Tentang Rak Buku dan Manfaatnya

Pernahkah kamu mendengar sebuah kata dan sengaja mencari arti kosa katanya? Bagaimana jika kamu mendengar kata “rak”? Apa makna kata rak itu sendiri?

Apa itu Rak Buku?

Banyak orang yang mengartikan kata rak dalam persepsi mereka dan apa yang diartikan juga tidak beda jauh dari bendanya. Ada yang mengartikannya sebagai wadah untuk tempat sesuatu yang terbuat dari kayu, ada pula yang mengatakan wadah benda tertentu.

 

Sesuai namanya, jika rak sepatu adalah untuk wadah sepatu-sepatu, sementara rak buku adalah wadah yang digunakan untuk wadah buku.

 

Kata rak ini tidak melulu merujuk pada benda yang selalu dibuat dari kayu, Guys! Untuk di zaman serba modern saat ini, penggunaan kata rak bisa berarti banyak macamnya. Mulai dari fungsinya, warnanya, bahan pembuatannya, bahkan hingga harga jual rak itu sendiri.

 

Nah! Kalau untuk rak buku, jika kamu enggan direpotkan oleh segala pernak-pernik perkakas dan lebih milih simpelnya, sekarang banyak toko-toko yang menyediakan rak buku, Guys!

Bahan Rak Buku

Bahan yang digunakan pun bermacam-macam dan sangat variatif. Mulai dari yang terbuat dari kayu, plastik, bahkan ada yang terbuat dari kardus. Untuk warna juga sudah sangat banyak pilihannya. Terlebih jika kamu mencarinya di toko-toko online seperti Shoope, Buka Lapak, dan lain-lain. Di sana akan banyak bermunculan rak-rak buku yang kamu cari.

 

Dari yang berdesain simpel, hingga bisa buat menaruh barang penyimpanan pribadi. Dari yang ada pintu dan kuncinya, hingga yang terbuka tanpa tutup. Dari yang bergaya klasik, hingga yang bergaya imut.

 

Tapi, jika kamu ingin mengasah jiwa kreativitasmu melalui rak buku juga bisa lho, Guys!

Misal, berawal dari mengumpulkan alat dan bahan dari barang bekas yang ada,  kamu bisa membuat sendiri rak buku yang sesuai keinginanmu. Di sisi menghemat budget, kreativitasmu juga diasah dalam sebuah rak buku yang kamu impikan.

Fungsi Rak Buku

Rak buku sendiri memiliki beberapa fungsi lho! Di antaranya:

Sebagai tempat buku

Yups! Seperti judulnya, rak buku berfungsi sebagai wadah buku-buku. Entah untu dalam jumlah sedikit atau banyak seperti rak buku di perpustakaan.

Sebagai pemersatu

Eits! Bukan pemersatu bangsa, ya! Jadi, apa sih pemersatu yang dimaksud? Jadi, pemersatu yang dimaksud adalah pengumpul buku. Selain sebagai wadah buku, rak buku juga untuk mengumpulkan buku-buku yang ditata agar terjajar rapi dan enak dilihat. Selain itu juga saat kita hendak mencari buku jadi lebih mudah dan cepat.

Sebagai hiasan

Selain berfungsi sebagai pemersatu dan alat penyimpanan buku-buku, rak buku juga bisa berfungsi sebagai hiasan. Sebab tata letak bukunya menjadi rapi, buku pun jadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Dengan begitu jadi lebih enak dipandang.

 

Bagaimana? Setelah membaca sedikit fungsi rak buku, kamu mau pilih membeli rak buku di gerai-gerai online maupun offline atau pilih bikin rak buku sendiri? Semua jawaban ada dalam diri kamu ya, Guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *