Ingat! 5 Poin Penting Berikut Harus Ada dalam Pembuatan Puisi Perpisahan Sekolah

Proses pembuatan puisi perpisahan sekolah biasanya dilakukan bagi calon alumni yang hendak mengadakan perpisahan sekolah. Sekolah memang menjadi tempat untuk menimba ilmu, belajar, bermain dan bertemu banyak orang-orang baru. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa masa bersekolah menjadi sebuah masa yang paling menyenangkan. Terlebih lagi banyaknya momen yang tidak bisa dilupakan, baik itu sedih, senang, ataupun yang lainnya.

Pada saat tiba hari perpisahan, tentunya menjadi momen yang paling menyedihkan bagi semua anggota sekolah, baik itu siswa, guru ataupun anggota yang lainnya. Sebagai ucapan perpisahan sekolah, maka setiap siswa atau perwakilan dari siswa diminta untuk membacakan sebuah puisi perpisahan sekolah. Jika Anda ditunjuk sebagai penulis dan pembaca puisi, sebaiknya memperhatikan poin penting yang tidak boleh diabaikan.

Poin Penting yang Harus Ada Pada Pembuatan Puisi Perpisahan Sekolah

 

Supaya lebih memudahkan bagi para pemula yang hendak membuat sebuah puisi untuk perpisahan sekolah, maka ke 5 poin berikut ini wajib diperhatikan dengan baik supaya hasil tulisan puisi yang dibuat juga serta mampu menghipnotis para pendengar maupun pembaca selama proses perpisahan sekolah berlangsung.

  1. Ucapan terima kasih kepada bapak ibu guru

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh anggota sekolah saat perpisahan yaitu sebuah rasa ketulusan atau ucapan terima kasih kepada bapak atau ibu guru yang sudah memperjuangkan waktunya untuk mendidik para siswa di selama di sekolah hingga berakhir pada kelulusan yang telah diterimanya.

Dengan ucapan terima kasih tersebutlah sudah menjadi sebuah apresiasi bagi para bapak ibu guru yang telah membimbing sekaligus menjadi orangtua kedua selama berada di sekolah. Sudah sepantasnya bagi para siswa untuk memberikan apresiasi kepada guru karena memang guru menjadi orangtua paling sabar dalam mencurahkan dan membimbing serta memberikan segala ilmu yang dimilikinya untuk diajarkan kepada peserta didiknya.

Supaya hasil puisi yang Anda buat lebih bermakna dan menyentuh hati, sebaiknya tambahkan majas dalam puisi. Namun pastikan bahwa majas yang digunakan adalah jenis majas yang tepat. Untuk referensi puisi dengan pemilihan majas yang tepat bisa Anda kunjungi melalui titikdua.net.

  1. Ucapan terimakasih kepada teman-teman sekolah

Teman-teman yang ada di sekolah menjadi saudara kedua selama berada di sekolah. Untuk itu selain mengucapkan terima kasih kepada guru, Anda pun juga sudah sepatutnya apabila mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang ada di sekolah. Meskipun tidak semua teman memiliki karakter yang baik, namun setidaknya ucapan terima kasih harus tetap dituliskan di dalam sebuah puisi.

Dengan pembacaan mimik, ekspresi dan intonasi yang tepat maka akan menjadikan puisi yang Anda buat tersebut membuat para anggota sekolah merasa terharu bahkan meneteskan air mata. Oleh karena itu, jangan asal membuat puisi perpisahan sekolah karena poin-poin penting seperti point kedua ini wajib ada di dalam puisi.

  1. Moment yang pernah dilalui selama di sekolah

Tidak ada salahnya apabila Anda flashback ke masa lalu selama memasuki sekolah pertama kalinya dan hingga berujung pada kelulusan. Dengan menambahkan momen yang pernah dilalui selama di sekolah. Pada puisi maka akan menjadikan seluruh pendengar akan mengingat-ingat momen yang pernah dilakukannya selama berada di sekolah. Baik itu saat menjadi siswa baru bahkan hingga akhir kelulusan tersebut.

  1. Ucapan kata maaf

Tuliskan ucapan kata maaf di dalam puisi, karena hal ini sangat penting sebagai salah satu cara untuk memohon maaf apabila pernah melakukan kesalahan selama berada di sekolah. Tidak hanya ucapan maaf kepada para sahabat, akan tetapi Anda juga perlu mengucapkan kata maaf kepada guru sebagai perwakilan dari para siswa. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa guru seringkali merasa jengkel kepada murid yang bandel sehingga ucapan kata maaf wajib ada pada puisi perpisahan di sekolah.

  1. Doa terbaik untuk kemajuan sekolah sebagai alumni

Selain memberikan janji maupun rencana Anda sebagai alumni sekolah, Anda pun juga sudah sepatutnya apabila memberikan doa terbaik bagi kemajuan kemajuan sekolah. Selain itu di dalam puisi juga bisa menambahkan dukungan atau semangat kepada adik kelas agar bisa menjadi peserta didik yang berbakti kepada guru supaya bisa menimba ilmu dengan sebaik mungkin.

Kriteria Pembacaan Puisi yang Baik dan Benar

Jika poin penting dalam pembuatan puisi di atas sudah Anda ketahui, kini saatnya mengetahui kriteria dari pembacaan puisi yang baik dan benar yaitu seperti berikut:

  1. Penghayatan

Peran penting dalam pembacaan puisi yaitu adalah penghayatan. Hal ini dikarenakan penghayatan menjadi poin yang harus disampaikan selama membacakan sebuah puisi. Untuk penghayatan yang dimaksud yaitu seperti mimik wajah, pemahaman makna puisi maupun bahasa tubuh. Dalam penilaian penghayatan ini dapat mencapai hingga 40%.

  1. Artistik

Artistik ini menjadi faktor pendukung yang tidak dapat diabaikan, karena untuk peserta yang membacakan puisi harus mempertimbangkan poin ini dengan baik. Artistik ini menyangkut mengenai tema dari puisi tersebut. Penilaian dari artistik yaitu mencapai 20%.

  1. Artikulasi

Berkat adanya artikulasi ini maka para audiens bisa memahami yang diucapkan sang pembaca puisi secara jelas. Untuk artikulasi ini meliputi adanya intonasi baik tinggi maupun rendah dari suara pengucapan, kefasihan, pelafalan dalam pengucapan, penilaian dalam poin ini yaitu mencapai 40%.

Apabila Anda mengikuti beberapa poin dan penjelasan di atas, maka sudah bisa dipastikan bahwa hasil puisi yang didapatkan juga lebih bermakna dan mampu memberikan kesan yang menarik perhatian para audiens nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *