Ragam Jenis Buah Durian Unggulan

Meski banyak yang tidak menyukai aroma menyengatnya, namun tidak sedikit yang tergila-gila dengan durian. Tak tanggung-tanggung sekali mengkonsumsinya bisa habis berbutir-butir. Durian disukai karena rasa manis dan legit yang dihasilkannya berbeda dengan manis buah-buah tropis lainnya. Tak heran, jika banyak yang menggilai primadona buah ini.

Ada banyak jenis buah durian yang bisa dinikmati di Indonesia. Meski beberapa jenis dikenal berasal dari luar negeri, sebenarnya durian yang beredar di seluruh dunia bibitnya berasal dari Indonesia. Nah, mari kita mengenal jenis-jenis dari buah tanaman tropis yang banyak penggemarnya ini. Simak ulasannya berikut.

Jenis-jenis Buah Durian Favorit

  1. Durian Bokor

Jenis buah durian ini berasal dari Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat. Dagingnya memang memiliki ketebalan yang sedang-sedang saja dan berwarna kuning cerah, namun yang membuatnya unggul adalah teksturnya yang halus atau tanpa serat, serta harum sekali. Durian Bokor juga menjadi unggulan petani, karena tidak mudah terserang penyakit akar busuk.

  1. Durian Lay

Mungkin belum banyak yang mengetahui durian jenis ini. Durian Lay berasal dari lereng perbukitan di pedalaman Kalimantan Tengah dan dapat ditemukan pula di Kalimantan Timur. Ciri khas buah durian ini adalah warna daging buahnya yang lebih oranye pucat dan tebal tak beraturan. Rasa manisnya menyerupai ubi, namun tidak begitu legit.

  1. Durian Matahari

Durian jenis ini berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Bentuknya bulat panjang dan memiliki kulit yang berwarna hijau kecokelatan dengan ketebalan sekitar 0.5-1 cm. Durinya pun runcing, jarang, dan agak bengkok. Rasa daging buahnya tentu saja manis, tebal, kering, dan agak berlemak. Aromanya pun cukup tajam.

  1. Durian Montong

Jenis durian yang satu ini, siapa yang tidak tahu? Durian Montong adalah salah satu durian yang dijual dengan harga cukup tinggi, karena memiliki cita rasa yang manis dan begitu legit. Daging buahnya tebal dan isinya biasanya cukup banyak, lebih dari enam. Tidak heran jika beratnya mencapai 13 kg per buah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *