Fungsi Tulang Hasta

Tulang hasa adalah bagian dalam yang terdapat dari dua tulang lengan bawah yang saat dilihat dari telapak tangan ketika menghadap ke depan. Pada ujung atas tulang hasta terdapat sebuah lekukan yang berukuran C besar yang dinamakan semilunar atau troklear, dan bagian yang berartikulasi terhadap trochlea humerus atau tulang lengan atas yang membentuk sendi siku. Tulang hasta merupakan bagian tulang yang menyimpan banyak mineral dan dapat menghasilkan sel darah dalam sum-sum tulang. Tulang hasta memiliki nama lain yaitu ulna.

Tulang hasta bersama jari-jari tangan yang fungsinya adalah untuk memungkinkan terjadinya sebuah gerakan berputan pada gerakan tangan. Tulang hasta juga merupakan salah satu dari dua tulang yang membentuk lengan bawah. Lebih jelasnya lagi tulang hasta terleta serah dengan sisi jari kelingking, medial lengan bawah, dekat dengan siku, serta sejajar dengan tulang pengumpil. Tulang hasta ibarat sebuah pipa yang memiliki batang dengan 2 ujung.

Bentuk Tulang Hasta

Tulang hasta atau yang disebut dengan ulna memiliki bentuk yakni mirip sebuah pipa dengan satu batang disertai dua ujung. Tulang ini terletak disebelah meidal lengan bawah dengan ukurannya yang lebih panjang dibandingkan dengan tulang pengumpul atau radius. Adapun kepala tulang ini berada dibagian bawah. Tulang hasta terdiri atas 3 bagian yakni ujung atas tulang hasta, batang tulang hasta, dan ujung bawah tulang hasta. Nah bagi Anda yang ingin belajar mengenai tulang hasta, Anda bisa mendapatkan materi seputar tulang hasta di materibelajar.co.id.

Tulang hasta merupakan tulang panjang yang letaknya dibagian bawah. Tulang hasta membentang dari siku hingga ke radis terkecil. Dalam anatomi, tulang hasta ditemukan pada sisi medial lengan bawah. Hal ini tentunya lebih dekat ke siku, serta dapat menyempit ketika mendekati pergelangan tangan. Posisi tulang hasta yang dekat dengan siku membuat tulang hasta memiliki beberapa proses bertulang mulai dari proses olecranon, strukturnya seperti kait yang cocok dengan fossa olecranon humerus.

Posisi tulang hasta yang demikian mencegah hiperekstensi dapat membentuk sendi engsel dengan trochlea humerus. Selain itu terdapat juga takik radial pada kepala tulang pengumpil. Selain itu terdapata tuberositas ulnaris pada tempat otot menempel. Kemudian tulang hasta juga memiliki proses stiloid karena posisinya yang dekat dengan pergelangan tangan.

pexels.com

Fungsi Tulang Hasta

Tulang hasta secara fungsional memiliki peranan untuk menyajikan tempat perlekatan otot sehingga lebih dari selusin otot yang berada pada lengan dan lengan atas. Pada bagian lengan atas, otot-otot trisep dan anconeus membentuk sebuha insersi di olecranon guna memperpanjang lengan bawah pada siku. Nah untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dari tulang hasta adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai tulang untuk menyimpan berbagai mineral serta menghasilkan sel-sel darah pada sum-sum tulang.
  2. Sebagai tulang pendukung dengan lengan bawah untuk memungkinkan adanya pergerakan.
  3. Sebagai tulang yang bekerjasama dengan tulang pengumpul dengan tujuan adalah untuk menyusun lengan bawah pada tangan manusia.
  4. Sebagai tempat melekatnya otot-otot kengan dan lengan bawah yang mana otot tersebut menempel dengan tulang hasta untuk melakukan sebuah gerakan lengan, tangan, dan pergelangan tangan.
  5. Sebagai penunjang kerangka tangan manusia.
  6. Tulang hasta memberikan fleksibilitas pada sendi siku.
  7. Memiliki peran penting dalam memberikan fleksibilitas pada sendi siku.
  8. Memiliki pean penting yakni sebagai stabilisasi fisik lengan bawah, tangan, serta pergelangan tangan.

Pada anak yang berusia 4 tahun, tulang hasta mengalami pertumbuhan yang dimulai dari tengah kepala tulang. Kemudian pada usia 10 tahun, terdapat pertumbuhan di olecranon. Selanjutnya pada usia 16 tahun, barulah bagian superior tulang sudah benar-benar bersendi dengan humerus, dan bagian bawah yang terjadi pada usia sekitar 20 tahun.

pexels.com

saat tulang hasta retak, maka rasa sakit akan menjalar pada bagian jari-jari juga. hal tersebut terjadi karena banyak otot yang akan non aktif apabila tulang hasta retak. Dalam hal ini tulang hasta memang sangat berpengaruh pada pergerakan jari dan juga lengan. Iya tulang hasta memang menjadi tulang yang menjadi tempat menempelnya banyak otot. Adapun otot-otot yang menempel pada tulang hasta mulai dari otot supinator, otot triceps brachii, otot extensor pollicis longus, otot flexor pollicis longus, otot flexor digitorum profundus, otot extensor carpi ulnaris, otot flexor carpi ulnaris, otot extensor indicis, otot anconeus, otot pronator teres, otot abductor pollicis longus, otot brachialis, dan otot pronator quadratus.

Selain fungsinya sebagai tempat untuk melekat otot-otot, tulang hasta juga berfungsi sebagai penyeimbang antara lengan dan tangan, serta jari-jari pada tangan manusia. tulang hasta juga berperan sebagai pengendali pergerakan jari dan juga lengan. Jadi setiap pergerakan dari jari jemari merupakan hasil kontrol dari tulang hasta. Kemudian tulang hasta juga berfungsi sebagai penguat lengan. Iya apabila tulang hasta mengalami kerusakan, maka kemungkinkan yang terjadi lengan akan mengalami kelumpuhan. Adapun proses olecranon pada tulang hasta berartikulasi dengan kepala distal huemerus guna memberikan gerakan terkontrol dan stabilisasi sendi pada bagian siku. Nah itu dia penjelasan mengenai tulang hasta.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *