Tips Budidaya Pohon Buah Pir yang Cepat Berbuah

Apabila saat ini anda sedang mencari informasi tentang buah pir maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. Buah pir merupakan buah yang memiliki tekstur yang renyah, manis dan menyegarkan. Terdapat banyak kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga buah ini sangat cocok untuk anda konsumsi secara rutin.

Buah pir ini masuk pada kelompok genus pyrus yang banyak ditanam di wilayah Eropa, Asia Timur dan Afrika Utara. Walau demikian, banyak juga buah pir yang dibudidayakan di Indonesia. Kita ketahui bersama kalau budidaya pohon buah pir ini sangat mudah. Sudah banyak para petani Indonesia yang berhasil dan sukses menanam buah pir di berbagai jenis tanah.  Hal ini tentunya bisa menginspirasi anda untuk memulai berbudidaya tanaman buah pir.

Buah yang memiliki rasa yang lezat dan lebih segar ini tentunya membuat banyak orang tertarik untuk mencoba menanam buah pir. Terlebih lagi pohon pir ini bisa tumbuh dalam berbagai kondisi tanah. Selain itu menanam buah pir ini bisa anda coba di lahan sempit.

Bagi anda pemula yang ingin budidaya tanaman, maka disarankan untuk memilih menanam buah pir. Mengapa demikian? Untuk melakukan budidaya buah pir ini hanya membutuhkan alat dan bahan yang mudah ditemukan. Selengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini :

  1. Persiapan bibit buah pir

Langkah awal untuk pembibitan buah pir ini bisa anda mulai pada awal bulan Desember sampai awal Maret. Terdapat bibit yang distratifikasi atau melalui proses pendinginan. Nah, untuk penanaman bibit sampai tumbuh tunas bisa dilakukan pada ruangan dengan didukung dengan pengatur suhu lingkungan.

  1. Proses penanaman

Ketika melakukan penanaman, maka silahkan tanam bibit buah pir ini pada tanah yang subur agar bisa tumbuh dengan baik. buah ini bisa tumbuh pada ruang yang standar dengan jarak 6 sampai 8 meter antar tanaman.

  1. Proses pemeliharaan dan panen buah pir

Ketika sudah masuk umur sekitar 2-3 tahun maka anda perlu melakukan pemangkasan pada bibit yang sudah ditanam. Ini sangat penting jadi jangan sampai dilewatkan. Mengingat pada usia tersebut bibit sudah mulai tumbuh. Panen buah pir di Indonesia biasanya dilakukan pada bulan September sampai dengan bulan Oktober.

Demikianlah penjelasan mengenai tips budidaya pohon buah pir yang mudah. Semoga penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang cara budidaya buah pir yang mudah untuk di praktikkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *