Sebelum Bikin Ikan Bakar, Mari Intip Bumbu Ikan Bakar Yang Populer

Kuliner berbahan dasar ikan memang selalu mengoda dan terlihat mengiurkan bagi mereka pecinta ikan. Cara mengolah hewan laut ini sangat beragam dan memiliki cita rasa yang kaya. Teknik mengolah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah dengan dibakar. Bahkan olahan ini bisa menjadi primadona di sebuah rumah makan. Untuk anda yang ingin membuatnya sendiri sebaiknya anda simak bumbu ikan bakar populer berikut.

Bumbu Untuk Ikan Bakar Populer Yang Harus Anda Tahu

  1. Bumbu Kecap

Bumbu ini merupakan bumbu yang paling umum dan bahkan menjadi bumbu yang selalu digunakan. Bumbu ini dirasa paling mudah dan bisa menghasilkan cita rasa yang lezat. Rasa manis dari kecap dipadukan dengan gurihnya daging ikan akan menjadi kolaborasi yang mengoyang lidah anda. Bahan untuk membuat bumbu kecap tidaklah sulit hanya kecap manis, bawah putih dan merah, garam, merica dan jeruk nipis.

  1. Bumbu Rica Rica

Bumbu satu ini menjadi bumbu populer yang banyak digunakan di daerah Manado. Jenis ikan yang digunakan biasanya adalah Ikan Baronang dan masih bisa mengunakan ikan lain. Bahan yang anda butuhkan untuk membuat bumbu ini tidaklah banyak hanya cabe merah dan rawit, daun jeruk, bawang putih, jeruk, kunyit, garam dan juga lada. Semua bahan dihaluskan dan jangan lupa untuk melumuri ikan dengan jeruk agar tidak amis. Kemudian bumbu ikan bakar bisa anda balurkan.

  1. Bumbu Kuning

Bumbu ini bisa menjadi alternatif jika anda sedang bosan dengan bumbu kecap maka resep satu ini bisa menjadi salah satu alternatif. Bahan yang anda butuhkan untuk membuat bumbu ini adalah bawang putih dan merah, kemiri, kunyit, merica, jahe, lengkuas dan garam. Semua bahan tersebut harus anda haluskan sebelum anda balurkan secara merata pada ikan yang telah disiapkan. Jika anda suka pedas bisa anda tambahkan cabe.

  1. Bumbu Jimbaran

Pulau Bali memiliki kuliner yang beragam dengan cita rasa yang tak kalah lezat. Bumbu satu ini kaya akan rempah dan untuk membuatnya anda butuh cabe merah, asam, jahe, kemiri, bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit dan juga penyedap serta garam. Setelah bumbu dihaluskan anda bisa menambahkan sedikit air agar sedikit cair. Jika sudah siap bumbu ikan bakar bisa anda balurkan keseluruh permukaan ikan sebelum dibakar hingga matang.

Resep yang ada bisa anda kreasikan sesuai dengan selera anda. Bagi anda yang menyukai cita rasa pedas anda bisa menambahkan cabe atau membuat sambel. Memakan ikan bakar dengan nasi hangat pasti menjadi santapan yang membuat anda ketagihan. Dengan membuat bumbu sendiri, selain anda bisa berkreasi anda juga bisa bebas memilih bumbu yang sesuai. Apalagi menu yang enak ini mudah untuk dibuat bahkan oleh semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *