11 Rekomendasi Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

Bagi seorang karyawan pabrik yang punya gaji hanya UMR, mungkin dengan gaji segitu akan cukup namun apabila kita belum menikah, tapi bila kita sudah menikah dan memiliki anak, maka gaji yang UMR tersebut tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga selama satu bulan. Bagi kita pasti berpikir bagaimana cara kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan, tidak hanya dari gaji di pabrik. Berikut ini beberapa usaha sampingan yang bisa karyawan pabrik lakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

1. Jual Pulsa pembayaran tagihan

Buat sekarang ini menjual pulsa seluruh operator sudah sangat mudah, kita tidak diharuskan memiliki sebuah konter pulsa, modal utamanya hanya smartphone yang kita install dengan aplikasi penjualan pulsa. Dengan smartphone tersebut kita bisa menjual pulsa kepada teman satu pabrik ataupun tetangga kita dengan mudah. tentu saja tidak hanya pulsa saja pembayaran seperti tagihan listrik, PAM, atau BPJS pun sekarang sudah bisa di beberapa aplikasi android.

2. Kerajinan Tangan

Bagi yang memiliki keahlian membuat suatu kerajinan tangan yang sederhana, usaha sampingan menjual kerajinan tangan bisa menjadi pilihan. Kita bisa membuat sebuah kerajinan tangan di tengah-tengah waktu luang kita agar waktu luang kita tidak terbuang percuma dan bisa menghasilkan uang tambahan. Kita bisa menjajakan hasil karya kerajinan tangan kita kepada teman sekantor ataupun menjualnya secara online.

pxhere.com

3. Toko online

Kita bisa menjual berbagai macam barang dengan menggunakan smartphone dan juga penjualan jasa toko online. Kita tidak hanya bisa menjual barang milik sendiri kita juga bisa menjadi seorang reseller dari sebuah produk untuk kita jualkan di toko online kita.

4. Agen penjualan makanan

Kita bisa menjajakan makanan ringan kepada teman satu kantor kita ataupun mempostinganya di media sosial yang kita punya. Biasanya makanan yang kita jual berupa makanan kemasan yang mudah untuk dibawa dan tidak mudah rusak.

5. Usaha sampingan menjual nasi goreng

Usaha sampingan yang satu ini bisa kita lakukan setelah kita pulang bekerja, tentu saja apabila kita lelah sepulang kerja kita bisa melakukannya bersama teman kita agar kita tidak terlalu capek.

pxhere.com

6. Laundry kiloan

Sepertinya ini bisa dilakukan bila kita sudah memiliki keluarga, dimana istri kita bisa menghandle usaha sampingan laundry ini di rumah, apalagi bila kita berada dekat dengan apartment atau tempat perkuliahan maka akan sangat mudah kita mendapatkan orderan laundry.

7. Jual foto secara online

Bagi yang suka fotografi mungkin ini bisa menjadi salahsatu usaha untuk menambah penghasilan kalian. Kita bisa menjual berbagai foto yang bagus di beberapa situs penjualan foto, dan disana foto kita bisa dihargai dan mendapatkan pemasukan dari sana.

8. Membuat sebuah blog

Yang senang dengan menulis, kita bisa mencurahkan semua tulisan kita di sebuah blog untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Tulisan yang berada di dalam blog tersebut bisa apapun, yang terpenting tulisan tersebut merupakan tulisan original kita. Tidak adanya copy paste dari orang lain akan membuat tulisan kita di dalam blog dapat dihargai.

Untuk membuat blog dan menghasilkan dari sini memang butuh sebuah perjuangan dan keuletan, karena kita harus dengan rajin memposting tulisan kita. Setelah kita serasa cukup melakukan postingan kita bisa memulai dengan monetize blog kita dengan memasang banner iklan didalamnya, dan dari iklan inilah penghasilan kita di mulai, catatan pentingnya blog kita harus ramai dikunjungi oleh pengunjung setiap harinya agar monetize yang kita ajukan bisa di approve, biasanya blogger beraffiliasi dengan google adsense.

pxhere.com

9. Penulis konten web

Apabila dirasa menulis di sebuah blog terlalu menguras waktu, kita bisa menjual hobi menulis kita dengan menulis konten bagi website seseorang. Dimana kita akan dituntut untuk menuliskan sebuah konten yang sudah diberikan oleh yang mempunyai web dan kita harus menulis topik yang sudah dipilih tadi dengan gaya tulisan kita, tanpa ada copy paste dari web lain.

10. Jasa cuci motor

Bagi yang berada di ibu kota menjual jasa cuci motor akan sangat banyak orderan yang masuk, apalagi jika musim penghujan datang, banyaknya motor yang kotor pada saat musim hujan dan tidak adanya waktu si pemilik motor untuk mencucinya, maka yang di pilih pasti jasa pencucian motor, apa lagi jika tempat pencucian motor kita terkenal kebersihannya, maka akan sangat mudah untuk berkembang dari mulut kemulut tanpa kita harus promosi.

11. Jual beli motor bekas

Kita juga bisa melakukan usaha sampingan menjualkan motor bekas milik teman kita kepada orang lain, dan bila motor tersebut berhasil kita jualkan maka kita pasti akan mendapatkan sebagian dari keuntungan penjualan motor tersebut, atau kita bisa langsung mengambil keuntungan dengan menjual motor tersebut dengan selisih harga yang di berikan oleh pemilik motor

Itulah beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh keryawan pabrik yang menginginkan tambahan penghasilan. UMR saat ini yang masih di bilang kecil dan belum bisa mencukupi kebutuhan perbulan seorang karyawan pabrik maka kita harus bisa dengan cerdas dan memiliki ide kreatif untuk mendapatkan  tambahan penghasilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *