Survei Barang Sebelum Pengiriman

Jasa ekspedisi akan melakukan survei barang sebelum pengiriman. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa barang yang dikirim ditempatkan pada lokasi yang tepat. Misalnya dari segi pengemasannya. Selain itu hal ini juga dilakukan supaya pihak jasa ekspedisi menentukan tarif yang harus dikeluarkan oleh para konsumennya.

Ada banyak faktor yang menentukan dari segi harga yang harus dikeluarkan oleh para konsumen ketika menggunakan sebuah jasa ekspedisi. Oleh karena itu ketika Anda ingin menggunakan jasa ekspedisi tidak perlu takut biaya mahal yang harus dikeluarkan. Untuk biaya berpengaruh terhadap jenis barang yang nantinya hendak dikirim.

Faktor Penentu Tarif Pengiriman

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Menentukan biaya pengiriman di dalam sebuah usaha tentunya ada banyak faktor yang dijadikan sebagai acuan nya. Untuk mengetahui faktor apa saja yang menentukan tarif biaya pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi berikut ini penjelasannya:

  1. Berat barang

Faktor pertama yang dapat menentukan tarif pengiriman barang yaitu dari segi berat barang. Untuk berat barang tersebut dapat dilakukan pengukuran melalui dua cara, yaitu dari segi berat, dimensi, dan dari segi berat aktual. Berat aktual ini merupakan berat paket yang secara umum digunakan sebagian kg berikutnya.

Misalnya saja apabila barang yang hendak dikirimkan mempunyai berat 2,9 kg, maka perhitungannya akan dibulatkan menjadi 3 kg. Sementara untuk berat dimensi ini merupakan ukuran dari kepadatan pengiriman. Cara menghitungnya yaitu dengan mengalikan panjang x lebar x tinggi. Setelah itu perhitungan akan dilakukan dengan membulatkannya menjadi cm terdekat.

  1. Biaya tambahan

Konsumen akan dibebankan oleh biaya tambahan jika diperlukan. Terutama ketika menggunakan proses pengemasan barang. Faktor lain yang mempengaruhi penentuan dari biaya pengiriman pada biasanya. Untuk biaya tambahan tersebut termasuk pada jenis bahan kemasan yang digunakan. Misalnya saja Anda melakukan pengiriman barang berupa lukisan maka untuk proses pengirimannya harus menggunakan kayu. Hal ini tentunya Anda akan dibebankan biaya tambahan.

Pada biasanya pihak ekspedisi akan melakukan survei barang sebelum pengiriman kemudian mengkonfirmasi kepada Anda mengenai proses pengemasan atau pengepakan yang nantinya dilakukan. Tujuan dari pengemasan ini yaitu supaya barang yang dikirim bisa sampai ke penerima dengan aman tanpa mengalami kerusakan.

  1. Metode pengiriman yang digunakan

Jasa ekspedisi akan menawarkan metode pengiriman sebanyak 4 metode. Misalnya saja dari metode pengiriman barang via udara, darat, laut atau antar moda. Metode pengiriman yang paling murah yaitu melalui jalur darat. Sehingga apabila Anda menggunakan jalur udara tentunya biaya yang harus dikeluarkan cenderung lebih mahal.

Untuk pengiriman melalui laut biasanya seringkali digunakan ketika hendak melakukan pengiriman ke daerah pedalaman atau internasional. Sementara untuk pengiriman via udara memang cenderung lebih mahal. Namun jarak waktu yang ditempuhnya cenderung lebih cepat dibandingkan dengan metode pengiriman yang lain. Pengiriman barang menggunakan antarmoda akan menggabungkan pada beberapa metode pengiriman, hal ini mengacu pada kontainer untuk mentransfer nya secara efisien yaitu antara kereta api kapal dan truk.

Trik Agar Ongkos Kirim Tidak Mahal

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Pada dasarnya biaya ongkos kirim dari jasa pengiriman tergantung pada barang yang Anda kirimkan. Akan tetapi ternyata ada beberapa trik yang bisa dilakukan supaya ongkos kirim yang Anda gunakan tidak terlalu mahal. Lalu bagaimana trik yang bisa dilakukan? Berikut ini caranya:

  1. Perbandingan harga

Anda akan menjumpai banyak sekali jasa ekspedisi yang ada di lingkungan sekitar. Hal ini akan memudahkan diri Anda supaya bisa melakukan perbandingan harga yang ditawarkan oleh jasa ekspedisi yang nantinya hendak Anda gunakan. Dengan membandingkan harga tersebut, maka Anda bisa mengetahui jasa ekspedisi yang mahal dan juga yang murah. Dengan melakukan perbandingan ini maka Anda bisa menemukan jasa ekspedisi yang memberikan harga termurah.

  1. Manfaatkan event tertentu

Berapa jasa ekspedisi akan memberikan diskon maupun promo tertentu ketika berada dalam event tertentu. Misalnya jasa ekspedisi sedang berulang tahun, maupun saat momen tertentu. Dengan memanfaatkan hal ini maka Anda akan lebih menghemat biaya pengeluaran saat melakukan pengiriman barang.

  1. Kemas barang dari rumah

Pada biasanya apabila pengemasan barang yang dikirim dilakukan oleh jasa ekspedisi tentunya Anda akan diminta biaya tambahan. Untuk meminimalisir biaya tersebut maka ada baiknya jika Anda mengemas barang dari rumah. Terlebih lagi jika barang yang tersebut bukan barang yang mudah pecah atau rusak, maka bisa melakukan pengemasan nya sendiri. Dengan cara ini maka Anda tidak perlu melakukan pembayaran biaya tambahan dari jasa ekspedisi.

  1. Bungkus barang sekecil mungkin

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan supaya lebih menghemat biaya pengiriman barang yaitu dengan membungkus barang sekecil mungkin. Jasa ekspedisi akan melakukan penimbangan pada beberapa barang, namun setidaknya diameter dari barang yang sudah dikirimkan tidak terlalu besar. besar kecilnya barang akan berpengaruh terhadap biaya kirim.

Proses pengiriman barang melalui jasa ekspedisi Surabaya semakin banyak diminati karena memberikan kemudahan dalam proses pengiriman. Hal ini juga lebih menghormati banyak tenaga bagi pelaku bisnis yang seringkali melakukan pengiriman barang, maka tidak perlu melakukan pengiriman barang sendiri. Dengan mengandalkan jasa ekspedisi, maka barang sudah sampai ke tangan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *