik juga dapat mengubah lampu pijar menjadi energi cahaya dan energi panas.

pxherpxhere.come.com

6.      Perubahan Karena Pelarutan

Karena adanya proses pelarutan dapat membuat sebuah zat atau materi berubah menjadi larutan, sehingga terlihat tak kasat mata. Misalnya saja, proses pelarutan gula dalam air yang menyebabkan air memiliki rasa yang manis.

Nah, itulah jenis dan contoh perubahan fisika yang ada di sekitar Anda. Anda bisa mengamati beragam jenis perubahan fisika dengan memberikan perlakuan tertentu pada suatu zat atau benda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *