Tips Memilih Ikan Patin yang Bagus Untuk Diolah

Apabila saat ini anda ingin mencari informasi tentang bagaimana cara memilih ikan patin yang bagus untuk diolah maka silahkan simak ulasan singkat ini sampai selesai. Kita ketahui bersama kalau ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak sekali peminatnya. Mengingat ikan ini bisa diolah berbagai olahan masakan.

Terlebih lagi ketika anda bisa memilih ikan yang masih segar dan bagus sehingga ketika diolah hasil masakanya akan lebih nikmat. Bagi anda yang masih awam tentang cara memilih patin yang masih segar atau tidak maka anda bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Sisik ikan masih menempel

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk memilih patin yang masih segar yaitu memperhatikan sisiknya. Ketika sisiknya masih melekat dan kuat maka ini menunjukkan kalau ikan masih dalam kondisi segar dan bagus untuk diolah. Apabila anda menemukan ikan yang sisiknya sudah lepas maka itu menunjukkan kalau ikan sudah lama.

  1. Mata ikan masih jernih dan bulat

Ketika anda memilih ikan di pasar maka perhatikan juga mata ikan. Kalau masih dalam kondisi jernih dan bulat maka itu menunjukkan kalau ikan masih segar. Ketika mata ikan tersebut sudah rusak maka itu menunjukkan kalau ikan sudah lama dan sudah tidak segar lagi.

  1. Memiliki tekstur daging yang elastis dan tidak berlendir

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan untuk memilih daging ikan yang masih bagus dan berkualitas maka anda bisa melihat kondisi dagingnya. Apabila tekstur daging ikan tersebut masih kenyal dan tidak berlendir maka itu menunjukkan kalau daging ikan itu masih bagus. Kalau kondisi daging ikan sudah berlendir maka ini menunjukkan kalau ikan itu sudah tidak layak lagi untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Dengan melihat berbagai cara memilih daging ikan patin yang bagus dan berkualitas anda bisa menentukan mana ikan yang masih segar dan bagus. Sehingga olahan masakan ikan ini akan lebih segar dan nikmat.

Demikianlah penjelasan tentang cara memilih patin segar yang bagus untuk diolah menjadi masakan. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda dalam memilih ikan yang masih segar dan berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *