Yuk Simak Tips Memilih Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Gratis

Ingin mendapatkan pendidikan terbaik bagi si buah hati tersayang, tak jarang para orang tua kemudian mendaftarkan anaknya di pondok pesantren. Bahkan sudah banyak pesantren yang mampu melahirkan anak anak hebat, dengan segudang prestasi yang dimilikinya. Dipastikan ilmu yang didapatkan selama bersekolah, tidak kalah penting seperti sekolah pada umumnya. Agar tidak salah pilih, simak tips memilih pondok pesantren tahfidz Qur’an gratis.

Tips Mudah Memilih Pondok Tahfidz

  1. Pola Pengasuhan

Sebelum mendaftarkan si kecil menuju pondok pesantren pilihan anda, ada baiknya untuk memastikan bila anak didiknya akan diasuh langsung oleh kiai serta ustadz. Ikut serta melaksanakan kegiatan bersama dengan para santrinya, memudahkan si anak untuk lebih terkontrol dalam setiap kegiatan yang dilakukannya. Dipantau langsung oleh sang pengasuh, berbagai manfaat bisa dirasakan oleh si anak serta orang tuanya.

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan para orang tua, dimana mereka bisa mengerti serta mengontrol perkembangan anak melalui ustadz dan kiai yang mengasuhnya. Para wali santri dan wali murid yang saling kenal, biasanya akan saling mendoakan satu sama lain serta mempererat persaudaraan antar muslim. Tentu hal ini sangat menguntung kedua belah pihak, sekaligus menambah pahala atas doa yang dipanjatkan.

pixabay.com
  1. Memilih Model Pendidikan

Umumnya pondok pesantren tahfidz qur’an gratis yang ada di Indonesia mempunya dua metode, yaitu metode salafi dan modern. Dimana kedua metode pembelajaran ini, memiliki fokus yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan keinginan. Sebab metode salafi, berfokus untuk memberikan berbagai kurikulum pesantren saja tanpa menggabungkannya dengan kurikulum pemerintahan lainnya. Dengan begitu, anak didik tidak akan mendapatkan pelajaran umum terdapat di sekolah lain.

Model pembelajaran model salafi, akan mendidik anak santrinya untuk mengaji dan mempelajari Al Qur’an beserta kitab kitab pesanten. Lalu bagaimana bila para santri ingin mendapatkan ilmu lainnya seperti ilmu pendidikan estrak serta ilmu kesosialan ? Mereka bisa mencari lembaga pendidikan yang mungkin tidak jauh dari pesantrennya tersebut. Dengan begitu, tidak perlu khawatir si kecil tidak akan mendapatkan ilmu penting lainnya.

Berbeda dengan metode sebelumnya, dimana metode pondok pesantren tahfidz qur’an gratis modern ini menggabungkan pembelajaran Al Qur’an beserta kitab yang ada di pesatren dengan pendidikan formal layaknya sekolah pemerintah lainnya. Kelebihan ketika mendaftarkan anak pada pondok ini, si kecil akan mendapatkan semua ilmu yang diajarkan di sekolah formal umumnya.

  1. Pastikan Letaknya Strategis

Membentuk mental mandiri bagi sang anak dengan menentukan tempat pendidikan tepat, bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apabila kesusahan untuk menitipkan sang anak, disarankan untuk memilih pesantren dengan kualitas jempolan dan berada jauh dari rumah. Hal ini dilakukan, agar si anak bisa menjadi lebih mandiri dengan tidak sering pulang pergi atau bahkan kabur dari pesantren.

Memang penerapannya akan lebih sulit daripada berteori belaka, terutama jika ini merupakan hal pertama melakukannya. Dengan mempersiapkan hati serta niat, bisa menjadi kunci keyakinan bahwa sang anak bisa menjadi manusia yang lebih baik di masa mendatang. Salah satu pesantren yang bisa diandalkan yaitu Ummu Habibah, yang menerima pesantren tahfidz quran putri.

  1. Memilih Pesantren yang Nyaman

Tidak boleh asal memilih, pastikan untuk melakukan survey lagsung ke lokasi pondok berada. Bukan tanpa alasan, hal ini perlu dilakukan untuk memperhatikan tingkat kebersihan lingkungan sekitar pondok pesantren tahfidz qur’an gratis dimana si kecil akan dititipkan. Tentu saja anda tidak akan menitipkan buah hati di tempat yang kurang layak bukan ? Selain demi kenyaman selama belajar, pondok yang bersih agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Tak hanya lingkungan luarnya, namun lingkungan tinggal juga bisa mengakibatkan munculnya berbagai penyakit. Penyakit kulit, menjadi salah satu momok yang kerap kali ditemukan di pondok akibat perilaku para santrinya sendiri. Mulai dari yang jarang mandi secara teratur, mencampurkan pakaian yang kotor dengan pakaian bersih, jarang berganti pakaian, dan masih banyak lagi.

Menjadi cobaan umum bagi setiap santri yang ada, sebab fenomena ini bahkan hampir tertanam di jiwa santri. Di lingkungan santri tersebut, beredar sebuah tagline yang mengatakan bila belum terserang penyakit kulit berarti belum menjadi seorang santri. Padahal agama Islam mengajarkan bila, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Dengan adanya tagline tersebut, bukankan justru bertentangan dengan apa yang nabi ajarkan ?

Apabila sudah terlanjur menitipkan anak di pondok pesantren tahfidz qur’an gratis tersebut, tidak ada salahnya untuk memberikan saran serta masukan kepada para pengurus pondok. Dengan adanya saran dan masukan tersebut, diharapkan dapat memperhatikan kebersihan serta kesehatan para santrinya. Para santri pun bisa diajarkan untuk lebih merawat lingkungan sekitar, dan perlahan doktrin tersebut dapat dihilangkan.

pxhere.com
  1. Peningkatan Output Dan Input

Masih banyak para orang tua, yang berfikir bila memilih pondok haruslah yang mewah dengan fasilitas lengkap. Sebenarnya pemikiran tersebut tidak ada salahnya, karena segala fasilitas akan memudahkan bagi si kecil untuk memenuhi segala kebutuhannya. Namun ada kalanya, maksud ingin memberikan fasilitas terbaik justru menjadikan si kecil lebih manja dan tidak mampu menjadi pribadi yang mandiri.

Memanjakan anak terlalu berlebihan dengan memilih pondok mewah nan lengkap, tidak menjamin bila si kecil akan memiliki karakter baik di kemudian hari. Bukan menjadi tolak ukur, sebab kepribadian bisa dibentuk tergantung dari sifat dan kebiasaan si anak selama berada di pesantren. Agar tidak salah pilih, silahkan memilih podok yang sudah jelas mampu mencetak alumni berkualitas dan telah menjadi tokoh tokoh hebat.

Belajar dari lingkungan sekitarnya, juga disinyalir menjadi sebuah pembelajaran langsung yang membuat anak mandiri serta lebih peka terhadap segala problematika kehidupan.  Apabila sang anak mengeluhkan berbagai hal, segera konfirmasi ke pihak pesantren dan jangan lupa untuk memberikan nasihat kepada si kecil. Oleh karenanya, tidak salah untuk  memilih pondok pesantren tahfidz qur’an gratis dengan input dan output yang berkualitas.

Bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan, untuk memilih pondok yang terbaik untuk putri kesayangan. Berbagai faktor bisa menjadi bahan pertimbangan, agar tidak salah memilih tempat penitipan anak selama mereka menimba ilmu. Ummu Habibah, menjadi salah satu pondok rekomendasi terbaik untuk mendaftarkan anak agar tahfidz Al Qur’an.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *