Sekilas Mengenai Adimintrasi Negara

Istilah mengenai adminitrasi negara tentunya bukanlah hal yang asing. Bahkan jika Anda tertarik dan memiliki passion yang tinggi, bisa melanjutkan studi strata dengan jurusan tersebut. Peranannya yang penting di dalam pencapaian tujuan didirikannya sebuah negara mewajibkan adanya adm yang baik di setiap negara.

 

Pengertian dan Tujuan Administrasi Negara

Administrasi negara secara umum diartikan sebagai sebuah pengaturan atau disebut juga kebijakan yang mana dibuat dan dilakukan oleh pemerintah atau aparatur negara guna mencapai tujuan negaranya. Sifat dari kebijakan tersebut haruslah efisien serta efektif.

 

Adapun pengertian lain yang juga diterima adalah sebuah sistem yang mana dibuat dengan sedemikian rupa dan digunakan untuk mengatur segala proses dari pengelolaan organisasi masyarakat. Elemen yang termasuk ke dalam ruang lingkup dari sistem ini adalah lembaga eksekutif, yudikatif, serta legislatif.

 

Karakteristik Administrasi Negara

Administrasi negara merupakan aktivitas yang tidak bisa dihindari dan memiliki pusat pada hubungan antara masyarakat dan negara. Dalam pelaksanaannya ada monopoli yang berlaku sehingga masyarakat diwajibkan untuk tundak pada hukum. Selain itu, karakteristik lain dari adm adalah sifatnya yang merupakan institusi publik sebagai pihak pemberi pelayanan kepada masyarakat.

 

Prioritas yang dimiliki oleh administrasi negara adalah pelayanan serta pengarahan kepada masyarakat. Kesejahteraan yang dimiliki oleh warga negara akan sangat ditentukan oleh sistem tersebut. Maka dari itu, perlu ada kontrol yang baik terhadapnya. Namun, nyatanya kualitasnya sulit diukur karena kompleksitas serta politik yang sering ikut campur di dalamnya.

 

Manfaat Administrasi Negara

Pada dasarnya, administrasi negara ini sangat bermanfaat untuk seluruh warga negara karena dengan adanya struktur administrasi yang jelas, maka setiap warga negara mendapatkan layanan yang dibutuhkan. Namun tentunya administrasi negara ini mesti dirancang dan diatur dengan baik, sehingga benar-benar bisa dirasakan manfaatnya. Jika ada masalah yang terjadi, maka mesti ada tindakan yang mesti dilakukan agar iklim bisnis, pemerintah, dan masyarakat terkena imbasnya.

 

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai administrasi negara, semoga dapat membuka cakrawala berpikir Anda ya!