Tips Membuat Channel YouTube Gaming yang Sukses

Bermain game kini sudah bukan hal buruk lagi yang hanya membuang waktu Anda, namun bisa dijadikan sebagai ladang bisnis. Ahli dalam bermain dan mengerti tentang segala hal tentang game ternyata juga bisa menghasilkan rupiah berlimpah. Hal ini berkaitan dengan salah satu platform yang sedang banyak digunakan oleh kalangan muda yaitu YouTube.

Banyak kaum millennial yang mencoba peruntungan mereka dengan membuat channel YouTube yang mendapatkan penghasilan dari membuat video. Nah, untuk kaum yang suka dengan game bisa membuat channel YouTube Gaming yang khusus membahas semua hal tentang game. Di channel ini Anda bisa membahas tentang cara bermain game, bertukar tips dan strategi serta membahas banyak hal lainnya.

Banyak orang yang ingin memulai channel gaming mereka, namun masih ragu dan tidak tahu harus mulai dari mana. Jika Anda termasuk salah satunya, sebaiknya mulailah dengan membaca tips di bawah ini.

Rutin Upload dan Buat Konten

Pixabay.com

Hal pertama yang harus dilakukan setelah Anda membuat channel YouTube adalah teruslah fokus membuat konten. Jika playlist masih kosong atau hanya ada sedikit video, maka penonton akan kebingungan akan menonton apa di channel Anda. lalu mereka bosan dan mencari video di channel orang lain. Jadi, sudah jelas yang harus Anda lakukan adalah selalu buat konten dan update video secara rutin.

Tidak perlu setiap hari untuk upload video, bisa seminggu sekali atau dua kali, yang penting rutin dan konsisten. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas konten dan video yang Anda buat. Meski membuat konten yang banyak sangat penting, kualitasnya juga sangat berpengaruh pada daya tarik penonton. Umumnya penonton akan menyukai konten yang sesuai minat mereka dan kualitas video yang bagus.

Mulailah dengan Hobi Anda

Jika masih sulit untuk membuat konten seperti apa yang akan disukai oleh penonton, maka mulailah dengan apa yang Anda suka. Bayangkan Anda sedang membuka YouTube dan apa yang kira-kira akan Anda ketikkan di kolom pencarian? Nah, itulah tema atau topik yang bisa Anda buat sebagai konten di channel milik Anda. di luar sana pasti ada sebagian orang yang memiliki hobi/minat yang sama dengan Anda.

Mereka akan berkunjung ke channel Anda dan mulai melihat Anda bermain game yang mereka sukai juga. Selanjutnya, hanya perlu konsisten dalam membuat video sesuai dengan hobi atau keahlian Anda. Anda juga bisa membaca komentar yang masuk dan mencoba mengetahui apa yang penonton mau. Dengan begitu, Anda bisa memiliki referensi lain tentang konten apa yang akan Anda buat selanjutnya.

Bangun Komunikasi dengan Penonton

Penonton adalah raja, semakin banyak dan semakin sering penonton berkunjung memutar konten video, maka semakin besar penghasilan yang Anda dapatkan. Oleh sebab itu, dengarkan apa yang diinginkan oleh penonton dan cobalah untuk membangun komunikasi dengan mereka. Anda bisa mulai dengan membaca komentar bahkan membalas komentar mereka.

Akan lebih menyenangkan jika Anda dengan penonton bisa saling bertukar pikiran dan membahas segala hal tentang konten yang Anda buat. Dengan kata lain, Anda memberi harapan dan alasan kepada penonton untuk selalu kembali mengunjungi channel Anda. Hal tersebut juga bisa dilakukan dengan membuat giveaway, clue video selanjutnya, membuat serial, share media sosial dan lain sebagainya.

Kolaborasi dengan Kreator Lain

Meski sama-sama mencari peruntungan lewat YouTube Gaming, bukan berarti Anda bersaing ketat dengan kreator lain dan tidak saling sapa. Membuat konten kolaborasi bersama kreator lain justru bisa menambah pengikut dan penonton Anda. Hal ini karena pengikut dari kreator yang Anda ajak kolaborasi juga akan menonton video Anda. Jika mereka tertarik, maka akan menambah daftar pengikut di channel Anda.

Evaluasi dan Terus Belajar

Pixabay.com

Ketika pengikut di channel YouTube Anda semakin banyak dan sudah bisa menghasilkan rupiah yang berlimpah, bukan berarti Anda berhenti berkreasi. Jangan lupa untuk selalu konsisten yang memberikan yang terbaik untuk mereka. Agar pengikut Anda tidak bosan, sesekali buatlah konten dengan topik yang baru.

Nah, untuk bisa merencanakan topik yang fresh dan menarik perhatian para pengikut Anda di YouTube, manfaatkan Google Analytics untuk evaluasi. Anda bisa mengevaluasi kinerja channel YouTube secara rutin, misalnya satu bulan sekali. Dengan begitu, Anda bisa melihat konten mana yang paling efektif dan jangan lupa untuk terus belajar membuat konten yang berkualitas.

Membuat konten YouTube Gaming juga tak perlu yang terlalu sulit, bahkan game PC ringan pun bisa Anda jadikan konten. Ada banyak sekali topik yang bisa Anda angkat, selamat berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *