Waspadalah 3 Gangguan Ini Bisa Serang Pohon Mangga di Pekarangan Rumah

Memiliki pohon mangga di pekarangan rumah memanglah menyenangkan apalagi ketika sedang berbuah lebat-lebatnya. Akan tetapi, pohon buah mangga ini juga bisa alami gangguan yang akhirnya membuatnya sulit tumbuh dan tidak berbuah. Sudahkah anda mengetahui apa saja gangguan yang mungkin muncul pada pohon buah mangga yang anda tanam dipekarangan rumah? Jika belum tahu, tidak perlu berlama-lama lagi berikut ulasan singkatnya untuk anda agar anda bisa mencegah ataupun mengatasi ketika gangguan tersebut muncul.

3 Gangguan yang Umum Muncul pada Pohon Mangga

  1. Cendawan Jelaga

Gangguan pada pohon mangga yang pertama dan umum dialami adalah cendawan jelaga. Gangguan tersebut biasanya disebabkan oleh jamur yakni yang bernama Meliola mangifera dan atau Capmodium mangiferum. Tidak tanggung-tanggung jamur tersebut akan langsung menyerang daun dari pohon buah mangga. Pohon buah mangga yang telah terjangkit jamur Meliola mangifera atau Capmodium mangiferum daunnya akan nampak berwarna hitam.

 

  1. Bercak Karat Merah

Tidak hanya  cendawan jelaga, gangguan bercak karat merah juga sering dialami oleh pohon mangga. Berbeda dengan cendawan jelaga yang disebabkan oleh jamur, bercak karat merah ini terjadi karena ganggang Cephaleuros sp. Ganggang tersebut dapat menyerang bagian daun, bunga, ranting bahkan tunas dari pohon buah mangga. Gangguan bercak karat merat akan sangat berpengaruh saat proses pembuahan. Oleh sebab itu, jika pohon anda mengalaminya anda harus sesegera mungkin mengatasinya.

 

  1. Blendok atau Diplodia

Blendok atau diplodia ini merupakan gangguan yang terjadi pada area batang dan ranting pohon buah mangga. Sama halnya dengan cendawan jelaga, gangguan ini juga diakibatkan oleh jamur. Blendok atau diplodia ini sering terjadi saat musim kemarau dimana pohon buah mangga mengeluarkan blendok dan muncullah luka yang akan mengembang serta melebar hingga musim hujan. Gangguan tersebut bisa semakin parah dan menyerang jaringan kayu.

Demikianlah ulasan terkait gangguan yang mungkin dialami oleh pohon mangga. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Jangan lupa segera atasi gangguan agar pertumbuhan pohon dan hasil buah mangga anda maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *