Yuk Intip 7 Tips Bersepeda di Tengah Pandemi Covid19 Dengan Aman

 

Di tengah masa pandemi Covid19 saat ini, aktivitas bersepeda ternyata mulai kembali digemari. Kegiatan bersepeda ini, dinilai lebih minim risiko dalam penyebaran virus Corona bila dibandingkan dengan naik kendaraan umum. Meskipun begitu, ada beberapa tips aman bersepeda yang penting untuk diperhatikan. Lantas apa saja? Berikut beberapa tips bersepeda di tengah pandemi Covid19 dengan aman

Tips Aman Bersepeda di Masa Pandemi Covid19

  1. Bersihkan Sepeda Sebelum Dipakai

Sebelum mengendarai sepeda, maka sangat disarankan untuk rajin membersihkan sepeda tersebut. Pasalnya, kita pasti tidak tahu apa yang telah dialami oleh sepeda tersebut selama tidak dipakai. Mungkin saja saat berada di parkiran, ada orang sekitar yang batuk dan bersin hingga percikan air liurnya menempel pada permukaan sepeda. Jika orang tersebut terinfeksi virus Corona, maka kemungkinan penularan bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu menyemprotkan disinfektan di beberapa bagian sepeda yang sering di pegang seperti stang, pergantian gigi, bel, batang sepeda, dan juga bantalan duduk di sepeda. Oleh karena itu, jangan lupa selalu siapkan semprotan disinfektan setiap saat. Disinfektan ini bisa di masukkan dalam botol kemasan kecil, sehingga mudah dibawa kemana pun.

  1. Bersepeda Sendiri Daripada Grup

Bersepeda bersama teman memang menyenangkan. Menyusuri jalanan beramai ramai kemudian dilanjutkan dengan istirahat sebentar untuk menghilangkan rasa lelah sembari bercakap dengan teman. Akan tetapi di masa pandemi seperti, sepertinya kegiatan bersepeda dengan teman atau secara kelompok harus dihindari. Sebab, dalam beberapa tips bersepeda di tengah pandemi Covid19 menganjurkan untuk melakukan kegiatan bersepeda dengan mandiri.

Hal ini dikarenakan, kita tidak pernah tahu apakah teman bersepeda kita dalam kondisi yang prima atau sakit. Terlebih saat ini, sudah banyak pasien Covid19 yang tertular namun tidak menimbulkan gejala. Oleh karena itu, sebelum tertular virus Corona ada baiknya menghindar dulu dari keramaian. Bersepeda sendirian tidak terlalu buruk lho, kita bisa melakukan me time berkeliling daerah sekitar.

  1. Memilih Jalur dan Waktu yang Sepi

Biasanya saat bersepeda, kebanyakan orang akan memilih mengelilingi kota ataupun taman. Yang mana jalan jalan yang dilalui ini akan lebih ramai, entah itu pesepeda lain ataupun pengendara motor atau mobil. Untuk itu, di masa pandemi seperti ini ada baiknya memilih jalur yang sepi agar menjaga jarak dengan orang lain masih tetap bisa diterapkan. Supaya lebih mudah mengetahui jalur yang sepi, maka bisa memanfaatkan fitur GPS yang ada di ponsel.

Selain itu, dalam tips bersepeda di tengah pandemi Covid19 juga sangat dianjurkan untuk memerhatikan waktu saat bersepeda. Guna mencegah penularan virus Corona, maka cara yang tepat adalah menghindari tempat keramaian. Oleh karena itu, ada baiknya memilih waktu bersepeda yang sepi. Seperti menghindari jam jam berangkat atau pulang kantor. Sebab di jam tersebut akan sangat ramai dan bisa meningkatkan risiko berpapasan dengan banyak orang.

  1. Jika Bersepeda Bersama Teman, Ada Baiknya Jaga Jarak

Bersepeda sendirian memang terlihat seru dan akhirnnya memiliki waktu untuk diri sendiri. Namun bagi sebagian orang, bersepeda sendiri akan terlihat sepi dan kurang mengasyikkan. Jika tidak bisa sendiri, maka silahkan mengajak teman. Namun ada baiknya hanya mengajak satu teman saja. Dan pastikan juga jika teman tersebut dalam keadaan yang prima.

Selain itu, saat bersepeda pun ada baiknya diatur dan memberi jarak. Setidaknya jarang sepeda dengan teman adalah 2 meter. Dalam hal ini, selain untuk mengurangi potensi adanya tabrakan tetapi juga bisa untuk meminimalkan risiko penularan virus Corona. Seperti yang diketahui bahwa virus Corona sangat mudah menyebar melalui air liur yang terpercik saat batuk ataupun bersin, dimana percikan ini bisa sampai jarak satu setengah meter.

  1. Gunakan Sepeda dan Perlengkapan Bersepeda Milik Sendiri

Ketika bersepeda, maka ada baiknya menggunakan sepeda dan perlengkapan keamanan miliki sendiri. Dimana tips bersepeda di tengah pandemi ini berguna untuk mengurangi risiko penularan virus Corona. Pasalnya saat menggunakan milik orang lain, kita pasti tidak tahu riwayat dari pengguna sepeda atau peralatan tersebut. Beberapa perlengkapan seperti helm, jersey sepeda custom, pelindung kaki dan lainnya sebaiknya miliki pribadi dan selalu dicuci dengan bersih.

  1. Jangan Berkumpul atau Nongkrong Dengan Pesepeda Lain

Biasanya kegiatan yang paling sering dilakukan setelah bersepeda adalah nongkrong atau berkumpul dengan pesepeda lain. Dimana kegiatan tersebut merupakan paket komplit yang tidak bisa dipisahkan. Yang mana kegiatan nongkrong dan berkumpul ini, biasanya akan dilanjutkan dengan makan bersama dan berbincang mengenai banyak hal seputar kehidupan.

Namun di masa pandemi Covid19 ini, sebisa mungkin kurangi aktivitas nongkrong sebelum atau sesudah bersepeda. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya penyebaran virus Corona karena adanya kontak dengan orang lain, sebab kita tentunya belum tahu apakah teman bersepeda kita prima atau tengah sakit. Apalagi kini banyak penderita yang tidak mengalami gejala Covid19. Untuk itu sesuai dengan tips bersepeda di tengah pandemi Covid19, ada baiknya seusai bersepeda langsung pulang.

  1. Menerapkan Protokol Kesehatan

Di masa pandemi virus Corona seperti ini, pemerintah dengan gencar menganjurkan masyarakatnya untuk menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan ini sangat penting untuk diterapkan, sebab penyebaran virus Corona begitu cepat dan mudah yaitu dengan melalui percikan dan kontak secara langsung. Selama bersepeda, kita pastinya tidak tahu keadaan di jalan seperti apa.

Oleh karena itu, ada baiknya selalu menerapkan protokol kesehatan dengan tepat. Seperti mengenakan masker selama bersepeda, serta mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Jika tidak sempat, maka bisa menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah berkendara. Dari sini diketahui bahwa tips bersepeda di tengah pandemi Covid19 yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan.

Selama masa pandemi Coronavirus ini, tidak ada yang melarang seseorang melakukan hal hal yang disukai. Termasuk juga kegiatan bersepeda. Namun dalam kegiatan satu ini, ada baiknya untuk paham dan tahu apa saja yang perlu dilakukan guna mengurangi risiko penularan Virus Conona. Beberapa tips dalam ulasan ini, diharapkan bisa membantu kita untuk tetap bisa melakukan kegiatan bersepeda meskipun di masa pandemi. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *